- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.338Keywords:
pendidikan matematika realistic, bilangan cacah, anak usia diniAbstract
Pendidikan matematika realistik adalah salah satu alternative pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih untuk meningkatkan hasil belajar, karena pendekatan ini akan mampu menjembatani proses pembelajaran matematika yang abstrak menjadi mudah dan terasa manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini dengan menggunakan pendekatan PMR. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model siklus dari Jean McNiff. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar pemahaman konsep bilangan dan pembelajarannya di PAUD selama menggunakan PMR di PGPAUD UPI Kampus Purwakarta terkategori baik sekali, yang diperlihatkan oleh hasil pengamatan berkategori baik sekali (88% kategori A) dan (2) Hasil belajar pemahaman konsep bilangan dan pembelajarannya di PAUD sesudah menggunakan PMR mengalami kemajuan yang sangat baik, yang diperlihatkan pada pengerjaan lembar tugas dijawab dengan benar.
Downloads
References
Cobb, P., Zhao, Q., & Visnovska, J. (2008). Learning from and Adapting the Theory of Realistic Mathematics education. Éducation et Didactique. https://doi.org/10.4000/educationdidactique.276
Indira, T., Somakim, S., & Susanty, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.25
Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wijayanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.
Matematika, F. upi. education/jurna. teori pembelajaran. (2015). Teori Pembelajaran Matematika Menurut Dienes. Teori Pembelajaran Matematika menurut Dienes Abstrak. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259
Noyes, A. (2007). Rethinking school mathematics. In Rethinking School Mathematics. https://doi.org/10.4135/9781446213506
Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. MaPan. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10
Potter, L. W., & Wheeler, R. E. (1968). Modern Mathematics: An Elementary Approach. The Mathematical Gazette. https://doi.org/10.2307/3612737
Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3757
Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia : konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. https://doi.org/10.1080/00405000.2015.1133105
Soegandini, S., & Anugraheni, I. (2017). Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Teori Dienes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1222
Supardi, S. (2015). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif. https://doi.org/10.1007/s00227-007-0640-1
STreffers, A. (1987). Three dimensions A Model of Goal and Theory Description in Mathematucs Instruction - The Wiskobas Project. In D Reidel Publishing Company. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05957-0_4
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Wiajayanti, ratna diiyah dan ni’matul istiqomah. (2017). Classroom Action Research. Implementation of Learning Model Talking Stick With Crossword Puzzle Model to Increase IPS Integrated Learning Outcomes. https://doi.org/10.17977/um099v1i12017p36
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik. In Yogyakarta: Graha Ilmu. https://doi.org/10.1016/j.ijrobp.2008.02.054
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://doi.org/10.21009/jpd.061.11
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228