Kurikulum Merdeka di Sekolah Ramah Anak berbasis Islam dan Bilingual

Author


Nila Nofitasari(1Mail), Liftiah Liftiah(2), Mulawarman Mulawarman(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 318KB]

Published : 2023-10-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 502 times PDF Downloaded: 426 times

Abstract


Implementasi konsep sekolah yang ramah terhadap anak, dengan dasar kurikulum merdeka, memiliki tujuan lebih dari sekadar menanggapi beberapa masalah pada kualitas individu serta isu-isu dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Lembaga Pendidikan anak usia dini (PAUD). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (Interactive Model of Analisys) Miles & Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka di sekolah ramah anak berbasis Islami dan Bilingual masih menuju proses keberhasilan dalam penerapan kurikulum merdeka pada perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Kepala sekolah dan seluruh steakholder tidak menyerah untuk terus berusaha mencapai tujuan utama penerapan kurikulum adalah untuk membentuk SDM yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi, dan menguatkan Pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila.


Keywords


pendekatan bilingual; kurikulum merdeka; sekolah ramah anak berbasis islam

References


Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2022). Pengembangan literasi digital pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini dalam menyambut kurikulum merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 111–119. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Ashfarina, I. N., & Soedjarwo, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Herminingsih, D. I. (2013). Types of bilingual education program. Lingua Scientia, 5(2), 207–217.

Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 142–147. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Kemdiknas, B. (2006). Kajian Terhadap Keberadaan Dan Pendanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ). Jurnal Dikbud, 2006, 373–82.

Kemenristekdikti. (2021). Paparan Pembelajaran Paradigma Baru.

KSPSTK. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD Lab School FIP UMJ: Antara Peluang dan Tantangan. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/read-news/implementasi-sekolah-ramah-anak-di-sd-lab-school-fip-umj-antara-peluang-dan-tantangan

Mardiah, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Paud. 1–13.

Mujtahid. (2017). Pengembangan madrasah dan sekolah islam unggulan. 50, 274–289.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Pirman, S. dan. (2015). Bilingual Education Program. Prenadamedia Group.

Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. 10(2), 167–178.

Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps/article/view/1383

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Susilo, M. (2022). “Best Practice Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kota Yogyakarta,.”

Wasis, S. (2022). Pentingnyapenerapanmerdekabelajar Pada Pendidikananakusia Dini (PAUD). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078


Refbacks

  • There are currently no refbacks.