Tarian Kreasi sebagai Sarana Efektif Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini

Author


Gusti Haida(1Mail), Samsidar Samsidar(2), Ferdiansyah Daulay(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 358KB]

Published : 2023-12-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 152 times PDF Downloaded: 143 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui penerapan tari kreasi. Penelitian ini didorong oleh temuan kondisi perkembangan motorik kasar yang belum optimal pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data melibatkan pencatatan dan observasi kejadian melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, dengan 15 anak dari kelompok B sebagai subjek penelitian. Hasil observasi awal menunjukkan adanya ketidakoptimalan perkembangan motorik kasar. Siklus pertama, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, belum mencapai target peningkatan yang diharapkan. Siklus kedua melibatkan penyesuaian pendekatan dan kegiatan, menghasilkan peningkatan signifikan dengan persentase rata-rata mencapai 73,2%. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa tari kreasi efektif dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini, memberikan kontribusi pada literatur pengembangan motorik kasar.

 

Keywords


motorik kasar; tari kreasi; anak usia dini

References


Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Aziz, M., Sormin, D., Siregar, J. S., Napitupulu, D. S., & Rosmaimuna. (2021). Islamic Education Curriculum in the Concept of the Koran. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 560(Acbleti 2020), 157–161. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.031

Aziz, M., wahyuni, S., & Yasrah, R. (2022). Early Children’s Cognitive Ability through the Alphabetgameat TK ABA I City Padangsidimpuan, Nort Sumatera Indonesia. Specialusis Ugdymas / Special Education, 2022(43), 1. http://sumc.lt/index.php/se/article/view/266

Dewi, J. K. (2020). Gerak Dasar Tari Untuk Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017

Dewi, L. S., Sarjiwo, S., & Pratama, U. N. (2023). Metode pembelajaran tari kreasi pada kelas anak usia dini di sanggar seni kinanti sekar yogyakarta. Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 164–173. 10.24821https://doi.org/prefix

Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/52

Ficanysha, Y. (2021). Pembelajaran Keterampilan Motorik. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan Pembelajaran Keterampilan Motorik. 3(1), 66–74. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.180

Fitri Wahyuni, S. M. A. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini Fitri. Journal of Leisure Research, 22(2), 138–153. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Idris, N. R. (2022). Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 79–89. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10352

Intan Tiara Sulistio, Adriani Rahmah Pudyaningtyas, V. S. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendikia, 9(3), 156–161. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732

Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.858

Livoine Bernadeth Siringoringo, Jagentar P. Pane, F. S. H. B. G. (2022). Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia 4-6 Tahun 12. Jurnal Sahabat Keperawatan, 4(2). https://doi.org/10.32938/jsk.v4i02

Marani, O. N., & Rantina, M. (2023). Pengembangan Tari Kreasi Berbasis Tema Pada Anak Usia ( 5-6 ) Tahun Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 96–112. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/26951

Martini, M. S. (2023). Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746

Meitarani, L. (2019). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Instruksional, 1(1), 32. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.32-42

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Permanasari, A. T., Lestari, D. J., & Fujiawati, F. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sendratasik Untirta. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2), 135–148. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/6916/0

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rosdiana, E. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui tari kreasi tradisional mandahiling melayu di taman kanak-kanak al-muhsinin Pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 96-100. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/277

Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 66–78. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10233

Saparia, A., Abduh, I., Wulur, D. C., Murtono, T., Nirmala, B., Zainuddin, M. S., Jasmani, P., & Tadulako, U. (2023). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dari Aspek Geografis ( Studi pada Anak Usia Dini Daerah Pesisir dan Pegunungan ). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2811–2819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4381

Sulastri, N. M. (2021). Penerapan Kegiatan Menari untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Transformasi, 7(September). https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4890

Sumiyati. (2018). Metode pengembangan motorik kasar anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10352

Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Suttrisno, S., Nahdlatul, U., & Maulani, Giandari, D. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (Issue November). Sada Kurnia Pustaka.

Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21–30. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2731

Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02

Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Wardani, E. (2017). Upaya meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan tari kreasi di tk negeri pembina atu lintang kec. atu lintang kab. Aceh Tengah ta. 2016/2017’ (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Wigaringtyas, A. A., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Dongklak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 312-322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3706

Wiriaatmadja, R. (2019). Metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen (P. Latifah (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Yaumi, & D. (2012). Action Research, Teori, Model, dan Applikasi. Kencana.

Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391


Refbacks

  • There are currently no refbacks.