Pengaruh Pemanfaatan Flashcard terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata pada Anak

Author


Dilta Purnama Sari(1), Sujarwo Sujarwo(2), Masripah Masripah(3Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 344KB]

Published : 2023-11-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 217 times PDF Downloaded: 98 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu huruf tehadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata pada anak  usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design atau eksperimen semu. Proses dari penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan dalam 2 kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 60 anak usia 5-6 tahun dimana untuk kelompok eksperimen sebanyak 30 anak dan kelompok kontrol sebanyak 30 anak. Pemilihan Sekolah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data memakai observasi dan dokumentasi dalam bentuk data angka deskriptif (nilai maksimal, minimal, range, median, mean, modus, standar devisiasi. Sedangkan Pengujian hipotesis data menggunakan Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan kartu huruf terhadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata pada anak 5-6 tahun.


Keywords


kartu huruf; motivasi belajar; penguasaan kosakata

References


Amila, A. N., Hakim, L., & Hera, T. (2022). Analisis Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Atika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jpaui/article/view/1076

Azminah, S. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A di TK Siti Khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3686

Damayanti, D., & Rikah, R. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada anak di madrasah diniyah nurriyatul ulum desa pedak kecamatan sulang kabupaten rembang jawa tengah. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 243–253. https://jacips.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/47

Dewi, A. R. T. D., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Djuwarijah, S. (2017). Pemerolehan Bahasa Telegramdan KalimatAnak Usia Prasekolahdan SD. Konstruktivisme, 9(1), 19–38. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/149

Fatmawati, N. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menyusun Kalimat Sederhana pada Struktur Lengkap Melalui Media Visual pada Anak Kelompok B TK Permata Hati Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Edukasi AUD, 2(1), 56. https://doi.org/10.18592/jea.v1i1.1536

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 181–188. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

Heryani, K. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75-94. https://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(2), 235–245. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/403

Holisoh, S., Halilah, D., Fitria, R., Pitriyani, A., Suci, A. D., Az zahroh, F., & Widyatri, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata terhadap Kemampuan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 1–7. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1754

Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan Kuda Bisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembendaharaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–108. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.19866

Luh, N., Susantini, P., & Kristiantari, M. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. 9, 439–448.

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Fonema, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.762

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152

Masrifah, R. (2021). Peran Orang Tua Dan Lembaga Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Akhlak Berbasis Kepesantrenan Bagi Anak Di Masa Awal Usia Sekolah. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 4(2), 30–41. https://doi.org/10.47945/transformasi.v4i2.396

Mawardah, M., Oktaviana, R., & Restika, R. (2023). Edukasi mengenalkan abjad menggunakan flashcard pada anak PAUD Mandiri desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 50–60. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.982

Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989

Nurhayati, & Rosita. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini 5-6 Melalui Media Flashcard di TK AS-SYFA Curug - Tangerang. JM2PI : Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 03(01). 10.33853https://doi.org/Prefix

Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Putri, A. A. (2018). Studi tentang kemampuan berbicara anak suai 4-5 tahun di TK pertiwi dwp setda provinsi riau. PAUD Luctura, 1(2), 115–122. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/1169

Rahmi, P., & Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Risnawati, M., & Khairiati, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295–306. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129

Runggo, Y., & Hendriyani. (2022). Pelatihan bahasa inggris menggunakan flashcard pada anak-nanak panti asuhan. Khidmatul Ummah, 3(01), 109–116. http://dx.doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2501

Salsabila, U. hanifah, Yusro, W., Widowati, L., Kemala, A. V., & Mahmudah, S. (2023). Transformasi Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(01), 7–14. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i01.261

Siswina, T., Lusia, & Pramuwidya, A. (2020). Pengaruh Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tk Dharul Khair. Jurnal Kebidanan Khatulistiwa, 6(1), 43. https://doi.org/10.30602/jkk.v6i1.495

Sugiarto. (2021). Teka Teki Bergambar Sebagai Upaya Menstimulus Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Mubtadiin, 7(2), 227. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/142

Sulistianah, A. T. (2020). Pengaruh Metode show and Tell terhadap keterampilan Berbicara Anak usia 506 tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indoesia, 3(1), 19–24. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/2184

Supriyani, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Membaca Peta Huruf Siswa Taman Tk Nurul Azizi Medan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 50. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8051

Suzana, & Rohaeti. (2020). Efektivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Al-Irsyad Al Islamiyah Ciledug Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1), 1–10. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/56

Wijaya, H., Rosihan, A., & Virgiana, B. (2022). Analisis Makna Simbolik Tradisi Meruboh Sumbai Dan Sumbang Pada Adat Pernikahan Masyarakat Semende Di Desa Sugihan , Kecamatan Muaradua Kisam, Kabupaten Oku Selatan. Jurnal Massa, 03(2), 161–173. https://journal.unbara.ac.id/index.php/JM/article/view/1901


Refbacks

  • There are currently no refbacks.