Peran Kepala Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam Penyelenggaraaan Proses Pendidikan

Author


Nihayatu Rohmah(1Mail), Joko Pamungkas(2), Arief Nurrahman(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta,

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 418KB]

Published : 2023-10-15

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 206 times PDF Downloaded: 74 times

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peran kepala Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan pendidikan saat dan setelah masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket telah divalidasi dan diuji koefisien reliabilitasnya. Penelitian melibatkan 165 guru dan 5 kepala lembaga Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen memenuhi validitas ahli pada rentang 0,80-0,95, validitas konstruk dengan nilai KMO Barlet’s Test  sebesar 0,665, dan koefisien reliabilitas dengan Cronbach’ Alpha sebesar 0,875, yang berarti instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala lembaga Taman Kanak-Kanak memiliki peran yang baik dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini dibuktikan dari persentase pada aspek sebagai edukator, manager, administrator, supervesor, leader, inovator, dan motivator selalu meningkat. Penelitian ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa lembaga dapat lebih maju dan lebih baik dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak

 

Keywords


kepala lembaga; penyelenggaraan pendidikan; taman kanak-kanak

References


Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 1(2). https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001316448545101

Aslam, A., Wahab, A. A., Nurdin, D., & Suharto, N. (2022). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2742

Aswat, H., & Nisa Tayibu, K. (2022). Teacher Managerial Strategy in Building Character Education During The Covid-19 Pandemic. International Journal of Education And Humanities, 1(1). https://jurnal-eureka.com/index.php/ijoleh/article/view/42

Batra, S., Orban, J., Raichur, S., Jennings, N., Trivedi, C., Naik, N., Bogucki, C., & Haywood, Y. (2022). Association of the COVID-19 Pandemic With Medical School Diversity Pathway Programs. JAMA Network Open, 5(8). https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2022.29086

Bestiantono, D. S., Agustina, P. Z. R., & Cheng, T.-H. (2020). How Students’ Perspectives about Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic? Studies in Learning and Teaching, 1(3). https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.46

Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The Impact of Leadership on Student Outcomes: How Successful School Leaders Use Transformational and Instructional Strategies to Make a Difference. Educational Administration Quarterly, 52(2). https://doi.org/10.1177/0013161X15616863

de Klerk, E. D., & Palmer, J. M. (2022). Technology inclusion for students living with disabilities through collaborative online learning during and beyond COVID-19. Perspectives in Education, 40(1). https://doi.org/10.18820/2519593X/PIE.V40.I1.5

Dema, Y., Chogyel, N., & Wangdi, N. (2021). Online learning amid COVID-19 pandemic: Perspectives of Bhutanese students. International Journal of Didactical Studies, 2(1). https://doi.org/10.33902/ijods.2021167818

Ellianis, E., Gimin, G., & Azhar, A. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Upaua Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 004 Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1). https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.40-47

Haidar, R. A., & Agustina, F. (2021). Analisis Teori Kritis terhadap Wajah Pendidikan Indonesia Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Sentris, 2(2). https://doi.org/10.26593/sentris.v2i2.5081.121-131

Halimah, S., Retnowati, R., & Herfina, H. (2019). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Keinovatifan dengan Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1332

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hasanah, U., & Fadilah, N. (2021). Reorientation Of Inovation In Islamic Education Evaluation During Pandemic. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/8826

Hidayatullah, U. H., Afifulloh, M., & ... (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agam Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin. Universitas Negeri Malang. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6300

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2441

Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendiidkan Anak dan Hakikat Pendiidkan Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Irvan, I., Yamin, A., & Umar, U. (2022). Inovasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Membentuk Lulusan Entrepreneurship in Tourism di SMKN 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(1). https://doi.org/10.37484/220822

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Mardiana, D., & Yusuf, Z. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 34-52. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v3i2.73

Mastoah, I., & MS, Z. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suia Dini, 5(2). https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663

Menchaca Sierra, I., & Doran, P. (2019). Learning About Steam Through The Resolution Of Real Problems And The Involvement Of Local Stakeholders. EDULEARN19 Proceedings, 1. https://doi.org/10.21125/edulearn.2019.1587

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. http://er.aera.net

Mohammady, Z. A. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi. Muslim Heritage, 2(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1118

Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Mundir, A., Baharun, H., Soniya, S., & Hamimah, S. (2022). Childhood Behavior Management Strategy based on Fun Learning Environment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2063

Ningsih, E. K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Nisa, I. K., Astuti, N., & Tias, I. W. U. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1924

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurhazizah, S., Nurseto, B., Ashari, D., Ramadhan, S. H., Febriantina, S., & Fidhyallah, N. F. (2022). Optimizing The ARCS Learning Model as a Post-Pandemi Covid-19 Learning Inovation. Jurnal Scientia Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jsi.v8i2.40552

Nurrahman, A., Sukirno, S., Pratiwi, D. S., Iskandar, J., Rahim, A., & Rahmaini, I. S. (2022). Developing Student Social Attitude Self-Assessment Instruments: A Study in Vocational High School. Research and Evaluation in Education, 8(1). https://doi.org/10.21831/reid.v8i1.45100

Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4919

Purnomo, W. S. A., & Anshory, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.11691

Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria, R. (2021). Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1873

Saifullah. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2). https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/340

Salam, A. A. (2017). Servant Leadership: Model Kepemimpinan Kontemporer Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p075

Sanusi, I. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Kepala Sekolah terhadap Guru di SMP Islam Ainul Ulum Parit Seribut Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(7), 2367–2380. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/3784

Saputra, B. R., Arifin, I., & Sobri, A. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p94-102

Saputra, J., & Susanti, D. (2021). A Study of Several Financial Literacy Teaching Methods for Children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2). https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.120

Setianingsih, R. Y., Rostini, D., & Karyana, K. (2022). Implementasi Pembelajaran Melalui Media Compact Disk (CD) Interaktif dalam Meningkatkan Kecerdasan Perkembangan Anak Usia Dini di TK Amanah dan TK Seroja Kabupaten Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.506

Sibagariang, P. P., & S. Pandia, W. S. (2021). Teaching Approach and Teacher Self-Efficacy during Early Childhood Distance Learning. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). https://doi.org/10.21009/jpud.151.03

Sinaga, J., Sagala, R. W., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021). Peran Fundamental Gembala Bagi Guru Saat Pandemik Dalam Pembelajaran Online Berbasis Karakter: Tantangan dan Sistem Pendukung. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1). https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.61

Singh, J., Singh, L., & Matthees, B. (2022). Establishing Social, Cognitive, and Teaching Presence in Online Learning—A Panacea in COVID-19 Pandemic, Post Vaccine and Post Pandemic Times. Journal of Educational Technology Systems, 51(1). https://doi.org/10.1177/00472395221095169

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19 Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat Pendidikan Dasar di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Keagamaan. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2073

Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727

Susanto, F., Pérez Ramos, P., & Alami, N. (2022). Strategies of English Lecturers in Facilitating Interactional Communication of English Students During the New Normal Period of the Covid 19 Pandemic at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu for the 2021-2022 Academic Year. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 1(2). https://doi.org/10.55849/alhijr.v1i2.12

Suwanda, K. A. & I. M. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Kajian Moral DanKewarganegaran, 06(03). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/24752

Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students’ Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.796

Valencia, G., Enriquez, D., Rioja, P., Lachira, L., Calderon, M., Navarro-Vasquez, J., Neciosup, S. P., & Vidaurre, T. (2023). COVID-19 pandemic impact on the oncology care using a virtual survey in Peru. Journal of Clinical Oncology, 41(16_suppl). https://doi.org/10.1200/jco.2023.41.16_suppl.e18738

Valentino, V. H., Satria Setiawan, H., Tri Habibie, M., Ningsih, R., Katrina, D., & Syah Putra, A. (2021). Online And Offline Learning ComparisonIn The New Normal Era. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(2). https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i2.73

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Widodo, H. (2018). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4139

Widodo, S. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Meningkatkan Keaktifan Guru dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/419

Wiryanto, W. (2022). Model Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah untuk Penguatan Peran Masyarakat Masa Pandemi COVID-19. Equity In Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.4216


Refbacks

  • There are currently no refbacks.