Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini

Author


Rohmalina Rohmalina(1Mail), Ema Aprianti(2), Ririn Hunafa Lestari(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 305KB]

Published : 2020-11-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1040 times PDF Downloaded: 691 times

Abstract


Kemampuan lambang bilangan bagi anak usia dini penting dirangsang untuk memahami konsep matematika dijenjang pendidik selanjutnya. Akan tetapi pemahaman guru dalam mengajarkan matematika yang baik dan tepat masih kurang, sehingga dilakukan penelitian terkait dengan konsep bilangan terhadap pendekatan open-ended sebagai metode pembelajaran anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah anak-anak dari kelas A yang terbagi menjadi dua kelas dengan menggunakan lembar observasi sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test pada dua kelas memiliki kemampuan yang sama. Setelah diberikan treatment dan dilakukan post-test diperoleh perhitungan uji statistik menggunakan t-test bahwa terdapat perbedaan konsep bilangan anak usia dini setelah diberikan pembelajaran dengan pendekatan open-ended, sehingga anak usia dini mampu menyelesaikan konsep bilangan matematika yang bersifat abstrak melalui pembelajaran yang terbuka dengan memberikan kesempatan kepada anak dalam memecahkan masalah sendiri.

Keywords


pendekatan open-ended; konsep bilangan; anak usia dini

References


Arikunto. (2010). Prosedur penelitian atau pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Aubrey, C., Ghent, K., & Kanira, E. (2012). Enhancing thinking skills in early childhood. International Journal of Early Years Education, 20(4), 332348. https://doi.org/10.1080/09669760.2012.743102

Bacaan, S., & Tua, O. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 4-6 tahun.

Bjrklund, C. (2015). Pre-primary school teachers approaches to mathematics education in Finland. Varhaiskasvatuksen Tiedelehti Journal of Early Childhood Education Research, 4(2), 6992.

Chanifah, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Open-Ended Smp Sultan Agung Purworejo. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 12(3), 191196.

Danic, I., Japa, I. G. N., & Diputra, K. S. (2019). Penguatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Open-Ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 922. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Faridah, N., Novianti, E., & Kurniadi, Y. (2016). Pendekatan Eksploratif Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Farikhah, S., & Ariestina, H. (2020). Menelisik Kurikulum Paud: Kajian Fenomenologis Terhadap Kecenderungan Belajar Calistung Anak Usia Dini. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(2), 7794. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9058

Freiman, V. (2018). Complex and Open-Ended Tasks to Enrich Mathematical Experiences of Kindergarten Students (pp. 373404). https://doi.org/10.1007/978-3-319-73156-8_14

Keller, B. A., Hart, E. W., & Martin, W. G. (2001). Illuminating NCTMs Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 101(6), 292304. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17960.x

Lopes, C. E., Grando, R. C., & DAmbrosio, B. S. (2017). Experiences Situating Mathematical Problem Solving at the Core of Early Childhood Classrooms. Early Childhood Education Journal, 45(2), 251259. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0775-0

MaRifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 19. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7523

Maria Inawati. (2011). Meningkatkan minat mengenal konsep bilangan melalui metode bermain alat manipulatif. Jurnal Pendidikan, 16(Tahun ke10), 110. http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No16-Thn10-Juni2011.pdf#page=9

Ministry of Education and Culture of Republic Indonesia. (2014). National Standard of Early Children Education. 115.

Muin, A. (2016). Penerapan Pendekatan Open Ended Problems Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 206 Ujung Baru Kabupaten Soppeng. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2290

Munroe, L. (2015). The Open-Ended Approach Framework. European Journal of Educational Research, 4(3), 97104. https://doi.org/10.12973/eu-jer.4.3.97

Nasional, D. P. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. In Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 47(8), 868279. www.nctm.org

Nining Sri Ningsih. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas.

Nopayana, S., Rostika, D., & Ismail, M. H. (2018). Upava Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan Pada Anak Melalui Media Papan Flanel Modifikasi. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10545

Novianty, M. (2018). Learning Trajectories Based Inquiry Untuk Membangun Mathematical Knowledge for Teaching Guru Anak Usia Dini. Prisma, 7(2), 123. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.234

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurkamilah, M., Mirawati, M., & Arumsari, C. (2018). Disposisi Matematis Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok A PAUD Permata Hati Aisyiyah Tasikmalaya). Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1929. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.282

Rahman, T., Sumardi, S., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 118128. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167

Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 Tema : Menyonsong Transformasi Pendidikan Abad 21, 2015, 417420. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10172/6597

Ruseffendi, H. E. T. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian perkembangan anak usia dini. Bandung: Refika Aditama.

Winitri, R., & Nurani, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun ditinjau dari Pemahaman Guru Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 491501. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.402

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103


Refbacks

  • There are currently no refbacks.