Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia 4-6 Tahun: Analisis Kebijakan Terbaru

Author


Satriani Satriani(1Mail),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 327KB]

Published : 2023-10-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2313 times PDF Downloaded: 478 times

Abstract


Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal (RA) sebagai kebijakan terbaru telah terpublikasi, namun belum sepenuhnya diimplementasikan dalam pembelajaran karena guru mengetahui ruang lingkup materi pembelajaran dari buku tanpa melihat kebijakan terbaru. Oleh karena itu, penting untuk mendeskripsikan nilai agama dan moral untuk anak usia 4-6 tahun pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai agama dan moral sebagai salah satu elemen capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka untuk anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka yang mengkaji kebijakan, buku, artikel ilmiah dan ayat al-Quran (QS. Al-Anbiya/21:32 dan QS. Luqman/31: 13,17-19) mengenai nilai agama dan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian pembelajaran elemen nilai agama dan moral (budi pekerti) adalah: nilai akidah/tauhid (percaya kepada Allah swt), nilai ibadah dan nilai akhlak (membiasakan berakhlak karimah) yang dapat diimplementasikan secara terpisah maupun terintegrasi dengan elemen capaian pembelajaran yang lainnya atau lintas aspek perkembangan anak melalui pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung penguatan karakter profil pelajar Pancasila di Raudhatul Athfal.


Keywords


anak usia 4-6 tahun; kebijakan terbaru; nilai agama dan moral.

References


Adi, B. S., Irianto, D. P., & Sukarmin, Y. (2022). Teachers’ perspectives in motor learning with traditional game approach for early childhood. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.36843

Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 289–306. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421

Al-Qur’an dan Tafsirnya. (n.d.).

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Anggraini, W., Syafril, S., & Anwar, S. (2020). Penggunaan Metode Uswah Hasanah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral dan Agama Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Huda Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 3(1), 130–143. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i1.42

Asti, I. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Basuki, B. (2022). Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5592–5604. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3142

Conradie, N. H., & Nagel, S. K. (2022). Digital sovereignty and smart wearables: Three moral calculi for the distribution of legitimate control over the digital. Journal of Responsible Technology, 12(October), 100053. https://doi.org/10.1016/j.jrt.2022.100053

Darojah, R., Wijayanti, U. T., & Sugiharti, S. (2022). Determinan Faktor Orang Tua Millenial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6035–6044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3382

Dhiu, K. D., & Laksana, D. N. L. (2021). The Aspects Of Child Development On Early Childhood Education Curriculum. Journal of Education Technology, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.30764

Dirjen Pendis Kemenag RI. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.

Fahimah, S., Toyibah, N., & Rohmanah, N. (2022). Konsep Pendidikan Era Medsos: Analisis Dimensi Hifdz Din Menurut Luqman Al-Hakim Dengan Pendekatan Maqasidi. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(1), 80–102. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.6441

Fu’adah, E. N., & Nugraheni, Y. T. (2020). Perintah Shalat Pada Anak Perspektif Surat Luqman Ayat 17 (Telaah Pendekatan Normatif dan Filologi). 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3794

Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-Kanak. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 05(01), 1–20. https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.1980

Hayati, N. (2017). Konsep Pendidikan Islam Dalam Q.S. Luqman 12-19. Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 48–58. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3281

Hidayati, E. W. (2020). Mencetak Generasi Anak Usia Dini Yang Berjiwa Qur’Ani Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 139–159. https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.93

Imam Jalaluddin Al-Mahalli, I. J. A.-S. (2016). Tafsir Jalalain - Jilid 2. Sinar Baru Algensindo, 1–1433.

Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482

Kartini, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Metode Mendongeng Kisah Nabi Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.5045

Kementerian Agama. (2018). KMA Nomor 729 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal (RA) (pp. 1–61). https://dki.kemenag.go.id/media/laws/3-191031102125-5dba53357aa63.pdf

Kementerian Agama. (2022). KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (pp. 1–59).

Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen.

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi (3rd ed.). Kencana.

Loudová, I., & Lašek, J. (2015). Parenting Style and its Influence on the Personal and Moral Development of the Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1247–1254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.744

Lutfiyah, L. (2017). PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK: Studi Ayat 13-19 Surat Luqman. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 127. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1472

Mubiar, M., Bin Mamat, N., & Syaodih, E. (2020). Exploring “Kaulinan Barudak” to Develop Children’s Character Values in Islamic Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8226

Muhsin, A. (2020). Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4255

Mujahidah. (2022). Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Lukman. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.27

Muzammil, & Albustomi, Y. (2022). Nilai Educational Parenting Dalam Surah Lukman Ayat 12-19 Serta Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 96–123. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i1.1690

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884

Nufus, & Hayati, R. dan. (2017). Pendidikan Anak Menurut Surat Luqman Ayat 12-19 Dalam Tafsir Ibnu Katsir. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 108–129.

Purnama, S., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Fitriyah, Q. F., & Aziz, H. (2022). Do parenting styles and religious beliefs matter for child behavioral problem? The mediating role of digital literacy. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09788

Rahmawati, R., & Sumedi. (2020). Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 01(02), 158–192. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2375

Ridwan, I., Jakaria, J., Ilmiah, W., Maisaroh, I., Muhibah, S., & Hayani, R. A. (2021). Pembangunan Fondasi Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Khazainy Kadutomo Jiput Pandeglang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 89–106. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/4593

Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 79–90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328

Susetya, P. D. R., & Zulkarnaen. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 98–108. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12284

Tanfidiyah, N. (2017). Perkembangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1810


Refbacks

  • There are currently no refbacks.