- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Manajemen Layanan Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis ICT pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2354Keywords:
manajemen layanan pembelajaran, ict, ptmt, audAbstract
Terpenuhinya manajemen layanan pembelajaran yang memadai dan bermutu ditengah masa pandemic untuk tumbuh kembang anak yang optimal sulit untuk dilakukan, diperlukan suatu inovasi strategi layanan berbasis (Information and communication technologies) ICT di Taman Kanak-kanak. Fokus penelitian ini mengkaji proses manajemen layanan pembelajaran berbasis ICT pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis terkait kegiatan proses manajemen layanan pembelajaran berbasis ICT pada masa pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan 1) analisis lingkungan, 2) formulasi strategi, 3) implementasi strategi, 4) evaluasi dan pengendalian strategi. Dengan demikian layanan pembelajaran berbasis ICT menjadi peluang dan tantangan dalam memberikan standar mutu yang tetap terjamin dalam pembelajaran tatap muka terbatas.
Downloads
References
Afsari, F., Rusdiyani, I., & Khosiah, S. (2022). Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun: Studi Masa Pandemi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 209-220. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-04
Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385-397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927
Ariawan, S. (2020). Building Critical Thinking in Covid-19 Pandemic Era: Impossible or I am Possible?. International Research Journal on Advanced Science Hub, 2(6), 127-130. https://doi.org/10.47392/irjash.2020.49
Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(12), 74-83. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104
Aulia, M., & Amra, A. (2021). Parent's Participation in Improving the Quality of Education in Elementary Schools. Journal of Islamic Education Students (JIES), 1(2), 58. https://doi.org/10.31958/jies.v1i2.3004
Harahap, Y., Nasution, N., & Lubis, F. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Jurnal LPPM UGN, 11(23), 76.
Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD (Studi Evaluatif di POS Paud Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155-162. https://doi.org/10.21009/JIV.1202.9
Hasyim, W., Suharyat, Y., & Noerhidayah. (2009). Impelementasi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-12. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/edukasi/article/view/690
Husna, M. (2022). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846-1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814
Idhayani, N., & Elviani, S. (2020). Layanan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Paud Ummusshabri Kota Kendari. Universitas Muhammadiyah Kendari.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372
Jannah, N., Nurhayati, N., & Naimah, N. (2021). Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1). http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12906
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Kerckaert, S., Vanderlinde, R., & van Braak, J. (2015). The role of ICT in early childhood education: Scale development and research on ICT use and influencing factors. European Early Childhood Education Research Journal, 23(2), 183-199. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1016804
Korat, O. (2010). Reading electronic books as a support for vocabulary, story comprehension and word reading in kindergarten and first grade. Computers & Education, 55(1), 24-31. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.11.014
Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka Di Tkk Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260
Mualim, R., & Saputra, M. F. (2021). Optimizing Online Learning during Covid 19 Pandemic in Junior High School. Journal of Islamic Education Students (JIES), 1(1), 19. https://doi.org/10.31958/jies.v1i1.3193
Nurdin, & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Pacheco, J. A. (2021). The "New Normal" in Education. Prospect, 51(1-3), 3-14. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09521-x
Pao-Nan, C., Chang, C.-C., & Chen, M.-Y. (2017). Let's draw: utilizing interactive white board to support kindergarten children's visual art learning practice. Journal of Educational Technology & Society, 20(4), 89-101.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3274
Rasmitadila, Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Reeves, T. C. (1998). The Impact of Media and Technology in Schools. Journal of The Journal of Art and Design Education, 2, 58-63.
Salman, I., Benyamin, P., & Wartoni, W. (2021). Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah. 1-8. https://doi.org/10.4108/eai.11-11-2020.2308302
Sari, D. N., Alfansuri, F. N., Aini, R. Q., Kapit, M. N., & Wulandari, A. T. (2021). Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Dan Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Akibat Pembelajaran Daring. Academica: Journal of Multidiciplinary Studies, 5(2).
Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108
Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251-267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404
Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 6.
Tanu, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Umam, M. K. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1-20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573
Wiyani, N. A. (2020). Menciptakan Layanan PAUD yang Prima Melalui Penerapan Praktik Activity Based Costing. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 175-186. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.175


