Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Author


Novia Budhiarini Darmawati(1Mail), Choiriyah Widyasari(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta,, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta,, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 353KB]

Published : 2022-11-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2246 times PDF Downloaded: 1175 times

Abstract


Perkembangan fisik motorik menjadi faktor penting dalam perkembangan individu secara keselurahan, untuk itu guru mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan melakukan berbagai aktivitas yang bisa menstimulus dan mengembangkan kemampuan motorik kasar. Studi ini bertujuan guna mengungkap bagaimana peran permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus secara kualitatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi beberapa tahapan yakni reduksi dan penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil studi ini menyimpulkan ketarampilan motorik kasar anak usia dini bisa dikembangkan melalui permainan tradisional Engklek dengan terpenuhinya beberapa indikator yaitu anak mampu menjaga keseimbangan tubuh, dapat menjaga kekuatan tubuh saat bermain, dan dapat bermain dengan lincah.


Keywords


anak usia dini; motorik kasar: permainan tradisional engklek

References


Adpriyadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 187 – 198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230.

Anggraeni, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JECCE: Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 18-25. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15916

Desvarosa, E. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bina Guna. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/5042

Devana, M. C. (2018). Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Paud Nurul Islam Bumi Waras Bandar Lampung. Skripsi. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/2872

Dharmamulya, S. (2012). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel. Press.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717-733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368.

Hassani, F., Shahrbanian, S., Shahidi, S. H., & Sheikh, M. (2020). Playing games can improve physical performance in children with autism. International Journal of Development Disabilites, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.1080/20473869.2020.1752995.

Hayati, F., & Fatimah. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Bakiak di Kelompok B TK Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Jurnal Buah Hati, 6(1), 53-61. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/932

Hurlock, Elizabeth. (2011). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2017). The Implementation of Traditional Games to Improve the Social Emotional Early Childhood. EST: Journal of Educational Science and Technology, 3(3), 178-184. https://doi.org/10.26858/est.v3i3.421.

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook(3rd ed.). Sage.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, H. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(2), 86 – 96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.

Murtini. 2012. Peningkatan Motorik Kasar Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kelompok B TK Pertiwi 1 Jomboran Klaten Tengah Tahun 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Nissa, A. K., Agustini, F., & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Permainan Tradisional Engklek terhadap Keaktifan Belajar PPKn Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karangmulyo Kendal. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1), 45 – 55. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i1.350.

Pratiwi, Hajar. 2011. Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Lompat Tali di TK ABA Karanganom Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Puspitowati, Sri Prihatini, 2012. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali pada Kelompok B di TK Pertiwi Sribit Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Rochmani, I. U., & Surtikanti, S. H. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional “Engklek” Terhadap Perkembangan Motorik Anak Di TKIT Baiturrahman Prambanan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/590

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332.

Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020/. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73–80. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/230

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.

Westendorp, M., Hartman, E., Houwen, S., Smith, J., & Visscher, C. (2011). The relationship between gross motor skills and academic achievement in children with learning disabilities. Research in Developmental Disabilities, 32(6), 2773–2779. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2011.05.032.

Widarto, D. A. S., Sugiharto, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Play & Games dengan Mendengarkan Musik terhadap Perkembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14575.

Yuliyana. 2011. Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor di Play Group Masithoh Kedunglengkong Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011.Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Physical Activity in Children’s Health and Cognition, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.