Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Kiki Mundia Sari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Heru Setiawan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Keywords:

kompetensi pedagogik, penilaian, pembelajaran anak usia dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru PAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini di TK al-Muttaqin Sungai Duren. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: 1) kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian; 2) kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu merancang kegiatan pembelajaran dalam bentuk Rencana Program Pembelajaran; 3) penilaian pembelajaran di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum terlaksana dengan baik sesuai dengan prosedur penilaian; dan 4)  guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren dalam melaksanakan penilaian pembelajaran tidak menggunakan instrumen penilaian. Adapun kesimpulannya adalah kompetensi pedagogik guru PAUD di TK al-Muttaqin Sungai Duren belum mampu melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Kinasih, Ardhani, Faizatul Amalia, and Bayu Priyambadha. 2017. “Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer x(September):1–8.

Elfrida Ita. 2018. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 6(1):45–52.

Hazmi, Nahdatul. 2019. “Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 2(1):56–65.

Irianwati, Nanik. 2013. Modul Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 1.

Iswantiningtyas, Veny and Widi Wulansari. 2018. “Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Proceedings of the ICECRS 1(3):197–204.

Jaya, Petrus Redy Partus. 2019. “Pengolahan Hasil Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIini 2(1):76–83.

Jenderal, Direktorat, Pendidikan Anak, Usia Dini, N. O. N. Formal, D. A. N. Informal, Direktorat Pembinaan, Pendidik Dan, Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak, and Usia Dini. 2012. “Bahan Ajar Penilaian.” 1–55.

Kemenag. 2016. Petunjuk Teknis Penilaian Pembelajaran Siswa Raudhatul Athfal. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2014. “Permendikbud No 146 Tahun 2014.” ببب 8(33):37.

Lina, Lina, Dadan Suryana, and Nurhafizah Nurhafizah. 2019. “Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):346.

Mulyasa Dkk. 2017. “Manajemen PAUD Bandung.” PT Remaja Rosdakarya.

Muzakki, Muzakki and Puji Yanti Fauziah. 2015. “Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di PAUD Full Day School.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(1):39–54.

Nasution, Nurhamidah, Yaswinda Yaswinda, and Ihsan Maulana. 2019. “Analisis Pembelajaran Berhitung Melalui Media Prisma Pintar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):240.

Nurhayati, Sri and Anita Rakhman. 2017. “Studi Kompetensi Guru PAUD Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi.” Jurnal Pendidikan Anak 6(2):109–20.

Permendikbud Nomor 137 Tahun. 2014. Tentang Standar Nasionl Pendidikan Anak Usia Dini.

Ridho, Rosyid, Markhamah, and Darsinah. 2015. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kb ‘Cerdas’ Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.” Jurnal Penelitian Humaniora 16(3):59–69.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81.

Rohita, Rohita and Nurfadilah Nurfadilah. 2018. “Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif Pada Taman Kanak-Kanak Di Jakarta).” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 4(1):53.

Rozalena and M. Kristiawan. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(1):76–86.

Safitri, Umi and Dian Miranda. 2019. “Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di TK LKIA II Pontianak.” Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(9):1–9.

Setiawan, Eko. 2018. Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD Dan SD/MI. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Vol. 6. Bandung: Alfabeta.

Suminah, Enah, Yulianti Siantayani, Dona para Mitha, Utin Ritayanti, and Ali Nugraha. 2015. “Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” (021):1–34.

Sunartini, Fransisca Faleria and Triana Noor Dewayani Soeharto Edwina. 2016. “Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Dan Kinerja Guru Di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo.” 16(September):22–32.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun. 2005. Tentang Guru Dan Dosen.

Weni, Kurnia Mustika, Hasmalena, and Syafdaningsih. 2017. “Analisis Penilaian Pembelajaran Di Tk Se- Kecamatan Belitang Oku Timur.” Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD 4(2):1–9.

Yus, Anita. 2015. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

06-03-2020

How to Cite

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Issue

Section

Articles