Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood

Author


Yenni Fitria(1Mail), Juwita Juwita(2),
Dosen FKIP Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia(1)
Dosen FKIP Universitas Dehasen Bengkulu, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 313KB]

Published : 2018-12-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1019 times PDF Full Text Downloaded: 1684 times

Abstract


Penanganan serius perlu dilakukan untuk mengatasi krisis moral yang terjadi di Indonesia. Salah satu cara yang diusung oleh pemerintah yaitu dengan memperbaiki sikap dan tingkah laku para pelajar melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter dilakukan disetiap jenjang pendidikan secara terintegrasi pada mata pelajaran. Guru memilih Video Blog (Vlog) sebagai media pembelajaran karakter karena kegemaran anak pada kegiatan menonton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan vidoe blog(Vlog) dalam pembelajaran karakter pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitiatif. Dari hasil penelitian, diketahui guru PAUD Multitalent Dehasen Bengkulu, memanfaatkan vidoe blog untuk pembelajaran karakter. Guru memanfaatkan video blog untuk memperlihatkan dan menerapkan bentuk nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh anak usia dini pada aktivitas keseharian mereka di sekolah. Tiga elemen penting yang dimanfaatkan guru dalam vlog tersebut adalah (1) Media berupa Video blog, (2) Kebahasaan, dan (3) Materi/isi. Dari ketiga elemen tersebut, guru memanfaatkannya untuk mempermudah dan membantu dalam pembelajaran karakter.


Keywords


vlog; character learning; early childhood

References


Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka. Essensi Erlangga Grup. Surabaya: Essensi Erlangga Grup.

Komputer, W. (2008). Langkah Mudah Mengembangkan dan Memanfaatkan Weblog. Yogyakarta:Andi Offset.

Mulyani, N. (2016). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Omar, N., Noh, M. A. C., Hamzah, M. I., & Majid, L. A. (2015). Multicultural Education Practice in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1941–1948. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.859

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(13 – 19).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61.

Ula, S. (2013). Revolusi Belajar (Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.