Efektivitas Iklim Belajar Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring Berbasis Kompetensi Guru Pasca Pandemi Covid-19 di Provinsi Gorontalo

Author


Arfan Utuarahman(1Mail), Novianty Djafri(2),
Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 378KB]

Published : 2023-04-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 240 times PDF Downloaded: 139 times

Abstract


Kompetensi guru PAUD sangat penting untuk mewujudkan iklim belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim belajar anak usia dini dalam pembelajaran daring berbasis kompetensi guru PAUD di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini memakai jenis penelitian mix metode dengan pendekatan ekspantori. Sampel dalam penelitian ini adalah 59 guru yang ada di Provinsi Gorontalo. Cara untuk mengumpulkan datanya memakai angket, observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya efektivitas iklim belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis kompetensi guru PAUD pada masa pasca pandemi covid-19 berada pada tingkatan niai efektif 3.6% dengan nilai frekuensi 35.36% hal tersebut menunjukan kategori sangat rendah pada iklim belajar anak usia dini di Provinsi Gorontalo. Hal ini dapat ditingkatkan dengan memperhatikan iklim belajar dan budaya belajar di sekolah antara siswa PAUD dan guru serta memotivasi belajar siswa anak usia dini di rumah melalui kerjasama orang tua dan anak dalam keluarga.


Keywords


iklim belajar; pembelajaran daring; kompetensi guru PAUD

References


Aprida, S. N., Fauziah, N., & Rosyid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Paud Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pembelajaran Di Era New Normal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 193–204. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i2.6586

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (pp. 36–37). Rineka Cipta.

FISIPO, B. L. D. R. dan. (1991). Pengukuran Kemampuan Keuangan Daerah Tingkat II Dalam Rangka Otonomi Daerah Yang Nyata dan Bertanggung Jawab. Litbang. h

Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711–2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969

Marcia, A., & Nurhafizah, N. (2022). Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2610–2618. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2206

Mastuty, R. (2020). Teaching From Home: Dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Yayasan Kita Menulis (Issue March).

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985

Nurlela, M., & Amelia, P. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru PAUD Terhadap Kemampuan Manajerial Kelas. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v2i1.1332

Nursalam, Andi Kusumayanti, A. D. A. (2022). Pengaruh Motivasi, Sikap, Dan Iklim Belajar Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19. 11(4), 2740–2752. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.4348

Rahmatullah, Inanna, Nurlinda, Rahmadani, S. S., & Wahyuni, M. (2021). Efektifitas Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 34–39. https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/view/22841

Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf (p. 17).

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Saumantri, T. (2022). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 33(1), 1–12. https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022

Sudjana. (2016). Metode statistika. Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Susanto. (2007). A Strategic Management Approach : Corporate Social Responsibility.

Triyanah, T., & Suryadi, E. (2016). Iklim sekolah sebagai determinan semangat kerja guru sekolah menengah kejuruan (School climate as the determinant of vocational high school teachers ’ work enthusiasm). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 72–79. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3333

Wahyu, Sabran, T., & Suparjan. (2020). Analisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dari masa pandemi Covid-19 bagi guru kelas VI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 10(9), 7–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49375

Windayana, H., Annisa, A., Sudirman, P. R. A. T., & Berlian, R. K. (2022). Urgensi Membangun Iklim Belajar dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 312–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.236

Wulandari, L. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keberhasilan Belajar. Wawasan Pendidikan, 1(2), 135–139. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.