Pengembangan Video Interaktif Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak

Author


Herliana Cendana(1), Farida Mayar(2Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 1000KB]

Published : 2023-08-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 173 times PDF Downloaded: 137 times

Abstract


Penelitian ini menelaah tentang pengembangan video interaktif bermain congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di TK Negeri Pembina. Penelitian pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, dan uji coba produk melalui penilaian responden; ahli materi matematika anak usia dini, media pembelajaran anak usia dini, lembar observasi, dan guru serta anak kelompok B sebagai pengguna. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari hasil validasi materi memperoleh skor (97,5%) dikategorikan (layak), hasil validasi media memperoleh skor (96,76%) dikategorikan (layak), dan hasil validasi Penilaian dari guru memperoleh presentase 100% yang masuk dalam kategori “Layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% kemampuan anak berkembang sangat baik. Video interaktif permainan congklak dapat digunakan dalam mengajar dan mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B Ar Rahim TK Negeri Pembina Bangkinang.


Keywords


video interaktif; permainan congklak; kemampuan berhitung anak usia dini

References


Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Astuti, N. D., & Muna, L. N. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Congklak Pada Materi Konfigurasi Elektron Untuk Peserta Di SMA/MA. Lantanida Journal, 10(2), 159. https://doi.org/10.22373/lj.v10i2.14679

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Dhiu, K. D., & Ngura, E. T. (2023). Pengembangan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Mampu Berpikir Simbolik) Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Citra Bakti. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.59818/jpm.v3i1.221

Fydarliani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 214. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.499

Hartati, U. (2016). The Development of Interactive Learning Media “Bedah Beruang” to Introduce the Concept of A Substraction in Kindergarten. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(6), 621–634. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/2776

Hatimah, I. (2016). Regulasi Dan Implementasi Pendidikan Informal. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 194. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i1.3387

Indrawan, D., Marvida, T., Islam, U., Sunan, N., Islam, U., & Sunan, N. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. 1(1), 1–7. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.6

Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879

Lacksana, I. (2017). Kearifan lokal permainan congklak sebagai penguatan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling di sekolah. Satya Widya, 33(2), 109–116. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p109-116

Maziyatul, N. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). Desember, 1(2), 84–97. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/462

Muthoharoh, R., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 04 Sempolan Jember. JECIE, 2(2), 54–63. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/475

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Pendidikan 8 (2020).

Sohilait, E. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan. Penerbit Samudra Biru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.