Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tahu Terguri Bagi Guru PAUD

Authors

  • Kartini Kartini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia
  • Suyatmin Suyatmin Pendidikan Jasmani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3400

Keywords:

rancangan pembelajaran, aplikasi tahu terguri, guru paud

Abstract

Latar belakang penelitian adalah guru mengalami kesulitan dalam sistematika rancangan pembelajaran, meliputi: Program Tahunan, Program Semester, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi yang dapat membantu guru dalam merancang perangkat pembelajaran. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan terdiri dari sepuluh tahap:  Studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan terbatas, revisi uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, revisi hasil uji lapangan, uji kelayakan, revisi hasil uji kelayakan, diseminasi dan sosialaisasi produk akhir. Uji coba produk skala kecil dilakukan di tiga PAUD dengan jumlah responden sebanyak  6 guru sedangkan pada uji coba skala besar dilakukan di lima PAUD dengan jumlah responden sebanyak 10 guru. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara dan angket. Teknik Analisis data penelitian yakni analisis desktiptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan rancangan pembelajaran berbasis aplikasi Tahu Terguri layak digunakan dan dapat diproduksi massal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, S., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan, 7(2), 194–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a3

Alkahtani, K. D. F. (2013). Teachers’ Knowledge and Misconceptions of Attention Deficit/Hyperactivity Disorder. Psychology, 04(12), 963–969. https://doi.org/10.4236/psych.2013.412139

Assyauqi, M. I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Digital Untuk Anak Berusa Dini. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 23–32. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Crowther, I. (2005). Introduction To Early Childhood Education: A Canadian Perspective (6th ed.). Wadsworth.

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1)(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. In Kementerian Pendidikan Nasional (Vol. 8, Issue 33, p. 37). http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Kiboss, J. K. (2011). Influence of E-Learning Environment Program on Pupils’ Instructional Approaches in Physics Measurement Lessons in Kenyan Secondary Schools. Creative Education, 02(03), 244–251. https://doi.org/10.4236/ce.2011.23033

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356

Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management, 21(4), 233–241. https://doi.org/10.1080/1097198X.2018.1542262

Pangestu, W. T. (2021). The Effort of Developing Students ’ Creative Thinking Ability in Elementary School : Needs Analysis. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 466–472. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/32566

Qurohman, M. T., Sungkar, M. S., & Abidin, T. (2019). Development of mathematics learning application based on android. Jurnal Pedagogik, 6(2), 475–513. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view//3912

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rando, A. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(April), 62.

Winata, R. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi, 60. https://repository.uin-suska.ac.id/1216/1/2013_2013117TF.pdf

Downloads

Published

17-11-2022

How to Cite

Kartini, K., & Suyatmin, S. (2022). Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tahu Terguri Bagi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6675–6689. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3400

Issue

Section

Articles