Studi pengembangan Psikolinguistik Anak dengan Game Interaktif Berbasis Role Playdi Taman Kanak-kanak Fadhillah Amal 3 Kota Padang

Author


Rakimahwati Rakimahwati(1Mail), Syahrul Ismet(2), Desmawati Roza(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 313KB]

Published : 2021-11-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 707 times PDF Downloaded: 412 times

Abstract


Perkembangan revolusi industri 4.0 yang sangat pesat dan tantangan pembelajaran anak usia dini abad 21 menyebabkan perkembangan psikolinguistik anak yang kurang optimal. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengembangan psikolinguistik anak usia dini menggunakan game interaktif berbasis role play game (RPG). Jenis penelitian ini yaitu menggunakan studi kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Fadhillah Amal 3 Kota Padang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis Milles and Hubberman, dengan tiga langkah: reduksi data, display data dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan : 1) pada tahap perencanaan, game interaktif berbasis RPG dirancang dengan mengintegrasikan ranah psikolinguistik dengan tema Pembelajaran, karakteristik anak serta lingkungan sosial, 2) pada tahap pelaksanaan, game interaktif berbasis RPG merangsang perilaku pengembangan psikolinguistik anak, 3) pada tahap evaluasi, game interaktif berbasis RPG menumbuhkan minat anak dalam pengembangan psikolinguistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa game interaktif berbasis role play membantu perkembangan psikolinguistik anak seperti mengenal bunyi huruf, arti kata, dan aturan kata atau kalimat.


Keywords


psikolinguistik; game interaktif; role play game

References


Borman, Rohmat Indra, and Idayanti Erma. 2018. "Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (VAK)." JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika) 3, no. 1: 8-16. https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586

Fakhruddin, Asef Umar. 2010. "Sukses Menjadi Guru TK-PAUD." Jogjakarta:Bening.

Fauziddin, Mohammad. 2017. "Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita Di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang." Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education 1, no. 1: 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.154

Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana:Jakarta.

Nurhafizah, Nurhafizah. 2017. "Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang." PEDAGOGI Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 3.

Rahayu, Sri Lestari, and Universitas Potensi Utama. 2018. "Penerapan Game Design Document Dalam Perancangan Game Interactive Education Games To Interest Students ' Interest In" 5, no. 3: 341-46. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Rakimahwati, Rakimahwati. 2018. "Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman." Early Childhood : Jurnal Pendidikan 2, no. 2b: 1-11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292

Roza, Desmawati, Nurhafizah Nurhafizah, and Yaswinda Yaswinda. 2020. "Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1: 277-83. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sapriani, Rzki. 2019. "Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0." Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741-54.

Setiawan, Andri, Henry Praherdhiono, and Suthoni Suthoni. 2019. "Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini." JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 6, no. 1: 39-44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2011. "Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini." Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Suryana, Dadan. 2013. "Pendidikan Anak Usia Dini. Padang." Padang:UNP Press.

Susanto, Ahmad. 2011. "Perkembangan Anak Usia Dini." Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. "Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini." Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Waspodo, Muktiono. 2012. "Pengembangan Profesional Berkelanjutan Bagi Guru PAUD." Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI 7, no. 1: 77-81. https://doi.org/10.21009/JIV.0701.7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.