Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Desy Rizka Erwanda(1Mail), Panggung Sutapa(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 337KB]

Published : 2023-06-19

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 585 times PDF Downloaded: 683 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya anak usia dini untuk mengenal dan melestarikan permainan tradisional khusunya permainan gobak sodor, serta meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan media permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini diawali dengan uji coba terbatas dan uji coba lapangan sesungguhnya, penilaian kelayakan instrument produk yang dilaukan oleh para ahli (validator). Berdasarkan hasil penilaian kelayakan media dari para ahli meperoleh kategori sangat layak, dan hasil uji efektivitas memperoleh hasil N-Gain dalam kategori tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian penggunaan playmat gobak sodor terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.


Keywords


permainan gobak sodor; perkembangan motorik kasar; anak usia 5-6 tahun

References


Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018) Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara (p. 3).

Arlina, E., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Permainan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 1 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1660–1665. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.621

Bremer, E., & Cairney, J. (2018). Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. American Journal of Lifestyle Medicine, 12(2), 148–159. https://doi.org/10.1177/1559827616640196

Cheraghi, F., Shokri, Z., Roshanaei, G., & Khalili, A. (2022). Effect of age-appropriate play on promoting motor development of preschool children. Early Child Development and Care, 192(8), 1298–1309. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1871903

Cheung, W. C., Meadan, H., & Shen, S. (2021). Motor, Cognitive, and Socioemotional Skills Among Children With Disabilities Over Time. Journal of Special Education, 55(2), 79–89. https://doi.org/10.1177/0022466920940800

Duncan, M. J., Roscoe, C. M. P., Noon, M., Clark, C. C. T., O’Brien, W., & Eyre, E. L. J. (2020). Run, jump, throw and catch: How proficient are children attending English schools at the fundamental motor skills identified as key within the school curriculum? European Physical Education Review, 26(4), 814–826. https://doi.org/10.1177/1356336X19888953

Engel, A. C., Broderick, C. R., van Doorn, N., Hardy, L. L., & Parmenter, B. J. (2018). Exploring the Relationship Between Fundamental Motor Skill Interventions and Physical Activity Levels in Children: A Systematic Review and Meta-analysis. Sports Medicine, 48(8), 1845–1857. https://doi.org/10.1007/s40279-018-0923-3

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (6th ed). Mc Graw-Hill.

Hamzah, N. (2020). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press.

Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.

Kaswati, E., & Windarsih, C. A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik …, 4(5), 531–538. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/7964

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124–142. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2221

Lestari, I. (2020). Central Java Coastal Traditional Games in Improving the Motor Ability Among Early Childhood. Proceedings of the 2nd International Seminar on Guidance and Counseling, 462(Isgc 2019), 217–220. https://www.atlantis-press.com/proceedings/isgc-19/125943371

Lubaba, S., & Rohita, R. (2014). Pengembangan Permainan Gobak Sodor Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kecamatan Sekaran Lamongan. PAUD Teratai, 3(3), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7625

Ma, J., Lander, N., Eyre, E. L. J., Barnett, L. M., Essiet, I. A., & Duncan, M. J. (2021). It’s Not Just What You Do but the Way You Do It: A Systematic Review of Process Evaluation of Interventions to Improve Gross Motor Competence. Sports Medicine, 51(12), 2547–2569. https://doi.org/10.1007/s40279-021-01519-5

McDonough, D. J., Liu, W., & Gao, Z. (2020). Effects of Physical Activity on Children’s Motor Skill Development: A Systematic Review of Randomized Controlled Trials. BioMed Research International, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/8160756

Najamuddin, & Ashari, M. A. (2021). Pengembangan Permainan Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Porkes, 4(2), 134–139. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4850

Nisa monicha. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. Jurnal Cikal Cendikia,PG PAUD Universitas PGRI, 01(01), 33–42.

Nolte, H., Solomons, R., Springer, P., Kidd, M., & Africa, E. (2022). The effectiveness of gross motor interventions in improving motor function in childhood apraxia of speech. Early Child Development and Care, 192(9), 1349–1358. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1881074

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985

Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini (Cetakan 1). Remaja Rosadakarya.

Rahayu, D. I. (2018). KKreativitas Dan Penerapan Permainan Tradisional. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.09

Rombot, O. (2017). The application of traditional games to develop social and gross motor skills in 6-7 year-old children. Proceedings - 2017 International Symposium on Educational Technology, ISET 2017, 116–120. https://doi.org/10.1109/ISET.2017.35

Sonjaya, A. R., Arifin, Z., & Pratiwi, R. A. (2021). Revitalisasi Permainan Tradisional Sebagai Wahana Peredam Permainan Digital Pada Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1). https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1173

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan konseling di Taman Kanak-kanak. Prenadamedia.

Utami, L. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Permainan dengan Simpai di Taman Kanak-Kanak. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah …, 129–134. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47026

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Wulan, D. S. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(9). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3499/2505


Refbacks

  • There are currently no refbacks.