Author
Zuhria Qurrotul Aini(1), Akhtim Wahyuni(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-04-17
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1202 times PDF Downloaded: 905 timesAbstract
Partisipasi PAUD di Indonesia masih tergolong rendah, mengingat usia 5-6 tahun banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pramuka prasiaga merupakan kegiatan yang memberikan kebebasan anak berinteraksi bersama teman-temannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pramuka prasiaga mengasah keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara Guru Pembina, Kepala Sekolah serta Guru Kelas dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan anak aktif mengikuti rangkaian kegiatan pramuka prasiaga yang dilaksanakan di luar kelas dengan Guru Pembina, orang tua dan sarana prasarana menjadi faktor pendukung dalam terasahnya keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun, keterampilan sosial yang tampak meliputi percakapan, saling pengertian, bekerja sama, keterbukaan, berempati, motivasi, rasa positif dan rasa kesetaraan. Faktor penghambatnya yaitu jadwal pramuka prasiaga berbenturan dengan kegiatan lain, kondisi cuaca menghambat anak berkegiatan di luar kelas serta peselisihan antar anak saling berdiam diri hingga tidak saling berinteraksi.
Keywords
References
Ali Nughara, Y. R. (2013). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.
Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Camargo, S. P. H., Rispoli, M., Ganz, J., Hong, E. R., Davis, H., & Mason, R. (2014). A review of the quality of behaviorally-based intervention research to improve social interaction skills of children with ASD in inclusive settings. Journal of Autism and Developmental Disorders, 44(9), 2096–2116. https://doi.org/10.1007/s10803-014-2060-7
Dasril, A. W. (2018). Interaksi Sosial Siswa Pada Ekstrakulikuler Pramuka Di SMA Negeri 2 Padang Panjang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 363. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100528
Dewi, H. P., & Wagino. (2015). Studi Deskriptif Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Anak Tunarungu Di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/10075
Dinawati, Y. D., Syaodih, E., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro. Edukid, 15(1), 30–41. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20148
Diswantika, N. (2022). Efektifitas Internalisasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3817–3824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2389
Fauzi. (2023). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Dalam Islam Pada Anak Usia Dini. 05(03), 5543–5555. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1309
Fitriani Fitri, M. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Mis Rajadesa Ciamis. Primary: Pendidikan Sekolah Dasar, 11(1), 35–41. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8398
Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37
Gürbüz, E., & Kıran, B. (2018). Research of Social Skills of Children Who Attend to Kindergarten According to the Attitudes of Their Mothers. Journal of Education and Training Studies, 6(3), 95. https://doi.org/10.11114/jets.v6i3.2831
Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728–737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021
Hidayat, A. (2022). Interaksi Sosial Anak Speech Delay Di Sekolah Raudhatul Athfal Al Barkah Kecamatan Citeras Kabupaten Serang. Journal, 1(1), 1–11.
Kemendikbud. (2019). Panduan Prasiaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Diktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Kol, S. (2016). The Effects Of The Parenting Styles On Social Skills Of Children Aged 5-6. The Malaysian Online Journal Of Education Science, 4(2), 55. https://eric.ed.gov/?id=EJ1096005
Landsiedel, J., Daughters, K., Downing, P. E., & Koldewyn, K. (2022). The role of motion in the neural representation of social interactions in the posterior temporal cortex. NeuroImage, 262(July), 119533. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2022.119533
Leonita, V., Kusumaningtyas, N., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., & Diri, R. P. (2019). Analisis rasa percaya diri anak usia 5 – 6 tahun melalui kegiatan pramuka. Seminar Nasional PAUD 2019, 54–60. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/439
Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019). The effect of a structured playfulness program on social skills in kindergarten children. International Journal of Instruction, 12(3), 237–252. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12315a
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Mufarrohah, Fadjryana Fitroh, S., & Rizki Tiara, D. (2021). Pengaruh Program Parenting Berbasis E- Learning terhadap Literasi Orang Tua tentang Sugesti Positif pada Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10100
Nasution, H. (2020). Tindak Tutur Dan Kemampuan Percakapan Anak Batita. Mabasan, 14(2), 297–314. https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.404
Park, A. T., Richardson, H., Tooley, U. A., McDermott, C. L., Boroshok, A. L., Ke, A., Leonard, J. A., Tisdall, M. D., Deater-Deckard, K., Edgar, J. C., & Mackey, A. P. (2022). Early stressful experiences are associated with reduced neural responses to naturalistic emotional and social content in children. Developmental Cognitive Neuroscience, 57(February), 101152. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2022.101152
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pekdogan, S. (2016). Investigation of the effect of story-based social skills training program on the social skill development of 5-6 year-old children. Egitim ve Bilim, 41(183), 305–318. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4618
Pratiwi, P. C. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2), 141. https://doi.org/10.24854/jpu22017-101
Puspitasari, I., Sari, D. A., Dewi, R. S., Wati, D. E., Lubis, M., Rachmat, I. F., & Cahyati, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edu Publisher. https://books.google.co.id/books?id=LP7vDwAAQBAJ
Ramadhana, M. R. (2018). Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Orangtua-Anak pada Remaja Pola Asuh Orangtua Authoritarian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 197. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11582
Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199
Rosmayanti, R. (2021). Implementasi Prasiaga Paud Dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Di Taman Kanak-Kanak. Universitas Pendidikan Indonesia.
Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(4), 2352–2360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986
Sari, K., Marmawi, R., & Amalia, A. (2022). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pramuka Anak 5-6 Tahun Di TK Islamiyah Pontianak Tenggara. 11, 3494–3501. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60833
Siti Humidahtur Rofi’ah. (2022). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Model Role Playing “MARKET DAY” di RA Fitri Mulia Gebang-Patrang-Jember. Https://Medium.Com/, 3(2), 80–94. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ
Susanti, S., & Nugraha, A. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89–100. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/26671
Susilo, S., Lusi, N. I., & Mentari, A. (2021). Analisis Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Pasca Konflik Antar Etnik Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Civic Hukum, 6, 71–78. https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.13907
Vino Putra Hadiyani, T. P. G., Ahmad, S., & Mukminin, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyahan Swasta An Nizhom Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2300
Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=FhZNDwAAQBAJ
Wati, D. A., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). Upaya Pengembangan Soft Skill Siswa Sma Melalui Pramuka. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 117–124. https://doi.org/10.21009/pip.342.6
Widyaningsih, T. S. (2020). Efek Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bagi Kemampuan Interaksi Sosial Anak. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11, 431–434. https://doi.org/10.33846/sf11423
Yuliyanto, N. (2020). Interaksi Sosial Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun Pada Awal Masuk Sekolah Di Ra Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/81896
Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AL AFHFAAL : LIlmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 14–24. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/3995
Zakiah, L. (2017). Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Pramuka dan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 144–158. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5731
Refbacks
- There are currently no refbacks.