- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tahu Terguri Bagi Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3400Keywords:
rancangan pembelajaran, aplikasi tahu terguri, guru paudAbstract
Latar belakang penelitian adalah guru mengalami kesulitan dalam sistematika rancangan pembelajaran, meliputi: Program Tahunan, Program Semester, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi yang dapat membantu guru dalam merancang perangkat pembelajaran. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan terdiri dari sepuluh tahap:  Studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan terbatas, revisi uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, revisi hasil uji lapangan, uji kelayakan, revisi hasil uji kelayakan, diseminasi dan sosialaisasi produk akhir. Uji coba produk skala kecil dilakukan di tiga PAUD dengan jumlah responden sebanyak 6 guru sedangkan pada uji coba skala besar dilakukan di lima PAUD dengan jumlah responden sebanyak 10 guru. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara dan angket. Teknik Analisis data penelitian yakni analisis desktiptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan rancangan pembelajaran berbasis aplikasi Tahu Terguri layak digunakan dan dapat diproduksi massal.
Downloads
References
Agung, S., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan, 7(2), 194–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a3
Alkahtani, K. D. F. (2013). Teachers’ Knowledge and Misconceptions of Attention Deficit/Hyperactivity Disorder. Psychology, 04(12), 963–969. https://doi.org/10.4236/psych.2013.412139
Assyauqi, M. I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Digital Untuk Anak Berusa Dini. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 23–32. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378
Crowther, I. (2005). Introduction To Early Childhood Education: A Canadian Perspective (6th ed.). Wadsworth.
Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1)(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. In Kementerian Pendidikan Nasional (Vol. 8, Issue 33, p. 37). http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf
Kiboss, J. K. (2011). Influence of E-Learning Environment Program on Pupils’ Instructional Approaches in Physics Measurement Lessons in Kenyan Secondary Schools. Creative Education, 02(03), 244–251. https://doi.org/10.4236/ce.2011.23033
Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management, 21(4), 233–241. https://doi.org/10.1080/1097198X.2018.1542262
Pangestu, W. T. (2021). The Effort of Developing Students ’ Creative Thinking Ability in Elementary School : Needs Analysis. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 466–472. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/32566
Qurohman, M. T., Sungkar, M. S., & Abidin, T. (2019). Development of mathematics learning application based on android. Jurnal Pedagogik, 6(2), 475–513. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view//3912
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Rando, A. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p1-12
Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385
Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(April), 62.
Winata, R. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi, 60. https://repository.uin-suska.ac.id/1216/1/2013_2013117TF.pdf