Author
Novita Damayanti(1), Suparno Suparno(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-08-18
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 379 times PDF Downloaded: 239 timesAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan permainan petak umpet dengan unsur yang sesuai tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan menggunakan ADDIE untuk menghasilkan produk permainan petak umpet dalam bentuk modul dan video. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan times series. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pengembangan permainan petak umpet cukup efektif meningkatkan kemampuan motorik anak, yang ditunjukkan dari hasil analisis ketiga tahapan ujicoba yaitu rata-rata kemampuan motorik anak sebelum dan sesudah diberikan permainan petak umpet terdapat perbedaan signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan N-G score diketahui bahwa tingkat efektivitas permainan petak umpet dalam meningkatkan kemampuan motorik anak tergolong cukup pada setiap ujicoba. Dibandingkan dengan penelitian terdahulu, penelitian sekarang memiliki kebaruan yaitu mengembangkan delapan aspek motorik anak ke dalam permainan petak umpet.
Keywords
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi aksara.
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(1), 14–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15916
Cinthia,C., Fakhrana, A., Manik, A.P., Nurhayani & Khatijah. (2022). Permainan Petak Umpet dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Al-Kamal. Journal On Teacher Education, 4 (2): 447-453. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/8438
Claudia, S., Widiastuti, A. A., Kurniawan, M., Paud, P. G., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2): 143–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini . 4(1): 247–257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Fitri, R., & Imansari, M. L. (2021). Permainan Karpet Engkle : Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2), 1187–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754
Hayati, S. (2020). Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Pustaka pelajar. Pustaka Pelajar.
Kuraedah, S., & Anhusadar, L. O. . (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 211–223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299
Laini, A. (2020). Efektivitas Permainan Petak Umpet Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Adzkiya, 4 (1): 41-52. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/4
Marischa, S. (2017). Analisis Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Agromed Unila, 2(4), 452–455. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1234
Muhajirin, M. &Andriana, Y. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Alinea, 2(2): 131-137. https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/view/195
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Obsesi, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Prahesti, S. I., & Dewi, N. K. . (2020). Gerak dan Lagu Neurokinestetik ( GELATIK ) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 162–171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289
Rakimahwati, R., Lestari, N., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 102-110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2020). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 482–490. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Sari, D.P., Saparahayuningsih, S. & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5 (1): 40-44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/4917
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita, 1(1), 114–130. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5161
Sasabila, A. (2015). Permainan Tradisional: Petak Umpet. Retrieved from http://azilasalsabila.blog.upi.edu/2015/10/20/permainan- tradisional-petak-umpet-2
Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2020). Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 172–180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2015). Bermain Kreatif: Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Sutapa, P., Prasetyo, Y., Pratama, K.W., Karakauki, M., Mustapa, A., dan Idrus, S.Z.S. (2019). Motor Development Index (MDI) Based on Combination of Human Development Index (HDI) and Sport Development Index (SDI) as Success parameter of Motor Development among Prsschool Children: An Observational Study. Jurnal of Physics:Coference Series, 1529, The 2nd Joint International Conference on Emerging Computing Technologhy and Sports (JICETS), 1529(1), 25-27. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1529/3/032003
Sutapa, P., Pratama, K.W., Rosly, M.M, Ali, S.K.S., dan Karakauki, M. (2021). Improving Motor Skills in Early Childhood through Goal-Oriented Play Activity. Children, 9(1), 994-999. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8625902
Sutapa, P., Suharjana, Ndayisenga, J., and Aman, M.S.B. (2020). Improving Fine Motor Skills through Playing Plasticine and Clay in Early Childhood. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 6(1), 1-7. https://tojqi.net/index.php/journal/article/view/4115
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2): 575–587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2021). Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini : Pengembangan Fundamental Movement Skill ( FMS ) pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 404–413. 5(1), https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 363–370. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Wulandari, M., & Asmawi, M. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965
Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005
Refbacks
- There are currently no refbacks.