- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328Keywords:
media big book prayer, religious moral activities.Abstract
Analisis kebutuhan kurangnya media dalam mengembangkan religious anak, media berupa poster, majalah, menjadikan anak bosan, media tidak up to date dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian mengembangkan produk dan menganalisis kelayakan media big book prayer. Jenis penelitian adalah R&D. Subjek penelitian yaitu 15 orang anak dan 2 orang validator (ahli materi dan media). Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan lembar angket ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu melakukan perhitungan dari angket validasi produk, ahli materi dan media. Berdasarkan penilaian validasi materi big book prayer memperoleh hasil yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan validasi media mendapat skor 54, memperoleh hasil dengan kategori sangat layak. Hasil observasi religious anak mendapat hasil dalam kategori layak. Kesimpulan media big book prayer dapat mengembangkan religious anak 4-5 tahun dan dinyatakan valid, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452
Adinkrah, B. K., & Fosu-Ayarkwah, C. (2019). Approaches to teaching of values in religious and moral education in selected Colleges of Education in Ghana. Journal of Educational Development and Practice, 3(3), 151–168. https://doi.org/10.47963/jedp.v3i.948
Colville-Hall, S., & O’Connor, B. (2006). Using big books: A standards-based instructional approach for foreign language teacher candidates in a PreK-12 program. In Foreign Language Annals (Vol. 39, Issue 3, pp. 487–506). https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.2006.tb02901.x
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
Hadi Astuti, N., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386
Handayani, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal melalui Media Big Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-007, 1--7. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/233
Hanim, A., & Karim, A. (2022). Exploring Muslim Pre-schoolers’ Religious Self-Identity, Moral Values and Reasoning: A Case Study in Kuala Lumpur, Malaysia. International Journal of Advanced Research in Islamic and Humanities, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.55057/ijarih.2022.4.1.2
Idris, T., Wita, A., Rahmi, E., & Warmansyah, J. (2022). Ablution Skills in Early Childhood: The Effect of Big Book Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5549–5557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3185
Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31
Japar, M., Fadhillah, N. D., & Lakshita, G. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Jakad Publishing.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Kosasih, M., & Rahmaniah, F. (2014). Perilaku Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(1), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/921
Laily, E. K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Rangkah 1 Surabaya. Jpgsd, 6(10), 1801–1810. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24560
Latifah, A. (2019). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, VI(2), 141–155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7310
Latifah, A., & Suyadi. (2021). Media magic book untuk melatih perkembangan kognitif pada masa awal anak usia 2-3 tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 11–19. Latifah, A., & Suyadi, S. (2021, January 30). Media Magic Book untuk Melatih Perkembangan Kognitif pada Masa Awal Anak Usia 2-3 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 11-19. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/721
Lestaningrum, A. (2014). Pengaruh Penggunaan VCD Terhadap Nilai-nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Ana Usia Dini, 8(2), 195 - 206. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3578
Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483
Mahayanti, N. W. S., Artini, L. P., & Jannah, N. (2017). The effect of big book as media on students’ reading comprehension at fifth grade of elementary school in SD Laboratorium Undiksha Singaraja. International Journal of Language and Literature, 1(3), 2549–4287. https://doi.org/10.23887/ijll.v1i3.12544
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27-34. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310
Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nawawi, A. (2018). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119–133. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1582
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371
Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Rausch, A. S. (2011). Picture Story Books in Elementary School English Education : Revisiting the Mechanisms of Transmediation. 弘å‰å¤§å¦æ•™è‚²å¦éƒ¨ç´€è¦, 15–22. https://cir.nii.ac.jp/crid/1050282677521225344
Safitri, E. (2022). Implementation of the Development of Moral Religious Values in Early Childhood Through Modeling Methods. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 31–42. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.11858
Santi, E.-A. (2020). Moral Development And Moral Values In Adolescence. Pro Edu. International Journal of Educational Sciences, 2(3), 28–36. https://doi.org/10.26520/peijes.2020.3.2.28-36
Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 379–391. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356
Septianti, F., & Hafidz, N. (2021). Strengthening Children’s Religious And Moral Values In Shamil And Dodo Cartoon Film. Child Education Journal, 3(1), 64–77. https://doi.org/10.33086/cej.v3i1.2109
Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48. https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5942
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Simiyu, K. A., & Stephen, W. K. (2021). Education towards Sound Moral Values and Religious Values in Kenya: A Philosophical Perspective. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(05), 73–77. https://doi.org/10.47772/ijriss.2021.5504
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta, cv.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (kedua). Penerbit Alfabet Bandung.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Pertama). Kencana.
Wahyuningsih, Y., Sundari, N., Rustini, T., & Harsono, N. (2018). Big Book Sebagai Alat Pengembang Media Literacy Dalam Konteks Budaya Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10540
Withasari, Y. (2019). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 3(2), 21–41. https://doi.org/10.32923/nou.v3i2.1046
Yeni, I. (2018). Development of Moral and Religious Values for Children through Singing Themed Islamic Songs. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), 169(Icece 2017), 25–28. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.7