Pengaruh Media Realia terhadap Kemampuan Menggambar pada Anak Usia Dini Kelompok B

Author


Irvin Novita Arifin(1Mail), Ikah Barkatilah Abduh(2), Yenti Juniarti(3),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 374KB]

Published : 2023-11-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 294 times PDF Downloaded: 170 times

Abstract


Dalam tahapan praoperasional, anak usia dini cenderung berpikir secara konkrit dan focus pada objek-objek nyata di sekitarnya. Mereka menggambarkan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh media realia terhadap kemampuan menggambar pada anak usia dini di kelompok B TK Negeri Harapan Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design), menggunakan instrument yang telah disusun. Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 anak menunjukkan adanya peningkatan dari hasil pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan media realia dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak usia dini di TK Negeri Harapan Kota Barat Kota Gorontalo. Media Realia memberikan pengalaman yang lebih konkrit dan menyenangkan bagi anak, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan mengenalkan konsep pada anak.


Keywords


media realia; kemampuan menggambar; anak usia dini

References


Abdi, I, N., Andi, A, S., & Fitriany. (2011). Teori Perkembangan Kognitif Piaget Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal: Pendidikan Matematika Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1). https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7200

Anum, A., & Mayar, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Menggambar Garis Terhadap Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balai Talang. Jurnal: Pendidikan Tambusai, 6, 12874–12882. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4458

Aprisyah, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menggambar Anak Usia Dini Melalui Metode Quantum Teaching. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2237

Ardini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). Media realia dalam mengenalkan kosakata anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pengembangan PAUD FKIP Untirta, 6(1), 63–80. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7373https://doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7373

Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul Ipa Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal: Pedagogika, 14(1). https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192

Arifin, I. N., Arif, R. M., Rauf, I., & Habbibie, T. K. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar IPA Berbasis Pendidikan Jarak Jauh pada Kelas Awal. Jurnal: Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2192–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1937

Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Febriyanty, T. D., Syamsul, E., M., & Yudhanegara, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menggambar Anak Dengan Menerapkan Metode Outdoor Learning Pada Kelompok B Di Ra Almubarok. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 530–540.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences For Thr 21st Century. Basic Books.

Ismail. (2019). Perkembangan Kognitif Pada Masa Pertengahan Dan Akhir Anak-Anak (Middle And Late Childhood). Jurnal: Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 1(1), 15–22. https://journal.uiad.ac.id/index.php/JPDK/article/view/90

Komarodin & Khotimah, N. (2012). Pengaruh Pembelajaran Menggambar Bebas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Al-Hidayah Karangayam Srengat Blitar. Paud Teratai, 1, 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2520

Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.605

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Usia Sekolah Dasar. An-Nisa' : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman. 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K. (2018). Analisis Karya Gambar Bentuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Simangumban Berdasarkan Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 7(2). https://doi.org/10.24114/gr.v7i2.11350

Natacik, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menggambar Bentuk-Bentuk Geometri Bagi AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3). https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-06

Ngabito, N., & Juniarti, Y. (2019). Asesmen Kreativitas Dan Keberbakatan Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 66–75. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.95

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Parirak, A. M., & Rahardjo, M. M. (2022). Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15–28. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.9996

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Sari, R., & Prayoga, B. H. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. Jecie, 2, 44–53. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i2.473

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Ukar, D. S., Taib, B., & Alhadad, B. (2021). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal: Cahaya paud, 118-124. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2262

Utoyo, S. 2017. Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Kota Gorontalo: Ideas Publishing.

Wandi, Z., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wardhani, G. W., & Warjiyono. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Berbentuk Puzzle Guna Melatih Kecerdasan Visual Spasial Anak. EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, II(1), 52–59. https://doi.org/10.31294/evolusi.v2i1.642

Watini, S. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.