- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255Keywords:
holistik integratif, anak usia dini, keluarga, paudAbstract
Holistik integratif merupakan pendekatan yang memerlukan kesinambungan dan keselarasan layanan bagi anak usia dini. Kerjasama antar bebagai pihak sangat diperlukan untuk keberhasilan pendekatan holistik integratif dalam lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui gambaran pendekatan holistik dan integratif berbasis penguatan keluarga dan hasil penerapannya pada PAUD Full Day di Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah deksriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi secara terstuktur. Hasil penelitian yang dilakukan yakni ditemukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendekatan holistik integratif berbasis penguatan keluarga di KB TK ‘Aisyiyah Ahmad Dahlan Full Day Kota Yogyakarta dengan hasil yang sesuai standar dari Peraturan Presiden No 60 tahun 2013. Hal ini terlihat dari hasil pengumpulan data yang dilakukan meliputi lima layanan/program pelaksanaan yaitu pendidikan, pengasuhan, gizi, kesehatan dan perlindungan. Dukungan keluarga sebagai penyelenggaran pendidikan anak di rumah dan partisipasi aktif dalam kegiatan di sekolah menjadi faktor pendukung keberhasilan pendekatan holistik integratif pada PAUD full day
Downloads
References
Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.
Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.
Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alimoeso, S. (2013). Panduan Pelaksanaan Kegiatan BKB yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan AUD Holistik Integratif. Jakarta: BKKBN.
Helmawati. (2014). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
KEMENDIKBUD. (2015a). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015b). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015d). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KEMENDIKBUD. (2015e). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


