Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

Author


Qonitah Faizatul Fitriyah(1Mail), Sigit Purnama(2), Yudha Febrianta(3), Suismanto Suismanto(4), Hafidh ‘Aziz(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 385KB]

Published : 2021-06-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1733 times PDF Downloaded: 859 times

Abstract


Penggunaan media dalam proses pelaksanaan pembelajaran dapat menjadi solusi dalam keefektifan perkembangan motorik halus pada anak dengan jenis RnD atau Reserach and Development menggunakan model Borg and Gall, teknik anallisis data diperoleh data hasil validasi instrumen berupa data deskriptif oleh para ahli, yitu ahli media, ahli materi dan user. Hasil ini adalah media busy book mendapatkan penilaian dari ahli materi yang menunjukkan kriteria sangat baik menunjukkan presentase 82%. Skor oleh ahli media dengan kriteria sangat baik  dengan presentase 92%. Uji coba lapangan produk media busy book diujikan kepada 8 peserta didik ant class (Kelompok A) dan direspon oleh guru kelas serta pendidik sebagai user di TK Ceria Demangan Yogyakarta, hasil dari tahap uji coba menunjukkan 50% anak didik mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan 50% anak didik mendapatkan kategori “Baik”. Kesimpulannya adalah media bermain busy book layak digunakan

Keywords


busy book media; fine motor skills; early childhood

References


DuBose, K. D., Gross McMillan, A., Wood, A. P., & Sisson, S. B. (2018). Joint Relationship Between Physical Activity, Weight Status, and Motor Skills in Children Aged 3 to 10 Years. Perceptual and Motor Skills, 125(3), 478-492. https://doi.org/10.1177/0031512518767008

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Feder, K. P., & Majnemer, A. (2007). Handwriting development, competency, and intervention. Developmental Medicine and Child Neurology, 49(4), 312-317. https://doi.org/10.1111/j.1469-8749.2007.00312.x

Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini. Nusa Media.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. In Jakarta : Erlangga (pp. 205-243). Erlangga.

Khalid, P. I., Yunus, J., & Adnan, R. (2010). Extraction of dynamic features from hand drawn data for the identification of children with handwriting difficulty. Research in Developmental Disabilities, 31(1), 256-262. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2009.09.009

Lubans, D. R., Morgan, P. J., Cliff, D. P., Barnett, L. M., & Okely, A. D. (2010). Fundamental movement skills in children and adolescents: Review of associated health benefits. Sports Medicine, 40(12), 1019-1035. https://doi.org/10.2165/11536850-000000000-00000

Matarma, T., Lagström, H., Löyttyniemi, E., & Koski, P. (2020). Motor Skills of 5-Year-Old Children: Gender Differences and Activity and Family Correlates. Perceptual and Motor Skills, 127(2), 367-385. https://doi.org/10.1177/0031512519900732

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (2018). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media konkret melalui kegiatan kolase untuk meninkatkan perkembangan motorik halus. E-Journal PG-PAUD, 2(1), 1-11.
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa.

Mustami'ah, D., Aquarisnawati, P., & Riskasari, W. (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt of contents. Insan, 13(3), 1-8.

Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.

O Saondi. (2012). Penelitian Pendidikan. Deepublish.

Pienaar, A. E., Barhorst, R., & Twisk, J. W. R. (2014). Relationships between academic performance, SES school type and perceptual-motor skills in first grade South African learners: NW-CHILD study. Child: Care, Health and Development, 40(3), 370-378. https://doi.org/10.1111/cch.12059

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667-1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Ramadhani, S. N., & Sudarsini. (2018). Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Ortopedagogia, 4(1), 12-16.

Sai Tubtim, S. (2019). Using algae that produce biodiesel oil to treat wastewater of Industrial recycling plant. 229.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48-56.
https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busybook dalam mempercepat kemampuan membaca untuk anak usia dini. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(September), 28-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.