Author
Ratnawati Ratnawati(1), Fajar Sukma Nur Alam(2),
Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-11-12
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 386 times PDF Downloaded: 233 timesAbstract
Stunting merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) yang termasuk pada tujuan pembangunan berkelanjutan ke-2 yaitu menghilangkan kelaparan dari segala bentuk malnutrisi pada tahun 2030 serta mencapai ketahanan pangan. Tujuan penelitian ini untuk membuat metode yang sederhana melalui metode Bibliotherapy dan menguji kelayakan media bibliotherapy berupa buku terapi bercerita dan bernyanyi melalui gambar yang dikemas menjadi terapi berkisah yang menyenangkan sebagai upaya penanganan stunting pada anak yang berakibat kurangnya perkembangan kognitif terutama dalam pemerolehan bahasa dan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model 4D yang terdapat empat tahap, yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan uji kelayakan. Subjek penelitian ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu yang memiliki balita di Desa Gunungsari Kecamatan Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian dalam uji kelayakan produk menggunakan skala likert yang dilakukan pada setiap indikator didapat rerata skor yaitu 93,3%. Hal ini menunjukan bahwa media bibliotherapy melalui buku terapi berkisah yang telah dikembangkan menghasilkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Sehingga, produk media bibliotherapy melalui buku terapi berkisah dikategorikan sangat layak digunakan
Keywords
References
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal of Natural Science Integration, 2(2), 191-202. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Aminah, S., & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jaladri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah), 8(2), 79-84. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/2260
Apriluana, G., & Fikawati, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Risiko Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita (0-59 Bulan) di Negara Berkembang dan Asia Tenggara. Media Litbangkes, 28(4), 247-256. https://doi.org/10.22435/mpk.v28i4.472
Budiarti, E., Kartini, R. D., H, S. P., Indrawati, Y., & Daisiu, K. F. (2023). Penanganan Anak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Usia 5-6 Menggunakan Metode Bercerita di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02). http://doi.org/10.36418/japendi.v4i2.1584.
Daulay, L. S., Mardianto, & Nasution, M. I. (2023). Literasi Sehat untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak di Era Digital. Jurnal Raudhah, 11(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2767
Eliasa, E. I. (2017). Bibliotherapy as a Method of Meaningful Treatment Bibliotherapy Sebagai Sebuah Metode Tindakan yang Bermakna. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasanah, N., & Sugito. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Haskas, Y. (2020). Gambaran Stunting di Indonesia: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2). https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/179
Herlina. (2012). Bibliotherapy (Terapi Melalui Buku). EduLib, 2(2), 187-200. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/10044
Iswandari, D. P., Hariastuti, I., Anggriana, T. M., & Wardani, S. Y. (2020). Biblio-Journaling sebagai optimalisasi peran Ayah pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.4988
Khalid, S. H., Patimah, S., & Asrina, A. (2020). Persepsi Masyarakat mengenai Penyebab dan Dampak Stunting di Kabupaten Majene Sulawesi Barat Tahun 2020. JournalofMuslim Community Health(JMCH), 3(4). https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1177
Khoiriyah, Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengambangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36-45. http://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/234
Muchlis, N., Haeruddin, & Susanti, N. (2022). Pola Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Penanganan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(1). https://doi.org/10.33846/sf13134
Muslimat, A. F., & Hadrawi, L. M. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al –Qiyam, 1(2). https://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/view/122
Nasution, S., & Asrindah. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa (Language Acquistion) Pada Anak Usia Dini Rentang Usia 4-5 Tahun di PAUD Insani Kota Medan. Bahas, 32(4), 286-297. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i4.30538
Noviza, N. (2013). Metode Bibliotherapy Pada Kisah Nabi Yusuf AS Sebagai Media Konseling Rasional Emotif. Wardah, 14(26), 53-70. https://doi.org/10.19109/wardah.v14i1.247
Nugroho, M. F., Situmeang, N., & Putri, S. Y. (2023). Implementasi Gerakan Scalling Up Nutrition (SUN) Sebagai Upaya Penurunan Tingkat Prevalansi Stunting di Indonesia. PIR Journal, 7(2), 160-173. https://doi.org/10.22303/pir.7.2.2023.160-173.
Nur, M. L., & Jutomo, L. (2020). Deteksi Dini Stunting Pada Jemaat GMIM Kapernaum Tenau. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering, 87-93. http://pergizipanganntt.id/ejpazih/index.php/jpmkelaker/article/view/73
Purnama, S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). Literasi, 4(1), 19-32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 225-229. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.253
Ramdhani, A., Handayani, H., & Setiawan, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian Stunting. Seminar Nasional LPPM Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/122
Rita, W., Anita, B., Hidayah, N., Podesta, F., Ardiansyah, S., Subeqi, A. T., et al. (2019). Hubungan Pola Asuh dengan Kejadian Stunting (Rekomendasi Pengendaliannya di Kabupaten Lebong). Riset Informasi Kesehatan, 140-151. https://doi.org/10.30644/rik.v7i1.218
Sakti, S. A. (2020). Pengaruh Stunting Pada Tumbuh Kembang Anak Periode Golden Age. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 169-175. https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/709
Sirjon, & Narahawarin, F. (2021). Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Panrita, 2(1). https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/panrita/article/view/160
Suardi, I. P., R, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widjayatri, R. D., Fitiriani, Y., & Tristyanto, B. (2020). Sosialisasi Pengaruh Stunting Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16-27. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.11
Yadika, A. D., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Majority, 273-282. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2483
Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Pada Anak Balita. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1137
Refbacks
- There are currently no refbacks.