Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun

Authors

  • Zikra Hayati Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-9915-9908
  • Rani Puspa Juwita Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Ulfa Asmah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328

Keywords:

media big book prayer, religious moral activities.

Abstract

Analisis kebutuhan kurangnya media dalam mengembangkan religious anak, media berupa poster, majalah, menjadikan anak bosan, media tidak up to date dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian mengembangkan produk dan menganalisis kelayakan media big book prayer. Jenis penelitian adalah R&D. Subjek penelitian yaitu 15 orang anak dan 2 orang validator (ahli materi dan media). Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan lembar angket ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu melakukan perhitungan dari angket validasi produk, ahli materi dan media. Berdasarkan penilaian validasi materi big book prayer memperoleh hasil yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan validasi media mendapat skor 54, memperoleh hasil dengan kategori sangat layak. Hasil observasi religious anak mendapat hasil dalam kategori layak. Kesimpulan media big book prayer dapat mengembangkan religious anak 4-5 tahun dan dinyatakan valid, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452

Adinkrah, B. K., & Fosu-Ayarkwah, C. (2019). Approaches to teaching of values in religious and moral education in selected Colleges of Education in Ghana. Journal of Educational Development and Practice, 3(3), 151–168. https://doi.org/10.47963/jedp.v3i.948

Colville-Hall, S., & O’Connor, B. (2006). Using big books: A standards-based instructional approach for foreign language teacher candidates in a PreK-12 program. In Foreign Language Annals (Vol. 39, Issue 3, pp. 487–506). https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.2006.tb02901.x

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.

Hadi Astuti, N., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386

Handayani, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal melalui Media Big Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-007, 1--7. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/233

Hanim, A., & Karim, A. (2022). Exploring Muslim Pre-schoolers’ Religious Self-Identity, Moral Values and Reasoning: A Case Study in Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Advanced Research in Islamic and Humanities, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.55057/ijarih.2022.4.1.2

Idris, T., Wita, A., Rahmi, E., & Warmansyah, J. (2022). Ablution Skills in Early Childhood: The Effect of Big Book Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5549–5557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3185

Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31

Japar, M., Fadhillah, N. D., & Lakshita, G. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Jakad Publishing.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594

Kosasih, M., & Rahmaniah, F. (2014). Perilaku Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(1), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/921

Laily, E. K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Rangkah 1 Surabaya. Jpgsd, 6(10), 1801–1810. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24560

Latifah, A. (2019). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, VI(2), 141–155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7310

Latifah, A., & Suyadi. (2021). Media magic book untuk melatih perkembangan kognitif pada masa awal anak usia 2-3 tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 11–19. Latifah, A., & Suyadi, S. (2021, January 30). Media Magic Book untuk Melatih Perkembangan Kognitif pada Masa Awal Anak Usia 2-3 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 11-19. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/721

Lestaningrum, A. (2014). Pengaruh Penggunaan VCD Terhadap Nilai-nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Ana Usia Dini, 8(2), 195 - 206. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3578

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483

Mahayanti, N. W. S., Artini, L. P., & Jannah, N. (2017). The effect of big book as media on students’ reading comprehension at fifth grade of elementary school in SD Laboratorium Undiksha Singaraja. International Journal of Language and Literature, 1(3), 2549–4287. https://doi.org/10.23887/ijll.v1i3.12544

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27-34. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310

Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nawawi, A. (2018). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119–133. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1582

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Rausch, A. S. (2011). Picture Story Books in Elementary School English Education : Revisiting the Mechanisms of Transmediation. 弘å‰å¤§å­¦æ•™è‚²å­¦éƒ¨ç´€è¦, 15–22. https://cir.nii.ac.jp/crid/1050282677521225344

Safitri, E. (2022). Implementation of the Development of Moral Religious Values in Early Childhood Through Modeling Methods. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 31–42. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.11858

Santi, E.-A. (2020). Moral Development And Moral Values In Adolescence. Pro Edu. International Journal of Educational Sciences, 2(3), 28–36. https://doi.org/10.26520/peijes.2020.3.2.28-36

Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 379–391. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356

Septianti, F., & Hafidz, N. (2021). Strengthening Children’s Religious And Moral Values In Shamil And Dodo Cartoon Film. Child Education Journal, 3(1), 64–77. https://doi.org/10.33086/cej.v3i1.2109

Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48. https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5942

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Simiyu, K. A., & Stephen, W. K. (2021). Education towards Sound Moral Values and Religious Values in Kenya: A Philosophical Perspective. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(05), 73–77. https://doi.org/10.47772/ijriss.2021.5504

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta, cv.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Penerbit Alfabet Bandung.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Pertama). Kencana.

Wahyuningsih, Y., Sundari, N., Rustini, T., & Harsono, N. (2018). Big Book Sebagai Alat Pengembang Media Literacy Dalam Konteks Budaya Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10540

Withasari, Y. (2019). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 3(2), 21–41. https://doi.org/10.32923/nou.v3i2.1046

Yeni, I. (2018). Development of Moral and Religious Values for Children through Singing Themed Islamic Songs. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), 169(Icece 2017), 25–28. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.7

Downloads

Published

12-11-2022

How to Cite

Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328

Issue

Section

Articles