Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Islam

Author


Kadar Risman(1Mail), Rachman Saleh(2), Aris Susanto(3), Halid Hanafi(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PELNUS Buton, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi DDI Mangkoso, Barru, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 313KB]

Published : 2023-10-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 778 times PDF Downloaded: 321 times

Abstract


Ruang lingkup utama dalam pendidikan anak usia dini dalam Islam adalah pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan intelektual dan pendidikan psikologi. Syariat Islam sangat memperhatikan fase awal anak usia dini. kebiasaan dan kecenderungan sikap dan karakter kepribadian seorang anak akan terbangun dan bergantung pada fase awal ini. Seperti kecenderungan akankah anak menjadi sosok pribadi pembangun atau penghancur, menjadi sosok disiplin atau pengacau, menjadi sosok yang penuh cinta damai atau suka membenci. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara dalam pendidikan anak usia dini berbasis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif tekstual. Data dikumpulkan secara dokumentasi, selanjutnya  data yang diperoleh dianalisis secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini berbasis Islam, dilakukan melalui tiga tahap atau fase yaitu: Pertama, masa pra nikah yaitu fase memilih atau menentukan pasangan hidup atau jodoh; Kedua, masa kehamilan yaitu fase dimana orang tua menjaga dirinya dari hal-hal yang dilarang oleh agama Islam dan ; Ketiga, masa pasca kehamilan (setelah melahirkan) yaitu orang tua harus memberikan keteladanan dan pembiasaan kepada anak-anaknya sejak dini agar tujuan pendidikan agama Islam bagi anak usia dini dapat tercapai.


Keywords


pendidikan anak usia dini; syariat agama islam; anak usia dini

References


Abdurrahman. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Ahmad Tafsir. (2002). Pendidikan Agama Dalam Keluarga. PT Remaja Rosdakarya.

Al-Abrasyi, M. (2003). Prinsp-prinsip Dasar Pendidikan Islam. In Bandung:Pustaka Setia. Pustaka Setia.

Aly, H. N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 2). Logos.

Amini, N., & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Arifin, H. (1994). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187

Chasanah Abidatul. (2019). Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Quran, Al-Hadist Serta Pendapat Ulama. Mafhum ( Jurnal Ilmu Al-Qu’ran Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir), 4(1), 1–8. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/1610

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Hasil Belajar Ank Usia Dini. Depdiknas.

Fauzia, S. N. (2015). Perilaku Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 303–318. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.07

Filasofa, K., & Mualifatul, L. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3894

H Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Haironi, A., & Naufal, F. (2022). Hakikat Hereditas dan Lingkungan Perspektif Pendidikan Islam dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.51468/jpi.v4i1.93

Hartoyo, B. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. BPPLSP.

Hasyifa, N. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak dI SDN Sukamahi 02. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1036

Hotimah, N., & Yanto, Y. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 85–93. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66

Jiyanto, J. (2022). Konsep Hereditas dan Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(1), 18–29. https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.268

Kartono, K. (2017). Psikologi Anak. In Jakarta:Alumni 2000 (Vol. 2, Issue 1, pp. 37–50). Mandar Maju.

Mahdi, M. A. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini Mahdi. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605

Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.

Murtopo, A. (2017). Metodologi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Lingkungan Keluarga. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2685

Nerizka, D., Latipah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor Hereditas Dan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 55–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38234

Nudin, B. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool. Millah, 16(1), 41–62. https://doi.org/10.20885/millah.vol16.iss1.art3

Rahmat, J., & Gadatmaja, M. (1993). Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Radar Jaya Offset.

Ramli, M. A. (2022). Early Childhood Education in Islamic Perspective. Bulletin of Early Childhood, 1(1), 31. https://doi.org/10.51278/bec.v1i1.416

Rehani. (2003). Berawal Dari Keluarga, Revolusi Belajar. Hikmah.

Retnaningrum, W. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Warna, 2(2), 56–68. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/90

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut UUD No 20 tahun 2003 dan Sistem Pendidikan Islam. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79–92. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Shihab, M. Q. (2004). Wawasan Al-Qur’an (Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat). Mizan.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Suryadi. (2019). Kiat Jitu dalam Mendidik Anak. Edsa Mahkota.

Tim Penyusun Universitas Al-Azhar dan UNICEF. (2022). Hak dan Perlindungan Anak dalam Islam. In Zezen Zaenal Mutaqin (Ed.), UNICEF Indonesia (Perdana, Issue Mi). UNICEF Indonesia.

Widiandari, F. (2022). Analisis Peranan Lembaga Pendidikan Islam Nonformal (Majelis Taklim) di Indonesia. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 124–135. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i2.42

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. PT Remaja Rosdakarya.

Zainuddin, Z., W., S., Musriaparto, M., & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606

Zuhairini. (1995). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.