Peran Guru pada Pengasuhan Anak dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia

Author


Afifah Rahmaningrum(1Mail), Pujiyanti Fauziah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 307KB]

Published : 2020-11-07

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 652 times PDF Downloaded: 703 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) pola pengasuhan yang dilakukan dari pengasuh keluarga Tenaga Kerja Indonesia terhadap anak usia dini. (2) dampak dari pengasuhan yang dilakukan dari pengasuh keluarga Tenaga Kerja Indonesia terhadap aspek perkembangan anak usia dini. (3) peran serta guru terhadap pengasuhan yang dilakukan oleh pengasuh keluarga Tenaga Kerja Indonesia. (4) pengaruh positif peran guru di sekolah terhadap pengasuhan anak dari keluarga Tenaga Kerja Indonesia. (5) pengaruh positif peran guru terhadap aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) pola pengasuhan permisif merupakan yang mayoritas diterapkan kepada anak. (2) dampak dari pengasuhan permisif terlihat di aspek sosial emosional, bahasa, dan kognitif anak tersebut. (3) peran serta guru pada pengasuhan adalah dengan memberikan pendekatan dan edukasi terhadap pengasuh dan juga anak. (4) terdapat perubahan secara perlahan terhadap pengasuhan setelah mendapatkan masukan dari guru. (5) terdapat perubahan secara perlahan terhadap perkembangan anak setelah dilakukan pendekatan terhadap individu anak secara intensif.


Keywords


pengasuhan, anak usia dini, tenaga kerja indonesia, guru

References


Asmawati, L. (2017). Konsep pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, S. (2015). Pendidikan keluarga. Yogyakarta: Gava Media.

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. (2020). Data penempatan dan pelindungan pekerja migran Indonesia periode Januari 2020. Jakarta: Pusat Data dan Informasi BP2MI.

Berns, R. M. (2007). Child family, school, community socialization, and support (7th ed.). Canada: Thomson Wadsworth.

Brooks, J. (2011). The process of parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cao, G., Li, K., Wang, R., & Liu, T. (2017). Consumption Structure of Migrant Worker Families in China. China & World Economy, 25(4), 121. https://doi.org/10.1111/cwe.12203

Conners-Burrow, N. A., Patrick, T., Kyzer, A., & Mckelvey, L. (2016). A preliminary evaluation of REACH : Training Early Childhood Teachers to support children s social and emotional development. Early Childhood Education Journal, 45(2), 187199. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0781-2

Haryanti, & Sumarno. (2014). Pemahaman kompetensi parenting terhadap perkembangan sosial anak. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 3249.

Hasan, M. (2009). Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Diva Press.

Helmawati. (2014). Pendidikan keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Herentina, T., & Yusiana, M. A. (2012). Peran orangtua dalam kegiatan bermain dalam perkembangan kognitif anak usia prasekolah (5-6 tahun). Jurnal STIKES, 5(2), 191202.

Hidayati, A., Zuhdi, M. S., & Islam, B. K. (2019). Pengaruh Keluarga (TKI) terhadap erpilaku disiplin belajar anak sd di kabupaten tulungangung. Jurnal Efektor, 6(2), 157164. https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13179

Hubel, G. S., Davies, F., Goodrum, N. M., Schmarder, K. M., Schnake, K., & Moreland, A. D. (2020). Adverse childhood experiences among early care and education teachers: Prevalence and associations with observed quality of classroom social and emotional climate. Children and Youth Services Review, 111(December 2019), 104877. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.104877

Hurlock, El. B. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, S., Karimah, K. El, & Octavianti, M. (2018). The Reposition of Women s Role in Migrant Worker s Families in Karawang. In ICENIS 2018 (Vol. 8, pp. 810). https://doi.org/10.1051/e3sconf/2018731100 8

Nichols, M., Stein, A. D., & Wold, J. L. (2014). Health status of children of migrant farm workers: farm worker family health program, moultrie, georgia, 104(2), 365370. https://doi.org/10.2105/AJPH.2013.301511

Nopitasari, R., & Imelda, J. D. (2017). Perlindungan dan kesejahteraan anak: studi deskriptif pada keluarga tenaga kerja indonesia (TKI) laki-laki di lombok timur. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 18(1), 1833.

Nurannisa, H., Hasanah, U., Keluarga, P. K., Teknik, F., Jakarta, U. N., Remaja, P. E., Barat, C. (2017). Pengaruh granparenting terhadap perkembangan emosi remaja pada keluarga TKI di kecamatan gekbrong cianjur jawa barat. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 4(2), 6265. https://doi.org/10.21009/JKKP.042.02

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2015). Menyelami perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang RI Nomor 39, tahun 2004, tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi, 1(2), 148155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, H., & Mulyani. (2017). Pengaruh pola asuh orangtua dan peran guru di sekolah terhadap kesadaran religius dan kepribadian murid sltp. In Prosiding the 1st UHAMKA International conference on islamic humanities and social science (pp. 278284).

Setiawan, A. (2017). Peran guru menurut perspektif ki hajar dewantara. UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2005). Mencerdaskan perilaku anak usia dini. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sutiana, M. A., Nandatia, R. P., Ayun, Q., Prayogi, A. R., & Imron, A. (2018). Pola pengasuhan anak pada keluarga TKW di kecamatan srengat kabupaten blitar. Jurnal Paradigma, 6(1), 16.

Wijirahayu, A., Diah, K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, 9(3), 171182.

Yuniastuti. (2014). Kehidupan sosial ekonomi tki dan tkw serta dampak sosial psikologis pendidikan anak. Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegaraan, 27(1), 6570.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.