Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19

Author


Isti Yuli Astuti(1Mail), Harun Harun(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 253KB]

Published : 2020-11-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 6948 times PDF Downloaded: 2231 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru dan orang tua dalam mendampingi kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) anak usia 4-6 tahun pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 6 subjek terdiri dari 3 guru dan 3 orang tua anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa dari kegiatan belajar dari rumah guru mendapatkan beberapa tantangan, diantaranya guru harus menyiapkan kegiatan yang menarik dan menyesuaikan bahan kegiatan di sekitar anak, stand by memantau kegiatan yang dilakukan anak melalui whatsapp, dan penilaian hanya melalui video/foto. Tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar diantaranya harus mengetahui dan mengatasi mood belajar anak, mengajak anak melakukan kegiatan belajar dengan suasana yang menyenangkan, serta dapat membagi waktu antara pekerjaan dan mendampingi anak belajar.

Keywords


tantangan guru dan orangtua; belajar dari rumah; anak usia dini, covid-19

References


Ali Nugraha. (2018). Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Issue 021). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azanella, L. A. (2020, April). Apa Itu PSBB hingga Jadi Upaya Pencegahan Covid-19? Editor : Inggried Dwi Wedhaswary. Kompas.Com.

Fadillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini - Google Books. Kencana; Prenada Media.

Fadlillah, M. (2014). PAUD Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Kencana.

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 2633. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8

Hasbi, M., Wahyuni, M., & Yuliantina, I. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Hasbi, M., Wardhani, L. K., & Widiyawati, E. (2020). Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126130. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107

Kurnia, T. (2020). Liputan6 Update 13 September 2020 26,6 Juta Kasus Covid 19 di Dunia 919 Ribu Meninggal.pdf. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/global/read/4354938/update-13-september-266-juta-kasus-covid-19-di-dunia-919-ribu-meninggal

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? In Public Health (Vol. 179, pp. A1A2). The Royal Society for Public Health. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mamun, M. A., Chandrima, R. M., & Griffiths, M. D. (2020). Mother and Son Suicide Pact Due to COVID-19-Related Online Learning Issues in Bangladesh: An Unusual Case Report. In International Journal of Mental Health and Addiction (pp. 14). International Journal of Mental Health and Addiction. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00362-5

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum, 1(2), 4152. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan- pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Nugraha, A., Ritayani, U., Siantiyani, Y., & Maryati, S. (2018a). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 50. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1849

Nugraha, A., Ritayani, U., Siantiyani, Y., & Maryati, S. (2018b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(021), 50.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). Pentingnya Bermain Bagi Anak. 132.

Puspitasari, R. (2016). Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward) terhadap Kemandirian Belajar Anak di TK Tunas Muda Karas Kabupaten Magetan Ta 2015/2016. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015 2015, November 2015, 5355.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 2950. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kogntif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Edu Publisher.

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, Dirumah Saja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.584

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Selwyn, N., Banaji, S., Hadjithoma-Garstka, C., & Clark, W. (2011). Providing a platform for parents? Exploring the nature of parental engagement with school Learning Platforms. Journal of Computer Assisted Learning, 27(4), 314323. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2011.00428.x

Sujarwo. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Keaksaraan. Iu, 114.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Universitas Negeri Padang Harus dapat Memberikan Kesempatan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 6782. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05 PEMBELAJARAN

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.