Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day

Authors

  • Maulidya Ulfah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Syekh nurjati Cirebon Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Keywords:

holistik integratif, anak usia dini, keluarga, paud

Abstract

Holistik integratif merupakan pendekatan yang memerlukan kesinambungan dan keselarasan layanan bagi anak usia dini. Kerjasama antar bebagai pihak sangat diperlukan untuk keberhasilan pendekatan holistik integratif dalam lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui gambaran pendekatan holistik dan integratif berbasis penguatan keluarga dan hasil penerapannya pada PAUD Full Day di Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah deksriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi secara terstuktur. Hasil penelitian yang dilakukan yakni ditemukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendekatan holistik integratif berbasis penguatan keluarga di KB TK ‘Aisyiyah Ahmad Dahlan Full Day Kota Yogyakarta dengan hasil yang sesuai standar dari Peraturan Presiden No 60 tahun 2013. Hal ini terlihat dari hasil pengumpulan data yang dilakukan meliputi lima layanan/program pelaksanaan yaitu pendidikan, pengasuhan, gizi, kesehatan dan perlindungan. Dukungan keluarga sebagai penyelenggaran pendidikan anak di rumah dan partisipasi aktif dalam kegiatan di sekolah menjadi faktor pendukung keberhasilan pendekatan holistik integratif pada PAUD full day

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.

Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.

Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.

Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

12-09-2019

How to Cite

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Issue

Section

Articles