Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Anak Usia Dini melalui Event Market Kids

Author


Nadlifah Nadlifah(1), Lati Nurliana Wati Fajzrina(2Mail), Triyana Triyana(3), Nurul Ismaiyah(4), Novita Loka(5), Tri Mujiati(6),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)
Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya, Indonesia(5)
Kelompok Bermain Starkids Sukanegara Bangunrejo Lampung Tengah, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 818KB]

Published : 2023-06-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 392 times PDF Downloaded: 758 times

Abstract


Jiwa kewirausahaan anak perlu ditanamkan sejak dini dengan berbagai cara dan strategi, salah satunya melalui market day atau pasar anak, dengan tujuan agar anak mampu mencapai puncak kehidupan yang tertinggi sesuai dengan kemampuan minat bakat dan kebutuhan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi berdasarkan data fakta di lapangan yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian adalah semua pihak yang terlibat dalam kegiatan yaitu pendidik, siswa, orang tua, dan masyarakat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan kebutuhannya yaitu pada usia dini berdasarkan minat, bakat, keterampilan yang ada pada dirinya yang mampu mendorong anak untuk memahami kebutuhannya. Hal ini dilakukan dengan kerjasama berbagai pihak dan proses perencanaan hingga implementasi dan evaluasi yang cermat. Karena untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan dan kerjasama yang baik agar aktualisasi diri pada anak dapat tersampaikan dengan baik

Keywords


jiwa kewirausahaan; anak usia dini; pasar anak

References


Amyanti, T. H., Windarsih, C. A., & Alam, S. K. (2023). Jiwa Enterpreneurship Anak Usia Dini: Implementasi Kegiatan Mengemas dan Mendekor Pot Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19. CERIA(Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2), 145–152. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.15085

Anastasia yani lestari, Dau, Y. lodowik deki, & Januru, L. (2021). Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Anak Didik Terhadap Proses Aktualisasi Diri Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Santo Vincentius A Paulo Kupang. Jurnal Selidik (Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(1), 20–32. https://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/33

Apsari, A. S., & Pamungkas, F. B. (2019). Membangun Karakter Entrepreneur melalui Pendekatan Pendidikan. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3148

Aryati, A. (2019). Paradigma Aktualisasi Diri Anak Sejak Di Usia Dini (Analisis Pada Penerapan Di Lingkungan Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 199–222. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.1050

Asrofi, M., Pd, M., & Mustikawati, E. (2020). Menumbuhkan Literasi Keuangan Melalui Progam Market Day di SDIT Lukman AlHakim Internasional. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 12(2), 185–208. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/83

Asrori, B., & Nugroho, R. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Sma Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/15904

Evans, D. K., Jakiela, P., & Knauer, H. A. (2021). The impact of early childhood interventions on mothers. Science, 372(6544), 794–796. https://doi.org/10.1126/science.abg0132

Hasanah, N. I. (2021). Implementasi Program Kidspreneurship pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 15–25. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806

Hernani, S. Y. (2022). Implementasi Kegiatan Market Day Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Kejujuran Anak Usia Dini Di Kelompok A Ra Al Husna Sugihrejo Gabus Pati [Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/6939

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432–438. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4711

Lestari, E. (2021). Upaya Pendidik Dalam Menumbuhkan Aktualisasi Diri Peserta Didik Tk Mardisiwi Di Masa Pandemi Covid 19. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 1–8. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/46

Loka, N., Sukiman, S., Maesaroh, M., & ... (2022). Implementation of the integrative thematic-based 2013 curriculum in al-Ittifaqiah Islamic Kindergarten post-covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/14113

Masruroh, F., Riskiyana, R., & Wulandari, H. (2022). Membentuk Mental Enterpreneur Anak Dengan Project Based Learning. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 21–25. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2424

Monika, K. (2021). Pembelajaran Entrepreneurship Melalui Sentra Bermain Peran Di TKIT An-Najah. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 114. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9292

Mustikawati, A. (1910). Program Market Day Sebagai Sarana Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sd IT Luqman Al-Hakim Internasional Banguntapan Bantul, Yogyakarta (Vols. s11-II, Issue 31) [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16183

Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2021a). Strategi Pengembangan Nilai-nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390

Nugrahani, R., Munastiwi, E., & Suhendro, E. (2021b). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship pada Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(2), 138–154. https://doi.org/10.15408/jece.v2i2.17390

Nugroho, A. J. S. (2022). Pelatihan Jiwa Wirausaha Bagi Anak Usia Dini dan Pembelajaran Pembiasaan Hidup Sehat Era Pandemi Covid-19 di TK-IT dan SD-IT Al -Hasna Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(2), 89–95. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i2.769

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210. https://doi.org/10.29210/127300

Priansa, D. (2009). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. In Entrepreneurial Mindsets & Skill. academia.edu.

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653

Ratna, R., Sari, N., Hariyani, T., Arisanti, P., Kusumawati, Y., Prasetyo, E., Supriyadi, S. G., Astari, I. Y. (2021). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini Di Panti Asuhan Ar- Risalah Hidayatullah. Jurnal ABDIKMAS, 1(1), 66–71. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/644

Rustyawati, D., Maknunah, H., Agama, I., Nahdlatul, I., & Tuban, U. (2022). Penanaman Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Di Ra Bunga Islam Minohorejo Widang Tuban. Strategi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 37–44. https://www.ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/strategi/article/view/427

Saugi, W., Sundari, I., & Agustiah, A. (2020). Penanaman Karakter Kewirausahaan Di TK Alam Al-Azhar Kutai Kertanegara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2379

Setiawan, J. L., Virlia, S., Sanjaya, E. L., & Teonata, A. (2021). Bunga Rampai Keluarga Tangguh 2. Universitas Ciputra.

Setiawati, N. A., Silalahi, T. M., & Limbong, W. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Market Day Pada Orang Tua Dan Peserta Didik Dalam Membangun Jiwa Entrepreneur Di Sdn No. 064983 Sampali Kec. Percut Sei Tuan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 131–138. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/2614

Setiawati, N. A., Syam Nst, F., & Zahara, R. (2022). Application Of The Market Day Based Entrepreneurship Learning Model In Building Generation Entrepreneurs. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(1), 38–48. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i1.432

Suharyoto, L. S. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 57–64. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861

Susandi, A. S., Luayyin, R. H., & Dirgayunita, A. (2021). Aktualisasi Diri Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Anak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 72. https://doi.org/10.26418/jvip.v13i2.45698

Umayah, U., & Huliyah, M. (2021). Early Childhood Learning Model Based On Local Wisdom Entrepreneurship In Banten Province. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i1.223

Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1599

Wariati, W., & Sukiman, S. (2021). Pembelajaran Tauhid dan Entrepreneur untuk Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 193–208. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-03

Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737


Refbacks

  • There are currently no refbacks.