Pramuka Prasiaga Mengasah Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Zuhria Qurrotul Aini(1), Akhtim Wahyuni(2Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 480KB]

Published : 2023-04-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1202 times PDF Downloaded: 905 times

Abstract


Partisipasi PAUD di Indonesia masih tergolong rendah, mengingat usia 5-6 tahun banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pramuka prasiaga merupakan kegiatan yang memberikan kebebasan anak berinteraksi bersama teman-temannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pramuka prasiaga mengasah keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara Guru Pembina, Kepala Sekolah serta Guru Kelas dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan anak aktif mengikuti rangkaian kegiatan pramuka prasiaga yang dilaksanakan di luar kelas dengan Guru Pembina, orang tua dan sarana prasarana menjadi faktor pendukung dalam terasahnya keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun, keterampilan sosial yang tampak meliputi percakapan, saling pengertian, bekerja sama, keterbukaan, berempati, motivasi, rasa positif dan rasa kesetaraan. Faktor penghambatnya yaitu jadwal pramuka prasiaga berbenturan dengan kegiatan lain, kondisi cuaca menghambat anak berkegiatan di luar kelas serta peselisihan antar anak saling berdiam diri hingga tidak saling berinteraksi.


Keywords


keterampilan sosial; anak usia dini; pramuka prasiaga

References


Ali Nughara, Y. R. (2013). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.

Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Camargo, S. P. H., Rispoli, M., Ganz, J., Hong, E. R., Davis, H., & Mason, R. (2014). A review of the quality of behaviorally-based intervention research to improve social interaction skills of children with ASD in inclusive settings. Journal of Autism and Developmental Disorders, 44(9), 2096–2116. https://doi.org/10.1007/s10803-014-2060-7

Dasril, A. W. (2018). Interaksi Sosial Siswa Pada Ekstrakulikuler Pramuka Di SMA Negeri 2 Padang Panjang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 363. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100528

Dewi, H. P., & Wagino. (2015). Studi Deskriptif Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Anak Tunarungu Di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/10075

Dinawati, Y. D., Syaodih, E., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro. Edukid, 15(1), 30–41. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20148

Diswantika, N. (2022). Efektifitas Internalisasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3817–3824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2389

Fauzi. (2023). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Dalam Islam Pada Anak Usia Dini. 05(03), 5543–5555. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1309

Fitriani Fitri, M. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Mis Rajadesa Ciamis. Primary: Pendidikan Sekolah Dasar, 11(1), 35–41. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8398

Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37

Gürbüz, E., & Kıran, B. (2018). Research of Social Skills of Children Who Attend to Kindergarten According to the Attitudes of Their Mothers. Journal of Education and Training Studies, 6(3), 95. https://doi.org/10.11114/jets.v6i3.2831

Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728–737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021

Hidayat, A. (2022). Interaksi Sosial Anak Speech Delay Di Sekolah Raudhatul Athfal Al Barkah Kecamatan Citeras Kabupaten Serang. Journal, 1(1), 1–11.

Kemendikbud. (2019). Panduan Prasiaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Diktorat Pembinaan Anak Usia Dini.

Kol, S. (2016). The Effects Of The Parenting Styles On Social Skills Of Children Aged 5-6. The Malaysian Online Journal Of Education Science, 4(2), 55. https://eric.ed.gov/?id=EJ1096005

Landsiedel, J., Daughters, K., Downing, P. E., & Koldewyn, K. (2022). The role of motion in the neural representation of social interactions in the posterior temporal cortex. NeuroImage, 262(July), 119533. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2022.119533

Leonita, V., Kusumaningtyas, N., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., & Diri, R. P. (2019). Analisis rasa percaya diri anak usia 5 – 6 tahun melalui kegiatan pramuka. Seminar Nasional PAUD 2019, 54–60. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/439

Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019). The effect of a structured playfulness program on social skills in kindergarten children. International Journal of Instruction, 12(3), 237–252. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12315a

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Mufarrohah, Fadjryana Fitroh, S., & Rizki Tiara, D. (2021). Pengaruh Program Parenting Berbasis E- Learning terhadap Literasi Orang Tua tentang Sugesti Positif pada Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10100

Nasution, H. (2020). Tindak Tutur Dan Kemampuan Percakapan Anak Batita. Mabasan, 14(2), 297–314. https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.404

Park, A. T., Richardson, H., Tooley, U. A., McDermott, C. L., Boroshok, A. L., Ke, A., Leonard, J. A., Tisdall, M. D., Deater-Deckard, K., Edgar, J. C., & Mackey, A. P. (2022). Early stressful experiences are associated with reduced neural responses to naturalistic emotional and social content in children. Developmental Cognitive Neuroscience, 57(February), 101152. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2022.101152

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pekdogan, S. (2016). Investigation of the effect of story-based social skills training program on the social skill development of 5-6 year-old children. Egitim ve Bilim, 41(183), 305–318. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4618

Pratiwi, P. C. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2), 141. https://doi.org/10.24854/jpu22017-101

Puspitasari, I., Sari, D. A., Dewi, R. S., Wati, D. E., Lubis, M., Rachmat, I. F., & Cahyati, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edu Publisher. https://books.google.co.id/books?id=LP7vDwAAQBAJ

Ramadhana, M. R. (2018). Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Orangtua-Anak pada Remaja Pola Asuh Orangtua Authoritarian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 197. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11582

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199

Rosmayanti, R. (2021). Implementasi Prasiaga Paud Dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Di Taman Kanak-Kanak. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(4), 2352–2360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986

Sari, K., Marmawi, R., & Amalia, A. (2022). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pramuka Anak 5-6 Tahun Di TK Islamiyah Pontianak Tenggara. 11, 3494–3501. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60833

Siti Humidahtur Rofi’ah. (2022). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Model Role Playing “MARKET DAY” di RA Fitri Mulia Gebang-Patrang-Jember. Https://Medium.Com/, 3(2), 80–94. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ

Susanti, S., & Nugraha, A. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89–100. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/26671

Susilo, S., Lusi, N. I., & Mentari, A. (2021). Analisis Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Pasca Konflik Antar Etnik Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Civic Hukum, 6, 71–78. https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.13907

Vino Putra Hadiyani, T. P. G., Ahmad, S., & Mukminin, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyahan Swasta An Nizhom Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2300

Walujo, D. A., & Listyowati, A. (2017). Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=FhZNDwAAQBAJ

Wati, D. A., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). Upaya Pengembangan Soft Skill Siswa Sma Melalui Pramuka. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 117–124. https://doi.org/10.21009/pip.342.6

Widyaningsih, T. S. (2020). Efek Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bagi Kemampuan Interaksi Sosial Anak. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11, 431–434. https://doi.org/10.33846/sf11423

Yuliyanto, N. (2020). Interaksi Sosial Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun Pada Awal Masuk Sekolah Di Ra Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/81896

Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AL AFHFAAL : LIlmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 14–24. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/3995

Zakiah, L. (2017). Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Pramuka dan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 144–158. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5731


Refbacks

  • There are currently no refbacks.