Problematika Guru dalam Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran

Author


Hestin Latifah(1Mail), Zaka Hadikusuma Ramadan(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 470KB]

Published : 2023-10-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 780 times PDF Downloaded: 314 times

Abstract


Masih banyak guru yang kesulitan dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan internet sebagai sumber media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode inkuiri naturalistik. satu guru kelas enam dan satu kepala sekolah sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model sirkuler sugiono dengan tiga tahapan yaitu: deskriptif, reduksi, dan seleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang di guru dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran yaitu terletak pada ketidaktahuan guru mengenai website pembuat media pembelajaran, mencari media pembelajaran di internet, kurangnya kreativitas guru, waktu yang digunakan untuk mempelajari media pembelajaran, jenis media yang sudah digunakan, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional, faktor usia guru, dana yang dibutuhkan oleh guru serta dana yang disediakan sekolah.


 

Keywords


problematika guru; penggunaan internet; media pembelajaran

References


Aini, N., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh Usia Produktif Guru Terhadap Semangat Belajar Anak di TK Perintis Rejo Asri. Jurnal Usia Dini, 9(01). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/47818

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Christian, W., Yacoub, R. R., W, P., T., F., & Imansyah, F. (2019). Analisis Komparatif Penggunaan Durasi, Ping Dan Grafik Dalam Game PUBG Pada Perangkat Komputer dan Handphone. Jurnal Teknik Elektro Untan, 8(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/j3eituntan/article/view/40550

Clarin, A. S., & Baluyos, E. L. (2022). Challenges Encountered in the Implementation of Online Distance Learning. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline591

Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Ferdiansyah, Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-Based Learning Media Development for Computer and Basic Network. Social Sciences, Education and Humanities, 5(1), 57–61. https://doi.org/10.32698/GCS-PSSHERS345

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Lailiyah, N. N., & Mardliyah, S. Z. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 89. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.868

Mailizar, M., & Fan, L. (2019). Indonesian Teachers’ Knowledge of ICT and the Use of ICT in Secondary Mathematics Teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/110352

Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.53696/27214834.70

Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1), 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research: Journal Of Multidisciplinary Researsch and Development, 4(3). https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3

Neelakandan, S., Annamalai, R., Rayen, S. J., & Arunajsmine, J. (2020). Social media networks owing to disruptions for effective learning. Procedia Computer Science, 172, 145–151. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.022

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325

Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 01(02), 61–74. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/106

Randy, M. Y., & Cholifah, P. S. (2021). Elementary School Teacher Challenges in Using Learning Media During Online Learning. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 160–164. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.027

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034

Sudiran. (2015). Students’ Perception Towards the Use of Internet as Learning Media to Promote Reading Comprehension Skill. Sino-US English Teaching, 12(9). https://doi.org/10.17265/1539-8072/2015.09.007

Sulkifli, S., Kaharuddin, K., & Firdaus, F. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yaspib Bontolempangan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(2), 242–248. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i2.2682

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), 29–34. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jpmtt/article/view/340

Suwarya, F. M. (2021). Kolaborasi Aplikasi dan Pemanfaatan Internet. Guepedia.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1). https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Vernanda, D., Abdullah, A. G., & Rohendi, D. (2018). Internet Literacy of Vocational High School Teachers. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012032

Walidaini, B., & Muhammad Arifin, A. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i1.3200

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Widjaja, V., & Widodo, N. M. (2021). Pengaruh Teknologi Internet terhadap Pengetahuan Masyarakat Jakarta Seputar Informasi Vaksinasi Covid-19. TEMATIK, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.544

Yasin, M., Ghozali, Y., Observasi, T., Kelas, K., & Kreatifitas, M. (2020). Pelaksanaan Teknik Observasi Dan Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Power POint Interaktif Di MI Muhammadiyah 05 Cakru, Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. PESAT, 6(3), 1–22. https://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/12

Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI Di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 2019. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/134


Refbacks

  • There are currently no refbacks.