- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Problematika Guru dalam Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5330Keywords:
problematika guru, penggunaan internet, media pembelajaranAbstract
Masih banyak guru yang kesulitan dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan internet sebagai sumber media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode inkuiri naturalistik. satu guru kelas enam dan satu kepala sekolah sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model sirkuler sugiono dengan tiga tahapan yaitu: deskriptif, reduksi, dan seleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang di guru dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran yaitu terletak pada ketidaktahuan guru mengenai website pembuat media pembelajaran, mencari media pembelajaran di internet, kurangnya kreativitas guru, waktu yang digunakan untuk mempelajari media pembelajaran, jenis media yang sudah digunakan, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional, faktor usia guru, dana yang dibutuhkan oleh guru serta dana yang disediakan sekolah.
Â
Downloads
References
Aini, N., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh Usia Produktif Guru Terhadap Semangat Belajar Anak di TK Perintis Rejo Asri. Jurnal Usia Dini, 9(01). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/47818
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Christian, W., Yacoub, R. R., W, P., T., F., & Imansyah, F. (2019). Analisis Komparatif Penggunaan Durasi, Ping Dan Grafik Dalam Game PUBG Pada Perangkat Komputer dan Handphone. Jurnal Teknik Elektro Untan, 8(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/j3eituntan/article/view/40550
Clarin, A. S., & Baluyos, E. L. (2022). Challenges Encountered in the Implementation of Online Distance Learning. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline591
Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Ferdiansyah, Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-Based Learning Media Development for Computer and Basic Network. Social Sciences, Education and Humanities, 5(1), 57–61. https://doi.org/10.32698/GCS-PSSHERS345
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063
Lailiyah, N. N., & Mardliyah, S. Z. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 89. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.868
Mailizar, M., & Fan, L. (2019). Indonesian Teachers’ Knowledge of ICT and the Use of ICT in Secondary Mathematics Teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/110352
Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.53696/27214834.70
Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1), 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research: Journal Of Multidisciplinary Researsch and Development, 4(3). https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3
Neelakandan, S., Annamalai, R., Rayen, S. J., & Arunajsmine, J. (2020). Social media networks owing to disruptions for effective learning. Procedia Computer Science, 172, 145–151. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.022
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325
Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 01(02), 61–74. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/106
Randy, M. Y., & Cholifah, P. S. (2021). Elementary School Teacher Challenges in Using Learning Media During Online Learning. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 160–164. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.027
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034
Sudiran. (2015). Students’ Perception Towards the Use of Internet as Learning Media to Promote Reading Comprehension Skill. Sino-US English Teaching, 12(9). https://doi.org/10.17265/1539-8072/2015.09.007
Sulkifli, S., Kaharuddin, K., & Firdaus, F. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yaspib Bontolempangan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(2), 242–248. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i2.2682
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), 29–34. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jpmtt/article/view/340
Suwarya, F. M. (2021). Kolaborasi Aplikasi dan Pemanfaatan Internet. Guepedia.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1). https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Vernanda, D., Abdullah, A. G., & Rohendi, D. (2018). Internet Literacy of Vocational High School Teachers. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012032
Walidaini, B., & Muhammad Arifin, A. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i1.3200
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Widjaja, V., & Widodo, N. M. (2021). Pengaruh Teknologi Internet terhadap Pengetahuan Masyarakat Jakarta Seputar Informasi Vaksinasi Covid-19. TEMATIK, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.544
Yasin, M., Ghozali, Y., Observasi, T., Kelas, K., & Kreatifitas, M. (2020). Pelaksanaan Teknik Observasi Dan Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Power POint Interaktif Di MI Muhammadiyah 05 Cakru, Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. PESAT, 6(3), 1–22. https://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/12
Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI Di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 2019. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/134