Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Farida Mayar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ripa Natari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Herliana Cendana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Bebyi Riza Sativa Hutasuhut Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Suci Aprilia Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhikmah Nurhikmah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Keywords:

dongeng, kreativitas, anak usia dini

Abstract

Kreativitas memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dongeng dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan metode penelitian literature. Penelitian ini diperoleh dari sumber-sumber artikel jurnal yang ada selanjutnya dikumpulkan untuk ditelaah. Adapun 13 artikel jurnal yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendongeng dapat mengasah serta mengembangkan kreativitas anak dan minat anak dalam membaca. Sehingga jika dilakukan secara terus-menerus dengan cara yang tepat maka akan membentuk kreativitas anak dan dapat berkembang dengan lebih maksimal. Berdongeng baik untuk pembentukan kreativitas, karakter maupun kecerdasan majemuk anak di kemudian hari. Kegiatan mendongeng dapat dilakukan dengan boneka tangan, buku, ataupun alat digital. Mendongeng juga dapat divariasikan dengan kegiatan lain seperti bernyanyi ataupun bermain sehingga menambah imajinasi anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Farida Mayar, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Dosen pascasarjana paud universitas negeri padang

Ripa Natari, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Herliana Cendana, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Bebyi Riza Sativa Hutasuhut, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Suci Aprilia, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Nurhikmah Nurhikmah, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

References

Abidin, Y. (2018). Strategi Mendongeng Kreatif, Cerdas, Dan Edutaimen. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10379

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Catala, A., Theune, M., Gijlers, H., & Heylen, D. (2017). Storytelling as a creative activity in the classroom. C and C 2017 - Proceedings of the 2017 ACM SIGCHI Conference on Creativity and Cognition, June, 237-242. https://doi.org/10.1145/3059454.3078857

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Tk Waringin Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).

Fadhli, M. (2018). Dongeng untuk Anak Usia Dini: Menginspirasi Tanpa Menggurui. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini 2015 | PPS PAUD UNESA, February.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76-149.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903-917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Hanafi. (2017). Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng. In Jurnal Pendidikan Karakter "JAWARA" (JPKJ) (Vol. 3, Issue 2, pp. 117-128).

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020-2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, S., & Nurfalah, Y. (2008). Strategi Pembelajaran Paud Melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik Paud. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 3(2), 198-203. https://doi.org/10.21009/JIV.0302.11

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-8. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.385

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Mayar, F., Herwati, Y., & Misrayeti, M. (2019). Urgensi Penyelenggaraan Perlindungan Anak Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1385-1388.

Miranda, D. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di KotaPontianak. Jurnal of Prospective Learning, 1(1), 60-67.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, cet ke-2 (Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Rineka Cipta.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34

Purnama, S., Ulfah, M., Ramadani, L., & ... (2022). Digital Storytelling Trends in Early Childhood Education in Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.161.02

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111-123.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134-2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Setiawan, E., Dewi, M. S., & ... (2020). Story Telling Melalui Daring Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1) 163-173. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/10851

Sumardani, Y. F., & Muhid, A. (2020a). Efektivitas Mendongeng Dalam Meningkatkan Kreativitas Verbal Anak Usia Prasekolah. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2), 153-163. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11749

Sumardani, Y. F., & Muhid, A. (2020b). Efektivitas Mendongeng dalam meningkatkan Kreativitas Verbal Anak Usia Prasekolah. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2), 153-163. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11749

Turahmat, Wardani, O. P., & Wijayanti, R. (2019). Storytelling Pada Peserta Didik Tk Senyiur Indah Semarang Bermuatan Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 176. https://doi.org/10.30659/j.7.2.176-186

Tyasrinestu, F. (2019). Lagu anak dan dongeng sebagai media pembelajaran kreatif anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY, 1(1), 39-43.

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449-1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Downloads

Published

14-06-2022

How to Cite

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Issue

Section

Articles