Pengaruh Kemitraan PAUD dan Keluarga dalam Mendukung Praktik Playful Parenting

Author


Kurotul Aeni(1Mail), Ali Formen(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 402KB]

Published : 2023-10-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 207 times PDF Downloaded: 85 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti yaitu kondisi dan perubahan yang terjadi di masyarakat selalu memberikan makna yang berbeda pada tempat tumbuh dan berkembangnya anak. Adanya kondisi sebelumnya seperti orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak bisa mendampingi anak bermain. Kasus lainnya ketika orang tua bekerja di rumah, akan memunculkan dampak terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemitraan PAUD dan keluarga terhadap praktik playful parenting. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dengan bantuan SPSS.25.0. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, sebagai alat untuk mengumpulkan data yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan penelitian hasil yang ditemukan dengan perhitungan menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R square pada tabel sejumlah 0,290 atau 29%, dengan demikian menunjukkan bahwa pengaruh kemitraan PAUD dan keluarga sebesar 29% terhadap praktik playful parenting.


Keywords


kemitraaan paud dan keluarga; playful parenting; anak usia dini

References


Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243

Anwar Hafidzi, H., & Hadisa Putri, D. (2018). Kemitraan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Analisis terhadap Pola dan Tingkah Laku Anak Usia Dini dan Lingkungan). Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 4(1), 28–46. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/issue/view/435

Cohen, J. (2001). Defining Identification: A Theoretical Look at the Identification of Audiences With Media Characters. Mass Communication and Society, 4(3), 245–264. https://doi.org/10.1207/S15327825MCS0403_01

Herrera, D. D. A., & Guayana, T. G. F. (2022). Las prácticas lúdicas familiares en el aprendizaje de la lectura y escritura en estudiantes del grado primero. Acta Scientiarum. Education, 44, e61343. https://doi.org/10.4025/actascieduc.v44i1.61343

Malonda, V. (2013). Kepuasan dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Matahari megamall Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 969–979. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1906

Nawa, N., Nakamura, K., & Fujiwara, T. (2020). Oxytocin Response Following Playful Mother–Child Interaction in Survivors of the Great East Japan Earthquake. Frontiers in Psychiatry, 11(June), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00477

Rahmah, A. A. T., Salsabila, Septiani, V. T., InasSafira, F., & Putri, Y. F. (2022). Program Parenting: Kelas Pertemuan Orangtua (KPO) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok/Kelas Anak (KOK). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 01, No. 02, 269–274. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/503

Ruuska, A., & Salonen, H. (2021). Lasten omaehtoiseen leikkiin osallistuminen ja siihen liittyvät tekijät kasvattajien kokemana. https://jyx.jyu.fi/handle/123456789/75692

Samuelsson, I. P., & Carlsson, M. A. (2008). The playing learning child: Towards a pedagogy of early childhood. Scandinavian Journal of Educational Research, 52(6), 623–641. https://doi.org/10.1080/00313830802497265

Schneider, M., Falkenberg, I., & Berger, P. (2022). Parent-Child Play and the Emergence of Externalizing and Internalizing Behavior Problems in Childhood: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.822394

Singer, E. (2015). Play and playfulness in early childhood education and care. Psychology in Russia: State of the Art, 8(2), 27–35. https://doi.org/10.11621/pir.2015.0203

Sugiyono, S. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd

Wasik, B. A., & Jacobi-Vessels, J. L. (2017). Word Play: Scaffolding Language Development Through Child-Directed Play. Early Childhood Education Journal, 45(6), 769–776. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0827-5

Wu, A., Tian, Y., Chen, S., & Cui, L. (2022). Do Playful Parents Raise Playful Children? A Mixed Methods Study to Explore the Impact of Parental Playfulness on Children’s Playfulness. Early Education and Development, 00(00), 1–24. https://doi.org/10.1080/10409289.2022.2148072

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Zhang, C., Cubbin, C., & Ci, Q. (2019). Parenting stress and mother– child playful interaction: the role of emotional support. Journal of Family Studies, 25(2), 101–115. https://doi.org/10.1080/13229400.2016.1200113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.