Author
Euis Kurniati(1), Novita Sari(2), Nia Nurhasanah(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya Indonesia, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2021-06-16
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1278 times PDF Downloaded: 854 timesAbstract
Pemulihan pascabencana merupakan normalisasi kehidupan masyarakat yang terdampak bencana. Pada anak usia dini, kajian lebih difokuskan pada penanganan mengurangi trauma dengan berbagai pendekatan, sementara artikel ini menelaah pemulihan pascabencana dengan sudut pandang teori ekologi. Artikel ini ditulis dengan menggunakan kajian pustaka pada sumber yang terkait dengan pemulihan pasca bencana, teori ekologi dan anak usia dini. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemulihan pascabencana pada anak usia dini akan dipengaruhi oleh konteks lingkungan disekitar anak seperti keluarga, teman dan masyarakat termasuk situasi bencana yang dihadapi oleh anak sebagai transisi ekologi (ecological transition). Pemulihan pascabencana dalam sudut pandang teori ekologi menekankan pentingnya proses interaksi anak usia dini dengan lingkungan mikrosistem, ekosistem dan makrosistem. Anak usia dini yang menjalani proses pemulihan pascabencana perlu didorong untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dengan memperhatikan empat unsur interaksi yaitu processes, person, context dan time.
Keywords
References
Baggerly, J., & Exum, H. A. (2008). Counseling children after natural disasters: Guidance for family therapists. American Journal of Family Therapy, 36(1), 79-93. https://doi.org/10.1080/01926180601057598
Beach, M. (2010). Disaster Preparednes and Mana- gement. F.A. Davis CompanY.
BNPB. (2012). Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB). Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 15(1), 1-43.
BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). (2008). Perka BNPB Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pedoman Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana. Perka BNPB, 11(3), 463-466.
Bowman, S. L., & Roysircar, G. (2011). Training and Practice in Trauma, Catastrophes, and Disaster Counseling. The Counseling Psychologist, 39(8), 1160-1181. https://doi.org/10.1177/0011000010397934
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. Experiment by Nature and Design. Harvard University Press.
Bronfenbrenner, U., & Morris, P. (2006). The ecology of developmental processes. In Handbook of child psychology. Theoretical models of human development (Vol. 01, Issue 9, pp. 793-828).
Costello, E. J., Compton, S. N., Keeler, G., & Angold, A. (2003). Relationships between Poverty and Psychopathology: A Natural Experiment. Journal of the American Medical Association, 290(15), 2023-2029. https://doi.org/10.1001/jama.290.15.2023
Cupples, J. (2007). Gender and Hurricane Mitch: Reconstructing subjectivities after disaster. Disasters., 13(2), 155-175. https://doi.org/10.1111/j.1467-7717.2007.01002.x
Davis, M. J., & Parr, M. J. (2001). Trauma systems. Current Opinion in Anaesthesiology, 14(2), 185-189. https://doi.org/10.1097/00001503-200104000-00010
Geldard, K., Geldard, D., & Foo, R. Y. (2017). Counselling Children: A Practical Introduction (5th Edition). In SAGE Publications.
Goldsmith, R. E. (2014). Systemic Trauma. Journal of Trauma and Dissociation, 15(2), 117-132. https://doi.org/10.1080/15299732.2014.871666
Gosal, C., Tarore, R. C., & Karongkong, H. H. (2018). Analisis Spasial Tingkat Kerentanan Bencana Gunung Api Lokon di Kota Tomohon. Jurnal Spasial, 5(2), 229-237.
Greene, S., Morgan, M., McCrory, C., & McNally, S. (2014). Growing up in Ireland: National Longitudinal Study of Children. Office Of The Minister For Children And Youth Affairs. http://www.growingup.ie/fileadmin/user_upload/doc uments/1st_Report/Barcode_Growing_Up_in_Ireland_-_The_Lives_of_9-Year-Olds_Main_Report.pdf
Hastuti. (2016). Peran Perempuan dalam Menghadapi Bencana di Indonesia. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 14(2), 13-21. https://doi.org/10.21831/gm.v14i2.13812
Hayes, N., O'Toole, L., & Halpenny, A. M. (2017). Introducing bronfenbrenner, a guide for practitioners and sudents in early years education. Routledge.
https://doi.org/10.4324/9781315646206
Istriyani, R. (2018). Kontribusi Pemuda dalam Menjawab Permasalahan Sosial Ekonomi Pascabencana. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 315. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36815
Jordan, B., Perryman, K., & Anderson, L. (2013). A case for child-centered play therapy with natural disaster and catastrophic event survivors. International Journal of Play Therapy, 22(4), 219-230. https://doi.org/10.1037/a0034637
Kaplow, J. B., Saxe, G. N., Putnam, F. W., Pynoos, R. S., & Lieberman, A. F. (2006). The long-term consequences of early childhood trauma: A case study and discussion. Psychiatry, 69(4), 362-375. https://doi.org/10.1521/psyc.2006.69.4.362
Kousky, C. (2016). Impacts of natural disasters on children. Future of Children, 1(26), 73-92. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0004
Kulkarni, M., Pole, N., & Timko, C. (2013). Childhood victimization, negative mood regulation, and adult PTSD severity. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 5(4), 359-365. https://doi.org/10.1037/a0027746
Kurniati, E., Adriany, V., Mirawati, M., El-Seira, R. M., & Winangsih, I. (2020). Identifikasi Kesiapsiagaan Guru PAUD sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.388
Latipun. (2014). Pemulihan Trauma Berbasis Komunitas: Pengalaman Indonesia dalam Intervensi Trauma Massal. Jurnal Sains Dan Praktik Psikologi, 2(3), 278-285.
https://doi.org/10.22219/procedia.v3i1.2177
Lindell, M. K. (2013). Recovery and reconstruction after disaster. In Encyclopedia of Earth Sciences Series (pp. 812-824). https://doi.org/10.1007/978-1-4020-4399-4_285
Masten, A. S., & Narayan, A. J. (2012). Child development in the context of disaster, war, and terrorism: Pathways of risk and resilience. In Annual Review of Psychology (Vol. 63, Issue 1, pp. 227-257). https://doi.org/10.1146/annurev-psych-120710-100356
Mujahidah. (2015). Impementasi Teori Ekologi Bronfrenbreneur dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkualitas. Lentera, 2(IXX).
Ramli, S. (2011). Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Dian Rakyat.
Salloum, A., & Overstreet, S. (2012). Grief and trauma intervention for children after disaster: Exploring coping skills versus trauma narration. Behaviour Research and Therapy, 50(3), 169-179. https://doi.org/10.1016/j.brat.2012.01.001
Shalih, O. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana. Geospasial, 13(3), 12-14. https://doi.org/10.31227/osf.io/9yg4e
Wahyuni, E. N. (2017). Mengelola Stres Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Modification (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Baru Pendidikan Agama Islam (Pai) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Uin Maliki Malang). Tadrib, 3(1), 99-117. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1385
Wikipedia Ensiklopedia bebas. (2020). Bencana alam di Indonesia sejak tahun 2004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.