Implementasi Proses Pembelajaran Taman Kanak- Kanak dari Perspektif Pedagogi Kritis

Author


Cucu Atikah(1Mail), Juliastuti Juliastuti(2), Fahmie Firmansyah(3), Encep Syarifudin(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Cendekia Abditama, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mangku Wiyata, Indonesia(3)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 662KB]

Published : 2023-05-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 518 times PDF Downloaded: 267 times

Abstract


Banyaknya faktor-faktor eksternal yang dapat menggangu kegiatan proses pembelajaran dapat berakibat pada tidak optimalnya kegiatan pendidikan. Melalui pembelajaran pedagogi kritis sebagai sebuah gagasan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi proses pembelajaran Taman Kanak-kanak dari perspektif pedagogi kritis. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus jenis penelitiannya. Subjek penelitian yaitu seluruh civitas sekolah, terdiri dari kepala sekolah, guru dan juga peserta didik TK Al-Fityan School Tangerang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa TK Al-Fityan School tergolong sebagai sekolah yang menyelenggarakan proses pembelajaran proyek kolaborasi Leadership, Al-Qur’an, Science Innovation and Character (PROLASIC) yang memiliki kesesuaian proses pembelajaran dari perspektif pedagogi kritis. Setiap peserta didik dapat memilih apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara peserta didik belajar.


Keywords


proses pembelajaran; taman kanak-kanak; pedagogi kritis

References


Achmad, F. (2015). Critical Pedagogy (Refleksi Kritis Humanisasi Pendidikan). Perbincangan Di Ruang Publik. IAIN Pontianak Press. p, 1–21.

Adila, V. N. (2022). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Humanistik Perspektif Paulo Freire. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 10(1), 69–76. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/25437

Aini, L. N. (2020). Pedagogi kritis dalam pembelajaran PPKn SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dari perpektif pemehaman guru. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 9(1). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/view/16499

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525

Artika, I. w. (2020). Pedagogis Kritis Mendikbud. Retrieved from Balipos: https://www.balipost.com/news/2020/02/13/104272/Pedagogi-Kritis-Mendikbud

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). PT Remaja Rosdakarya.

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Noura Books.

Bakhshi, P., Babulal, G. M., & Trani, J.-F. (2017). Education of children with disabilities in New Delhi: When does exclusion occur? PloS One, 12(9), e0183885. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0183885

Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM, 12(1), 57. https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.57-74

Burbules, N. C. (2002). The limits of dialogue as a critical pedagogy. In Revolutionary pedagogies (pp. 273–295). Routledge.

Cahyani, F. F. (2016). Wajah Pendidikan Tinggi Indonesia Di Era Otonom. Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/15906

Datungsolang, R. (2018). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 49–77. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i1.686

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Fadhila Ramadhani, R. D. (2020). Pedagogik Kritis Pada Guru Di Sekolah Dasar. Esa Unggul Prosiding, Seminar nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (pp. 239 -251). Jakarta: fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul.

Fitramadhana, R. (2022). Pemikiran Pedagogi Kritis Henry Giroux. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 9(1). https://doi.org/10.22146/jps.v9i1.72188

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Giroux, H. (2020). Critical pedagogy. Springer. https://doi.org/10.5040/9781350145016

Gunawan, I. I. (2017). The Application of Instructional Management Based Lesson Study and its Impact with Student Learning Achievement. 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2017), 4–12. https://www.atlantis-press.com/proceedings/coema-17/25882328

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hendrawan, B., Anggia Suci Pratiwi, & Siti Komariah. (2017). Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1050

Hermawati, U., & Purnama, A. (2021). Mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan, Agama, dan Sosial Di Desa Palasari Girang dalam Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(86), 1–9. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1123

Iko, F. A. (2021). Ki Hajar Dewantara sebagai Pioneer Pedagogik Kritis Indonesia. Retrieved from UNJKita.com: https://unjkita.com/ki-hadjar-dewantara-sebagai-pioneer-pedagogik-kritis-indonesia

Kanpol, B. (1999). Critical pedagogy: An introduction. Greenwood publishing group.

Lestari, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Covid-19: Perspektif Pendidikan, 07. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.585

Mirabella, R. M., & Nguyen, K. (2019). Educating nonprofit students as agents of social transformation: Critical public administration as a way forward. Administrative Theory & Praxis, 41(4), 388–404. https://doi.org/10.1080/10841806.2019.1643616

Muhammadiah, M., Hamid, S., & Kodir, A. (2020). Berkenalan dengan Filsafat Pendidikan. Azkiya Publishing

Nuzulaeni, I., & Susanto, R. (2022). Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/42481

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1). https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/7887

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/42092

Rahman, A., Naldi, W., & Arifin, A. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010

Robandi, B., Rusman, R., Setiasih, O., & Setiawardani, W. (2022). Pedagogik Kritis Berbasis Digital Learning dan Big Data untuk Meningkatkan Literasi Digital Pendidik Kabupaten Indramayu. Abdimas SIliwangi, 05(01).

Rohman, M., & Mukhibat, M. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi Di MAN Yogyakarta III. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 31–56. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.1771

Rusman. (2011). Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Utara: PT Raja Grafindo Persada.

Shor, I. (1993). Paulo Freire’s critical pedagogy. Paulo Freire: A Critical Encounter, 23.

Simon, H. A. (1986). Rationality in psychology and economics. Journal of Business, S209–S224. https://doi.org/10.1086/296363

Sitepu, E. (2016). Peranan Partai Politik dalam Memberikan Pendidikan Politik Yang Berkarakter Terhadap Masyarakat. Jurnal Ilmiah Research Sains, 2(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/7176

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharto, T. (2013). Pendidikan Berbasis Masyarakat Organik.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22–34.

Tapung, M. (2018). Narasi Bangsa yang Tercecer; Elaborasi Filosofis, Pedagogik Kritis, Sosial dan Politik. http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1083

Wattimena, R. A. (2018). Pedagogi Kritis Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, 28(2). https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/34714

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106–119. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p106-119.170


Refbacks

  • There are currently no refbacks.