- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Persepsi Mahasiswa PAUD Terhadap Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship dalam Kesiapan Menghadapi Tantangan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3572Keywords:
persepsi mahasiswa, kemampuan entrepreneurship, tantangan era digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa PAUD terhadap pentingnya kemampuan entrepreneurship dalam kesiapan menghadapi tantangan di era digital. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2022. Sampel penelitiannya adalah 66 mahasiswa Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PG-PAUD FKIP UNIB sebagai sampel dalam penelitian ini memiliki persepsi bahwa kemampuan entrepreneurship dalam kesiapan menghadapi tantangan di era digital itu penting.
Downloads
References
Aliah, S., Trihantana, R., & Suryani, E. (2021). Penyuluhan Pentingnya Peranan Keluarga Terhadap Pengembangan Minat Berwirausaha Ekonomi Dan Bisnis Islam Dalam Diri Seorang Anak. Sahid Empowerment Journal, 1(1), 77–91.
Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. Https://Doi.Org/10.31334/Jks.V2i2.736
Aryantiningsih, D. S., & Suryani, L. (2021). Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship Bagi Anak Panti Asuhan As-Salam. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 147–158.
Budiwibowo, A. K., & Nurhalim, K. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C. Journal Of Nonformal Education, 2(2), 168–174.
Budiyati, E. (2021). Peningkatan Jiwa Entrepreneurship Bagi Siswa Smk. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (Jipemas), 4(3), 440. Https://Doi.Org/10.33474/Jipemas.V4i3.11270
Diawati, P., Mulyati, E., Yusril, Suparno, & Bambang. (2022). Ekosistem Kewirausahaan Dalam Membangun Mindset Kewiraushaan Di Era Digital Pada Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2071–2078.
Elizar. (2018). Pengembangan Program Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Elsa, 16(1), 22–32.
Hamdan, H. (2019). Model Pengembangan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Membentuk Entrepreneur Di Era Ekonomi Digital. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 59–68. Https://Doi.Org/10.26905/Jmdk.V7i1.2548
Hapsari, N. R., & Nurhajijah, S. (2020). Apakah Wirausaha Wanita Siap Dalam Menghadapi Era Digital? Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Industri, 2(2), 20–24. Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V2i2.19
Harkins, A. M. (2008). Leapfrog Principles And Practices : Futures Research Quarterly, Vol 24(1), 1–15.
Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., Harti, H., & Izzuddin, M. G. (2021). Implementasi Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Entrepreneurial Mindset Dan Entrepreneurial Skills Pada Siswa Smk Nurul Islam. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 197. Https://Doi.Org/10.30588/Jmp.V11i2.885
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–152.
Lim, & Andryan, C. (2016). Pengaruh Pengetahuan Dan Self Efficacy Terhadap Niat Entrepreneurship Mahasiswa Universitas Ciputra. Jurnal Manajemen Dan Start - Up Bisnis, 1(3), 349–357.
Mariana, L., Yuliani, N. F., Rachman, S., Indarwati, I., & Siswanto, A. (2021). Pemberian Motivasi Entrepreneurship Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Mandalle Kabupaten Gowa. Jurnal Ipmas, 1(1), 30–36.
Masni, H., Rahima, A., & Hutabarat, Z. S. (2021). Implementasi Penanaman Kesadaran Pentingnya Keterampilan Soft Skills Entrepreneurship Wadah Pengembangan Fkip Unbari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 9(2), 52–62.
Ni’mah, F. U., Siswandari, & Idrawati, C. D. S. (2018). Pentingnya Karakter Teacherpreneur Dalam Memengaruhi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Bagi Guru Smk Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Education And Development, 5(1), 67–74.
Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings Of The Icecrs, 2(1), 281–285. Https://Doi.Org/10.21070/Picecrs.V2i1.2382
Rahayuni, I. (2019). Menumbuhkan Mental Entrepreneur Pada Mahasiswa Pgsd Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma …, 2017, 121–130. Https://Stahnmpukuturan.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Dharmaacarya/Article/Viewfile/176/169
Sandri, S. H., Busyro, W., Samsiah, S., & Bakaruddin, B. (2017). Meningkatkan Kualitas Masyarakat Dengan Entrepreneurship. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(1), 62–66. Https://Doi.Org/10.37859/Jpumri.V1i1.37
Sumarno, S., & Gimin, G. (2019). Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 1. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.12557
Suprayitno, & Sutarno. (2022). Pentingnya Jiwa Wirausaha Untuk Masuk Dunia Bisnis Di Era Pandemi Covid 19 , Bagi Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( Pkk ) Di Surakarta. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 172–176.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Zaenal Arifin. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitianzaenal Arifin. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.†Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics) 2(1): 28–36. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 2(1), 28–36.