Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Author


Trimulyani Nurjatisari(1), Yudi Sukmayadi(2Mail), Trianti Nugraheni(3),
Pendidikan Seni, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Seni, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Seni, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 1MB]

Published : 2023-08-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1203 times PDF Downloaded: 824 times

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pertunjukan seni dan relevansinya dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan Kurikulum Merdeka. Deskriptif kualitatif menjadi metode penelitian, kemudian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menarik kesimpulan dari fokus penelitian. Hasil penelitian ini menemukan outing class dan Puncak P5 melalui Kemasan Seni Pertunjukan dalam menggali kearifan lokal masyarakat Kampung Seni Edas dengan relevansinya pada tema kearifan lokal dalam Kurikulum Merdeka. Melalui outing Projek P5 memberikan manfaat bagi pelajar untuk tercapainya elemen experiencing, hal ini digunakan guru sebagai sumber belajar untuk fasilitas, bimbingan, dan motivasi projek pengkaryaan seni budaya pada peserta didik di sekolah. Upaya kearifan lokal tersebut merupakan melestarikan seni pertunjukan budaya sunda dan kebiasaan masyarakat dalam memproduksi alat musik bambu yang terus berkarya, berkreasi, dan menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam berbagai bentuk. Implikasinya outing class dan Puncak P5 melalui Kemasan Seni Pertunjukan dalam mengeksplorasi kearifan lokal masyarakat sesuai dengan tema kearifan lokal.


Keywords


penguatan profil pelajar pancasila; kemasan pertunjukan seni; kurikulum merdeka; sekolah dasar

References


Abdullah, I. (2007). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Handout Pascasarjana UGM.

Bogor-Kita. (2022, June 25). Tempat Wisata Baru di Kota Bogor, Kampung Seni Edas. Bogor-Kita.Com. https://bogor-kita.com/tempat-wisata-baru-di-kota-bogor-kampung-seni-edas

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Deyananda, A., Sutanto, T. S., & Kurdita, E. (2022). Kesenian Langgir Badong Kreasi Ade Suarsa di Sanggar Etnika Daya Sora Kota Bogor. SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 2(2), 49–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/47095

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta sebagai Sumber Pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263

Hadiatiningrum, A., Haerudin, D., & Nursilah. Nursilah. (2022). Wayang Kaleng Dance at The Daya Sore Etnika Sanggar, Bogot City in the Form of Dance Presentation. Journal of Dance and Dance Education Studies, 2(1), 81–88. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2939255

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran | Kurikulum Merdeka. Keputusan Kemdikbudristek RI Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kemdikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/capaian-pembelajaran

Kuncoro, M. (2018). Metode Kuantitatif. UPP STIM YKPN.

Kusumastuti, E., & Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.858

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nilai, M., Pada, P., Muda, G., & Binov, C. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2), 13. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/AIJ/article/view/370

Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093–1104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1172

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila (1st ed.). Mitra Cendekia Media.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.478

Nurjatisari, T. (2021). Tari Tunggul Kawung di Sanggar Etnika Daya Sora Kota Bogor [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/66951

Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003, JDIH BPK RI (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Prabandari, D., Avenzora, R., & Sunarminto, T. (2018). Local Wisdom for Ecotourism Development In Bogor. Media Konservasi, 23(3), 274–280. https://doi.org/10.29244/medkon.23.3.274-280

Qomariyah, R. S., Hasanah, P. S. N., & Putri, T. F. (2022). Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 185–190. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.314

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21

Rahmatiani, L. (2016). Nilai Kearifan Lokal Sunda sebagai Basis Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 81–88. https://doi.org/10.36805/civics.v1i1.30

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/JPA.V4I1.12345

Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.104

Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. RITME, 2(1), 16–25. https://ejournal.upi.edu/index.php/ritme/article/view/5078

Samho, B., & Setiawan, R. (2015). Mengartikulasi Pancasila Menjadi Spiritualitas Kehidupan Bangsa Indonesia Yang Majemuk: Sebuah Kajian Filosofis. Research Report - Humanities and Social Science, 2. https://journal.unpar.ac.id/index.php/Sosial/article/view/1683

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. In Genesis. Genesis.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. Geter: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 25–38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/19549

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Suhaeni. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pemikiran & Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i1.483

Sukmayadi, Y. (2014). Musik Kontemporer dalam Kurikulum dan Buku Sekolah di Jerman. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 169–178. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.851

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179–194. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.