Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Author


Ririn Dwi Wiresti(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 697KB]

Published : 2020-08-03

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 3139 times PDF Downloaded: 5467 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengupas secara mendalam terkait dampak wabah pandemi covid-19 pada anak usia dini menggunakan penelitian library research melalui 6 langkah yaitu penentuan topik penelitian, tinjauan literatur terkini, reduksi literatur, pengorganisasian literatur, review literatur, dan pengambilan kesimpulan. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Literatur terkini merupakan sumber data yang dipakai peneliti terbagi atas dua sumber data yaitu sumber data primer antara lain ebook dan jurnal dari unicef, jurnal ilmiah internasional, dan artikel yang berkaitan dengan anak usia dini dan covid-19. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berbagai berita ter-update terkait covid-19 dan anak usia dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak kebijakan pemerintah untuk work from home mempengaruhi ketahanan ekonomi keluarga. Dari menurunnya ekonomi keluarga tersebut muncul berbagai dampak bagi anak usia dini antara lain emosi anak tidak stabil, krisis gizi dan kesehatan anak, terjadinya gap pembelajaran, krisis keamanan dan kenyamanan, dan krisis pengasuhan anak.


Keywords


covid-19; anak usia dini; bekerja dari rumah

References


Activity, E. (2020). What Can Brazil Learn From The Rest Of The. 131(2), 25.

Asia, chanel news. (2020). Indonesias health system on the brink as coronavirus looms.

Bender, L. (2020). Key Messages and Actions for Prevention and Control in Schools. Unicef, (March), 2.

Black, R. E., Allen, L. H., Bhutta, Z. A., Caufield, L. E., Rivera, J., Mathers, C., Onis, M. de. (2008). Maternal and child undernutrition: global and regional exposures and health consequences. The Lancet, 371(materia and child undernutrition), 243260. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(07)61690-0

Brief, P. (2020). Policy Brief : The Impact of on children (p. 10). p. 10.

Dewayani, T. (2020). Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html

Djaja, M., Nirawaty, N., Darnis, S., Zakaria, M. R., Hayati, L., & Yuniarti, S. L. (2016). Buku Saku Pengasuhan Positif-edLina.pdf. Jakarta.

Dunia, G. B. (2019). Aspiring Indonesia Expanding the Middle Class. Washington, D.C., p. 8.

Furkon, L. A. (2014). Mengenal Zat Gizi. Ilmu Kesehatan Gizi, 153. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4335/2/PEBI4424-M1.pdf

Hairuddin. (2014). Pendidikan Itu Berawal Dari Rumah Hairuddin Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. Pendidikan, 10, 7591.

Hananti, A. (2020). Ketahui Perbedaan COVID-19 dengan SARS dan MERS. Retrieved from https://www.alodokter.com/ketahui-perbedaan-covid-19-dengan-sars-dan-mers

Hanna, & Olken. (2020). Hasil Terkini dari Survei Daring tentang Dampak Ekonomi Akibat COVID-19 di Indonesia.

Hutchins, E., & Enomoto, K. (2020). Returning to resilience: The impact of COVID-19 on mental health and substance use. McKinsey & Company. Retrieved from https://www.mckinsey.com/industries/healthcare-systems-and-services/our-insights/returning-to-resilience-the-impact-of-covid-19-on-behavioral-health

Indonesia, C.-A., & Indonesia, C.-D. I. (2020). Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. (April).

Indonesia, P. (2018). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak-Anak. Jakarta: SNPHAR.

Iqbal, M. (2020). Apa Itu Karantina Wilayah & Bagaimana Mekanismenya? Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200330130833-4-148452/apa-itu-karantina-wilayah-bagaimana-mekanismenya

Lestari, P. (2008). Pola Asuh Anak Dalam Keluarga ( Studi kasus pada pengamen anak-anak di kampung Jlagran, Yogyakarta ). Pola Asuh Anak Dalam Keluarga DIMENSIA, 2(1), 51.

Liang, J., Roberts, J., Ying, Z. J., Cao, J., Qi, M., & Sun, M. (2015). Does Working From Home Work ? Evidence From A Chinese Experiment. The Quarterly Journal of Economics, 130(1), 165218. https://doi.org/10.1093/qje/qju032

Litha, Y. (2020). UNICEF Indonesia: Pandemi Diprediksi Tingkatkan Jumlah Kasus Stunting. Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/unicef-indonesia-pandemi-diprediksi-tingkatkan-jumlah-kasus-stunting/5485964.html

Makki, S. (2020). Lembaga riset CORE memperkirakan jumlah pengangguran berpotensi bertambah 9,35 juta orang dalam skenario terberat dampak virus corona. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200415170121-532-493875/pengamat-sebut-skenario-terberat-pengangguran-capai-935-juta

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD (Dalam Perspektif Islami) (1st ed.; Sudjatna, Ed.). Jogjakarta: Laksana.

Novianty, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Remaja Madya. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), 100459.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nurul Fadlilah, A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Porter, B. De, & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning (5th ed.; S. Meutia, Ed.). New York: Kaifa.

Prima, E. (2018). Pengaruh Ritme Otak dan Musik dalam Proses Belajar. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 4357. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1351

RISKEDAS. (2018). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, Dirumah Saja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Sebayang, R. (2020). Alert! WHO Resmi Tetapkan Corona Pandemi. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312064200-4-144245/alert-who-resmi-tetapkan-corona-pandemi

Setiawan, S. (2017). Studi Kepustakaan. Gurupendidikan.Co.Id, 1. Retrieved from gurupendidikan.co.id/Stud- Kepustakaan-Pengertian-Tujuan-Peranan-Sumber-Strategi/

Sundus, M. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01), 13. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Ulfah, M., & Naimah. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 2028. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Unicef. (2017). Anak-Anak di Indonesia: Analisis Kemiskinan, Mobilitas, dan Kekurangan Multidimensi. Jakarta: Unicef.

Unicef, I. (2018). Kajian Kapasitas Negara Memenuhi Kebutuhan Gizi. Unicef. Jakarta.

Wiratama, A. (2020). Belajar dari Covid-19, New Normal Pendidikan. Retrieved from https://www.inews.id/news/nasional/belajar-dari-covid-19-new-normal-pendidikan?page=all

Wiresti, R. D. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. 3(1), 3644. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53

Yuliawan, T. P. (2016). Coaching Psychology: sebuah Pengantar. 19(2), 4554. https://doi.org/10.22146/bpsi.11556


Refbacks

  • There are currently no refbacks.