Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD Berbasis Islam

Author


Henny Henny(1Mail), Kadar Risman(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 930KB]

Published : 2023-07-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 436 times PDF Downloaded: 191 times

Abstract


Pembelajaran nasionalisme pada anak usia dini dalam studi pendahuluan di lembaga-lembaga paud berbasis Islam belum terinternalisasi dengan baik. Pembelajaran nasionalisme pada anak usia ini mengajarkan anak tentang rasa bangga terhadap identitas nasional, memupuk sikap inklusif, toleransi,  kerjasama, tolong-menolong, sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Nasionalisme anak usia dini pada lembaga-lembaga paud di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan participatory. Data-data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis melalui teknik reduksi, display dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan yang baik. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam proses pembelajaran di Lembaga PAUD berbasis Islam dilakukan dengan kegiatan variatif seperti mewarnai, menggunting, menempel, main peran, bercerita, kolase, mencap, finger painting dan kegiatan bernyanyi gerak lagu. Penelitian ini dapat menjadi acuan teoritis dan praktis lembaga PAUD berbasis Islam dalam mengembangkan metode pembelajarannya dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme sejak usia dini.

 

Keywords


anak usia dini; berbasis islam; nilai-nilai nasionalisme

References


Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Alimah, F. N. (2017). Yuk, Berkenalan dengan Para Pahlawan di Uang Rupiah Baru. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2189.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Asriani, W. O. (2020). Keterampilan Guru Dalam Dalam Membuka Dan Menutup Kegiatan Pembelajaran Di Tk Harun Ar-Rasyid. Universitas Muhammadiyah Kendari

Astari, T., Nur Aisyah, S., & Andika Sari, D. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90

Astrid Adisty, Rita Kurnia, D. C. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7008

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Diany. (2021). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Game Edukasi Pembelajaran Lagu Nasional Dan Lagu Daerah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 92–99. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.726

Farida, N., Lumbantobing, P. A., & Eleonora, R. D. (2022). Menanamkan karakter cinta tanah air sejak anak usia dini melalui kegiatan mendongeng. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 267–273. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/2654

Faridawati, R., Eliyawati, C., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Hasil Karya Anak. Edukid, 14(1), 208–213. https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17086

Gunawan, S. (2023). Kajian Lambang Negara Indonesia Burung Garuda untuk Membumikan Jurnal Pendidikan Transformatif, Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 171–183. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/146

Hadi, L. W. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Pahlawan Nasional Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalis pada anak usia 9-11 tahun. Universitas Dinamika, 21(1), 1–9. https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/view/3521

Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150

Hasanah, U. (2020). Internalisasi Ideologi Pancasila Melalui Lagu Kebangsaan Untuk Mencegah Memudarnya Nasionalisme. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2046

Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571

Islami, C. C., Gustiana, E., & Haerudin, D. A. (2023). Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini dengan Pemberian Apresiasi Pendahuluan Pendidikan anak usia dini yang memasuki usia pra sekolah yaitu anak-anak. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesi, 162–171. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/618

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 42–47. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2044

Krisdayanti, L. (2020). Pengenalan Beragam Pakaian Adat Nusantara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Ii Mataram. 4(1), 1–23. http://etheses.uinmataram.ac.id/1556

Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737

Kurniati, Titin (2022) Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan berbagai media pada anak kelompok B di RA Thariqul Izzah Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/3174

Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/74

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mayantasari, M., Yulieta, E., Pangestu, F. R., & ... (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Paud) Di Rt 10 Kelurahan Sungai Nangka Dengan Memanfaatkan Media Visual. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK, 3(2), 104–109. https://journal.itk.ac.id/index.php/pikat/article/view/624

Muhammad Alif Gozali Usman. (2023). Aplikasi Pengenalan Pahlawan Nasional Berbasis Augmented Reality. Jurnal Sintaks Logika, 3(1), 34–42. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog/article/view/2092

Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 39. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Nurpatimah, A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4360

Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253

Rohana, R., & Hansyah, P. (2022). Peran Bidang Studi Ppkn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas Viii Smp Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2015. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 7(1). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/civic/article/view/1094

Salminati, I. (2017). Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 8–11. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.877

Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709

Setyanengsih, N. R. F. (2020). Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Anak Usia Dini Melalui Metode Menyanyi Lagu Wajib Nasional Di Kelompok B RA Darul Muqomah Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. IAIN Kudus, 45–76.

Sufiati, V., & Afifah, S. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Tika, D. Dela. (2021). Permainan Bahasa Untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.15355

Wulandari, D. (2017). Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Media Papan Jodoh Pancasila Di Tkit Al-Husna Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Media Papan Jodoh Pancasila Di Tkit Al-Husna Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, 6. https://lib.unnes.ac.id/30415/1/1601413107.pdf

Yuniarni, D. (2021). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Pengenalan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 32–37. http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/2220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.