Faktor Ekologi dalam Kegiatan Menyimak Cerita pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Bimbingan Belajar Nathania

Author


Mubayyamah Mubayyamah(1Mail), Luluk Sri Agus Prasetyoningsih(2),
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia(1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 272KB]

Published : 2023-10-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 360 times PDF Downloaded: 91 times

Abstract


Penelitian ini berfokus pada analisis faktor ekologi dalam kegiatan menyimak cerita pada anak usia dini. Alasan penelitian tersebut karena faktor ekologi juga menjadi bagian penting dalam kegiatan menyimak anak usia dini. Kegiata menyimak dilakukan secara privat karena objek dalam penelitian ini adalah anak yang mengikuti bimbingan belajar ngaji dan agama dasar pada bimbingan belajar Nathania bimbel yang berlokasi di Malang raya meliputi kota Malang, kota Batu dan kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena peneliti terlibat secara langsung. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara yang sudah divalidasi alhi dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi dan klasifikasi, dan penyajian data. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor ekologi memiliki peran terhadap efektivitas menyimak anak usia dini, hal ini didasarkan terhadap 3 faktor ekologi yaitu 1) Faktor ruangan belajar, 2) Faktor lingkungan keluarga, 3) Faktor lingkungan sekolah. Implikasi pada penelitian selanjutnya yaitu bagaiman perbedaan lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berperan terhadap sikap anak dalam kegiatan belajarnya.


Keywords


anak usia dini; cerita; faktor ekologi; kegiatan menyimak

References


Ariani, D., Swasta, J., & Adyana, B. (2019). Studi Tentang Keanekaragaman Dan Kemelimpahan Mollusca Bentik Serta Faktor-Faktor Ekologis Yang Mempengaruhinya Di Pantai Mengening, Kabupaten Badung, Bali. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6 Nomor 3. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2

Arikarani, Y., Yanti, H., ngimadudin, N., & Mukmin, T. (2023). Kontrol Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Perilaku Penyimpangan Akhlak Siswa Di SMP Negeri Muara Beliti. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 5(2), 183-198. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.420

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif : Journal of Education Research, 4, 1. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464

Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737

Elfira, R. (2020). Pola Hubungan Sosial Anak Berprestasi. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 15–24. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol1.Iss2.26

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.654. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.654.

Fuadah, M., Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5 – 6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Hasanah, D. U., Alfi, A., & Kurniasih, D. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.780

Iruka, I. U. (2012). Chapter 6 Development and Sustainability of High-Quality Early Childhood Education Programs in Zambia. In Advances in Early Education And Day Care (Vol. 16, pp. 127–158). Emerald Group Publishing. https://doi.org/10.1108/S0270-4021(2012)0000016009

Istiqomah, E. N., Sulistyarini, A., & Khusniyah, T. W. (2023). Model Ruang Kelas Dan Implikasinya Pada Motivasi Belajar Siswa SD: Literature Review. Renaja Pendidikan Dasar. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/358

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246

K, N., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6723

Larasati, M. M. B., & Manut, A. M. (2022). Kajian Ekokritik Sastra: Representasi Lingkungan dan Alam dalam 50 Cerpen Tani Karya E. Rokajat Asura dkk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 715–725. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1967

Luluk sri agus Prasetyoningsih, Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara. Literasi Nusantara.

Mufarikha Mufarikha & Susi Darihastining. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 30–53. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106

Nafi’ah, Q. N., & Pd, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Untuk Anak Usia Dini Era Pandemi. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/879

Ohi, R. (2023). Ekologi Polopalo dalam Lihuta lo Polopalo di Bone Bolango. Selonding, 19(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/selonding/article/view/9293

Praja, K. D., & Prastiwi, M. S. (2021). Analisis Faktor Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Sekolah Menengah Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 39–48. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p39-48

Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.53280

Putri, D. U., Melliani, D., & Niman, F. M. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/536

Rahman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/408

Safaruddin, S., Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2020). Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 125–130. https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.17345

Setiawan, H. (2021). Creating A Conduusive Learning Environment For Elementary School Level Students. https://www.ntu.edu.sg/education/teaching-learning/teaching-and-learning-resources/engaging-your-students/conducive-learning-environment

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 3(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak: Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53

Zega, B. K. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1). https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/101/40

Zubaidah, S. (2022). Strategi Komunikasi Instruksional Guru Privat Alquran pada Anak Usia Dini di Alifiqra Medan. Journal of Legal and Cultural Analytics, 1(3), 171–182. https://doi.org/10.55927/jlca.v1i3.1187


Refbacks

  • There are currently no refbacks.