Author
Iratna Dewi(1), Dadan Suryana(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2020-03-27
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 4620 times PDF Downloaded: 1876 timesAbstract
Pengembangan kinerja pendidik merupakan faktor yang sangat menentukan pada keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran dalam era perkembangan pengetahuan yang sangat cepat ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja pendidik PAUD yaitu manajemen kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, membimbing dan melatih peserta didik, serta kemampuan melaksanakan tugas tambahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara apa adanya tentang analisis evaluasi kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 19 orang yang terdiri dari pendidik TK A, TK B dan KB di PAUD Al azhar Bukittinggi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik sudah memiliki kemampuan merencakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan kemampuan membimbing dan melatih peserta didik dalam kategori baik. Namun untuk indikator menilai hasil pembelajaran dan melaksanakan tugas tambahan, sebagian besar pendidik masih berada dalam kategori cukup. Sehingga disarankan agar kepala sekolah dapat melakukan manajemen lembaga dengan lebih baik sehingga mampu meningkatkan kinerja guru.
Keywords
References
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Belajar, Dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 1823.
Andriani, D. (2018). Pengaruh Pembinaan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru PAUD Kec. Talang Kelapa. Caksana-PAUD, 1(1).
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-11 (11th ed.). Jakarta. Rineka Cipta.
Awa, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menyusun RPPH melalui Kegiatan Supervisi Akademik dan Pendampingan di TK Binaan Tahun 2018, VI(2), 5563.
Bermawi, A. M. (2012). Kinerja Guru Profesional, cet.I. Yogkarta. Ar-Ruzz Media.
Darmiatun, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru TK Melalui Program Diklat Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 704714.
Haingu, R. M. (2018). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Paud di Kecamatan Kota Tambolaka dan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya, 15.
Herlinda, S. (2017). Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru di TK Aisyiyah II Kota Pekan Baru. PAUD Lecture: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Iis, F. (2015). Kompetensi Kinerja Guru, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kinerja Mengajar Guru TK Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXII.
Ilvagustina, I. (2016). Peningkatan Guru yang sudah Tersertifikasi di Kecamatan Lebong Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 5055.
Kemdikbud. (2015). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta : Kemdikbud.
Kunandar. (2014). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. (Cetakan ke-8). Jakarta: Rajawali Pers.
Massalim, S. Z. (2019). Pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru PAUD, 13(2), 1116. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2650
Pangastuti, R. (2017). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., Volume. 2.
Phyllis, C. dkk. (2008). Administration of Programs for Young Children. Seventh Edition. United States of America : Thomson Delmar Learning.
Puspita, A. (2012). 87,3 % Guru PAUD Tak Penuhi Standar Kompetensi.
Redaksi. (2012). Kriteria Pendidik Lembaga PAUD.
Rini. (2012). Dirjen PAUDNI: Dorong Guru PAUD Berpendidikan Sarjana.
Roza, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak Abstrak, 4(1), 267273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Subana, M. S. (2011). Dasar Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : Pustaka Setia.
Sudjana. (2014). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.
Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No.58 Tahun 2009. Pedagogi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2), 5361.
Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Pesona Dasar, 1(3), 6572.
Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (I). Jakarta: Kencana.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(Edisi 1, April 2017), 6782. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.03
Suryana, D. dkk. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Laporan Penelitian Dosen Madya. Universitas Negeri Padang.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005).
Undang-undang Republik Indonesia Npmor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Yusutria. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesional Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 2732. https://doi.org/http:doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Zakiya. (2019). Pengembangan Keprofesionalan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.196
Refbacks
- There are currently no refbacks.