Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Anak Usia Dini

Author


Rika Rahmawati(1Mail), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 560KB]

Published : 2023-08-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 391 times PDF Downloaded: 167 times

Abstract


Salah satu kemampuan matematika untuk anak usia dini adalah konsep pengukuran. Konsep pengukuran penting diajarkan pada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dalam mengenalkan konsep pengukuran pada anak usia dini. Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D model ADDIE dengan 5 tahapan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan angket respon guru. Pada tahap analisis dibutuhkan media dalam mengenalkan konsep pengukuran untuk anak usia dini dalam pembelajaran secara menyenangkan dan berbasis teknologi. Tahap desain dilakukan untuk merancang produk multimedia interkatif yang akan dikembangkan menggunakan software berupa kinemaster dan powerpoint. Tahap development, dilakukan dengan merealisasikan rancangan produk multimedia interkatif sebelumnya telah dibuat menjadi multimedia interkatif yang siap untuk diterapkan dan dilakukan validasi ahli. Tahap implementasi berdasarkan penerapan multimedia interkatif yang telah dikembangkan kepada anak usia 5-6 tahun. Evaluasi berdasarkan hasil analisis praktikalitas, efektivitas, dan wawancara respon guru bahwa multimedia interkatif. Adapun dampak dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam pengukuran.


Keywords


multimedia interaktif; kemampuan pengukuran; anak usia dinia

References


Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Bray, A., & Tangney, B. (2017). Technology usage in mathematics education research–A systematic review of recent trends. Computers & Education, 114, 255–273.

Butterworth, B. (2011). Foundational Numerical Capacities and the Origins of Dyscalculia. In Space, Time and Number in the Brain: Searching for the Foundations of Mathematical Thought (pp. 249–265). Elsevier Inc. org/10.1016/B978-0-12-385948-8.00016-5. org/10.1016/B978-0-12-385948-8.00016-5https://doi.https://doi.org/10.1016/B978-0-12-385948-8.00016-5

Chandra, F., Hagijanto, A. D., & Arini, B. D. (2018). Perancangan Permainan Interaktif Sebagai Pendukung Optimalisasi Golden Age Pada Anak. Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1(No 12), 1–9. #:~:text=Menurut Clegg (2006)%2C Permainan,juga dapat melatih keterampilan anak.https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/7139/6475

Copley, J. (2000). The Young Child and Mathematics Chapter 4. In National association for the Education of young Children.

Dini, J. (2019). Peningkatan kemampuan konsep matematika awal anak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396–403.

Doğan, M. (2012). Prospective Turkish primary teachers’ views about the use of computers in mathematics education. Journal of Mathematics Teacher Education, 15(4), 329–341. https://doi.org/10.1007/s10857-012-9214-3

Duncan, G. J., Dowsett, C. J., Claessens, A., Magnuson, K., Huston, A. C., Klebanov, P., Pagani, L. S., Feinstein, L., Engel, M., Brooks-Gunn, J., Sexton, H., Duckworth, K., & Japel, C. (2007). School Readiness and Later Achievement. Developmental Psychology, 43(6), 1428–1446. https://doi.org/10.1037/0012-1649.43.6.1428

Etyarisky, V., & Marsigit, M. (2022). The Effectiveness of Interactive Learning Multimedia with a Contextual Approach to Student’s Understanding Mathematical Concepts. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3101–3110.

Handayani, S., Sumarno, & Haryati, Y. (2017). UpayaMeningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. JKPM, 4(1), 19–42. Notebook 2.6 Smoke.pdfhttps://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance

IEA. (2012). Timss 2011 International Results in Science. New Directions for Youth Development, 2012(136), 7–11. http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=3295935&tool=pmcentrez&rendertype=abstract

Khouyibaba, S. (2010). Teaching mathematics with technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 638–643. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.210

Kurniawan, M. P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini “Mengenal Nama-Nama Benda.” Semnasteknomedia Online, 6(1), 2–11. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2010

Li, Y. W. (2016). Transforming Conventional Teaching Classroom to Learner-Centred Teaching Classroom Using Multimedia-Mediated Learning Module. International Journal of Information and Education Technology, 6(2), 105–112. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.667

Mahmudah, Z. (2012). Menggugah Spirit Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran. Insania, 16(April 2011), 1–23.

Mulyaniasih, Y. (2015). Pengaruh pemahaman pendidik tentang anak usia dini, kompetensi pendidik dan sarana prasarana terhadap kemampuan potensi anak pada PAUD An-Nuur Sleman tahun pelajaran 2013/2014. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 88–97. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/2144

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Sa’ida, N., & Kurniawati, T. (2017). Problem based learning sebagai upaya pengenalan konsep pengukuran pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c).

Shi, X. (2017). Application of Multimedia Technology in Vocabulary Learning for Engineering Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(1).

Susanti, S., Rachmawati, Y., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Edukid, 17(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.22508

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Tahir, M. R., Rahman, U., & Nursalam, N. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 86–102.

Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Antasari, I. (2013). Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini. Muadalah, 1(2), 45–55. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/muadalah/article/view/675

Virtanen, M. A., Haavisto, E., Liikanen, E., & Kääriäinen, M. (2018). Ubiquitous learning environments in higher education: A scoping literature review. Education and Information Technologies, 23(2), 985–998. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9646-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.