Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis (Praliterasi) untuk Menunjang Pengetahuan Anak

Author


Melindha Putri Nur Wahyuni(1Mail), Darsinah Darsinah(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 324KB]

Published : 2023-06-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1036 times PDF Downloaded: 952 times

Abstract


Literasi baca tulis ini sangat penting dilakukan karena dapat menunjuang prestasi anak untuk mencapai kesusuksan di masa yang akan datang sehingga memerlukan strategi, oleh karena itu pengembangnnya perlu strategi yang tepat. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan literasi baca tulis untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah pengembangan literasi baca tulis pada anak usia dini. Subjek penelitian ini yaitu guru BA dengan menggunakan teknik purposive sampling yang jumlah partisipasinya sebanyak empat orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data divalidasi dengan metode triagulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen dengan tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan literasi di dalam kelas dengan menggunakan metode bermain, metode bercerita, sudut baca, menempel teks di dinding kelas, dan menggunakan buku jilid. Strategi di luar kelas yaitu berkujung ke perpustakaan daerah, menggunakan permainan tradisional, dan kerja sama dengan orang tua. Penggunaan strategi ini cukup efektif dilakukan.


Keywords


anak usia dini; pengembangan praliterasi, strategi pengembangan

References


Anggraeni, E. P. (2020). Implemtasi Program Literasi Pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol IX No, 2. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/16954

Apriyani, N. (2021). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 126–140. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24324

Budi Dharma, K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Echols, J. M., & Shadily, H. (1996). Kamus Inggris Indonesia, cet. In XIII (Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Gramedia Pustaka Utama.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fajriyah, L. (2018). Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 165–172. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1).

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Febiyanti, A., Kurniati, E., & Emilly Nzunda, I. (2021). Teachers’ Strategies in Introducing Literacy to Early Childhood: Lesson from Indonesia. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.72-03

Grolig, L. (2020). Shared Storybook Reading and Oral Language Development: A Bioecological Perspective. Frontiers in Psychology, 11(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01818

Handayani, F. F., & Munastiwi, E. (2022). Implementasi Permainan Tradisional di Era Digital dan Integrasinya dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 11–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/10460

Hidayati, D. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227

Hudhana, W. D., & Fadhillah, D. (2019). Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa Dan Karakter Bangsa Melalui Aktivitas Mendongeng Pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 99. https://doi.org/10.31000/lgrm.v7i1.1622

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Kuder, S. J. dan C. H. (2002). Enhanching Literacy For All Students. Pearson Education.

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Munastiwi, E., Pandiangan, E. L., & Rahayu, S. (2018). Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta (Vol. 1, Issue April) [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37249

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Ramadhani, N. W. A. (2021). Implementasi Program Taman Bacaan Desa Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Mojorejo Jetis Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Sederajat, 76. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/359

Ramdhania, A., & Djoehaeni, H. (2022). Environmental Literacy Through Tales of the Archipelago for Early Childhood. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 95–104. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2022.82-02

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sinaga, R. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Dengan Menggunakan Media Visual Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa Sma. In Jurnal Pendidikan Fisika (Vol. 6, Issue 2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/7642

Sukma, A. S. (2020). Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid Sit Al Biruni Jipang Kota Makassar. Education and Human Development Journal, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1453

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43

Weadman, T., Serry, T., & Snow, P. C. (2022). Oral Language and Emergent Literacy Strategies Used by Australian Early Childhood Teachers During Shared Book Reading. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01381-8

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/11539


Refbacks

  • There are currently no refbacks.