Pengembangan Video Animasi Self Awareness Anak dalam Menghadapi Bencana Kabut Asap

Author


Harlina Ramelan(1Mail), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 968KB]

Published : 2023-09-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 362 times PDF Downloaded: 191 times

Abstract


Salah satu kelompok korban bencana sebagian besar anak-anak, dikarenakan anak tidak mengetahui tentang bencana kabut asap, rendahnya self awareness bertindak melindungi diri, tidak mampu membedakan situasi berbahaya serta minimnya pemahaman tentang langkah menyelamatkan diri saat bencana kabut asap. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah meningkatkan self awareness untuk siap siaga bencana. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi untuk meningkatkan self awareness anak dalam menghadapi bencana kabut asap. Penelitian ini menggunakan Research and Development dari Borg and Gall, Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhan sampai sembilan tahapan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Berdasarkan hasil uji validasi video animasi dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hasil uji N-Gain dan uji paired sample t-test video animasi efektif untuk meningkatkan self awareness anak dalam kategori tinggi dan secara signifikan. Hasil video animasi bisa digunakan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi di TK dalam rangka meningkatkan self awareness anak menghadapi bencana.


Keywords


video animasi; self awarenss; bencana kabut asap; anak usia dini

References


Daftar Pustaka

Absor, M. U. (2011). Penanganan anak dalam masa tanggap darurat bencana alam: tinjauan konvensi hak anak dan undang-undang perlindungan anak. Jurnal Dakwah, 12(1), 17–32. https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/2011.12102

Afifaturrahmi, A., Hartati, S., & Akbar, Z. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempa Bumi melalui Video Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 343–348. https://aulad.org/aulad/article/view/388

Aiyuda, N. (2018). Persepsi Risiko Masyarakat Terdampak Dalam Upaya Mitigasi Dampak Kabut Asap Riau. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Peranan Psikologi Bencana Dalam Mengurangi Risiko Bencana, 122–130. http://ejournal.unbi.ac.id/index.php/semnaspsikologibencana/article/download/70/49/96

Awaluddin, A. (2016). Keluhan Kesehatan Masyarakat Akibat Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 1(1), 37–46. https://publikasi.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/936

Briceno, S. (2008). International strategy for disaster reduction. In The Future of Drylands (pp. 25–28). Springer.

Cherrington, S., & Loveridge, J. (2014). Using video to promote early childhood teachers’ thinking and reflection. Teaching and Teacher Education, 41, 42–51. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.03.004

Faisal, F., Yunus, F., & Harahap, F. (2012). Dampak asap kebakaran hutan pada pernapasan. Thesis. Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Fukkink, R. G., & Tavecchio, L. W. C. (2010). Effects of video interaction guidance on early childhood teachers. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1652–1659. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.06.016

Gatzke-Kopp, L. M., & Kolacz, J. (2015). Early self-regulatory processes, including self-awareness, in children’s coping with exposure to disaster and trauma. Current Directions in Psychological Science, 24(6), 422–427. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5858878

Goleman, D. (1996). Emotional intelligence. Why it can matter more than IQ. Random House Publishing Group.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herawati, H., & Santoso, H. (2011). Tropical forest susceptibility to and risk of fire under changing climate: A review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13(4), 227–233. https://www.cifor.org/knowledge/publication/3398

Hidayati, H., Rahmaniah, R., Hudri, M., Irwandi, I., & Bafadal, M. F. (2021). Disaster Mitigation Training (Pelatihan Mitigasi Bencana) Untuk Anak Usia Dini Di Muhammadiyah Boarding School Sang Surya, Kota Mataram. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 211–217. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2195

Hwang, Y. S., & Hughes, J. N. (2016). Effects of a mindfulness-based intervention on Korean children’s anxiety and self-perception of mindfulness. Journal of Child and Family Studies, 25(3), 865–874. http://dx.doi.org/10.1002/smi.1303

Jatmikowati, T. E., & Wardhani, W. D. L. (2016). Children Self-Regulation: A Model In Flash Flood Disaster Risk At Situbondo East Java Indonesia. International Conference on Education (IECO) FKIP UNMUH Jember, 1(1).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Masalah kesehatan akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan tahun 2015. https://www.kemkes.go.id/article/view/16010500006/masalah-kesehatan-akibat-kabut-asap-kebakaran-hutan-dan-lahan-tahun-2015.html

Kuntz, J., Zentall, S. R., & Myers, K. (2019). Using video to promote self-awareness in preschoolers. Early Childhood Education Journal, 47(3), 355–361.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

M. D. Gall, Joyce P.Gall, W. R. B. (2015). Applying Educational Research: How To Read, Do, and use research to solve problems of practice (seventh edition). Pearson Education, Inc.

Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881

Morin, A. (2011). Self‐awareness part 1: Definition, measures, effects, functions, and antecedents. Social and Personality Psychology Compass, 5(10), 807–823. https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2011.00387.x

Narita, K., Takahashi, S., & Araki, T. (2019). Relationship between self-awareness and disaster preparedness among preschool children in Japan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 14(3), 447–454. https://doi.org/10.3390/su14138211

Ningrum, A. M., Sayekti, T., & Kusumawardani, R. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 179–192. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02

Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Peningkatan Self Awareness Anak Usia Dini Melalui Media Video Mitigasi Bencana Gunung Meletus. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 113–124. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/2018.42-01

Plabrague, L. G., Oh, J., & Labrague, R. J. (2018). Effects of disaster education on disaster preparedness and awareness of school children in a disaster-prone community. International journal of disaster risk reduction. International Journal of Disaster Risk Reduction, 28, 428–433.

Proulx, K., & Aboud, F. (2019). Disaster risk reduction in early childhood education: Effects on preschool quality and child outcomes. International Journal of Educational Development, 66, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.01.007

Rahmatullah, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 178–186. http://repository.upi.edu/9036

Rusilowati, A., Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology and Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1994

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan anak edisi 7 jilid 2. Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga, 251.

Sulistyaningrum, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi “Siaga Bencana Gunung Berapi” Terhadap Kesiapsiagaan Siswa. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(7), 631–639. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/8404

Ur, R., To, T., Lai, C. K., & Tse, L. A. (2019). The impact of the 2015 Indonesian wildfires on children’s respiratory health: A cohort study. Environmental Research, 171, 365–372.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.