Kemampuan Bahasa Inggris Awal pada Periode Linguistik Anak Usia Dini

Author


Yesi Novitasari(1Mail), Danang Prastyo(2), Ardhana Reswari(3), Selfi Lailiyatul Iftitah(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura,

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 353KB]

Published : 2023-10-05

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 405 times PDF Downloaded: 153 times

Abstract


Belakangan ini Lembaga PAUD berbondong-bondong memberikan pembelajaran bahasa inggris bagi anak diperiode linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal anak dalam mendengarkan dan mengucapkan kosakata bahasa inggris pada periode linguistic. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini mencakup anak pada Taman Kanak-Kanak. Selanjutnya peneliti melakukan penarikan sampling dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah 28 Anak. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 - Maret 2023 dengan bekerjasama dengan guru kelas. Kegiatan pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, dengan model partisipatif. Adapun deskripsi hasil penelitian ini dibagi menjadi dua yakni kemampuan mendengarkan kosakata bahasa inggris awal yakni dengan kategori Mulai Berkembang. Selanjutnya, kemampuan mengucapkan kosakata bahasa inggris awal berada pada kategori Mulai Berkembang. Lebih lanjut hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pijakan dasar menentukan strategi apa yang akan dilakukan untuk melejitkan kemampuan awal bahasa inggris anak dalam periode linguistik


Keywords


bahasa inggris awal; linguistik; anak usia dini

References


Adnan, A. (2012). Pengajaran Menyimak Bahasa Inggris: Masalah Dan Solusinya. Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris FBS UNP, 6, 1–9. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/linguadidaktika/article/view/2549

Al-Jarf, R. (2023). Learning English by Kindergarten Children in Saudi Arabia: A Mothers’ Perspective. Journal of Learning and Development Studies, 3(2), 15–32. https://doi.org/10.32996/jlds.2023.3.2.3

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amelia, F., & Lailiyah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Bagi Guru. Jurnal Terapan Abdimas, 05(01), 75–87. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/4441

Anggraini, V., & Priyanto, A. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2018). Dialogic Reading Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 79–86. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3070

Erni, E. (2021). Pelatihan Penerapan Teknik Fun Game Pada Guru Guru Bahasa Inggris Paud Kecamatan Bengkalis. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 89–101. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.18

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7817

Gutierrez, A., Guzman, N. G., Ramos, R., & Uylengco, J. K. A. (2022). The Empirical Change of Playing Habits among Children. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(2), 303–317. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.02.15

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. In Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT) (1st ed., Vol. 1, Issue 4). PT RajaGrafindo Persada.

Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. (2021). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Procedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 138–145. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1166

Krisensiana, R, M., & Miranda, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatullistiwa, 7(12), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30062

Kumar, P., & Ramani, P. (2023). Enhancing Speaking Skills through Efficacy of Multimedia in Tertiary Education. About Conference, August. https://www.academia.edu/download/55423645/4th_International_Conference_on_Multidisciplinary_Research___Practice_4ICMRP_2017.pdf#page=175

Lestari, P., Leni Rohliah, Wirda Ningsih, & Genta Ulina Hutagalung. (2023). Youtube: a Teaching Media To Optimize Students’ English Listening Comprehension Skill. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 11(1), 17–24. https://doi.org/10.36982/jge.v11i1.3210

Mamani-Calapuja, A., Laura-Revilla, V., Hurtado-Mazeyra, A., & Llorente-Cejudo, C. (2023). Learning English in Early Childhood Education with Augmented Reality: Design, Production, and Evaluation of the “Wordtastic Kids” App. Education Sciences, 13(7), 638. https://doi.org/10.3390/educsci13070638

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2021). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209

Nurzaman, I., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 40–52. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7159

Rezeki, T. I., & Sagala, R. W. (2019). Pemerolehan Bahasa Anak Periode Linguistik. Jurnal Artikula, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.30653/006.201922.22

Roch, M., Dicataldo, R., & Levorato, M. C. (2023). Receptive Vocabulary and Listening Narrative Comprehension of Italian–English Bilingual Children between 5 to 7 Years. Education Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/educsci13080780

Saiki, M., Siming, M., Liwang, N. S., & Kusumawardhani, R. (2021). Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1, 30–33. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16448

Samad, F., Rita, S., & RH, A. P. D. R. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 47–60. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.4277

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dalam menghadapi era revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566

Shobikah, N. (2018). English Education for Early Childhood Learner. At-Turats, 12(1), 50–62. https://doi.org/10.24260/at-turats.v12i1.970

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tegris, E. (2020). Analisis penyebab masalah pengucapan Bahasa Inggris dalam kerangka merdeka belajar berbasis konsep ajaran Ki Hadjar Dewantara. Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswaa” Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Taman SiswaSeminar Nasional, 62–68. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7302

Yuliantin, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 200–2012. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/84

Yulizar, I., & Hasibuan, S. A. (2022). Improving Students’ Speaking Skill Through Active Debat. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 230–239. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21563

Yus, A. (2013). Bermain Sebagai Kebutuhan Dan Strategi Pengembangan Diri Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 153–158. https://doi.org/10.21009/jiv.0802.9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.