Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak

Author


Devi Maudyta(1Mail), Aslamiah Aslamiah(2), Erny Wahdini(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Ireland(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 441KB]

Published : 2023-03-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 830 times PDF Downloaded: 462 times

Abstract


Bahasa adalah alat komunikasi yang berbentuk simbologi berbasis suara yang dihasilkan oleh pita suara manusia. dapat dilihat sebagai sarana untuk mengekspresikan ide yang muncul ke pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perhatian orang tua, tingkat pendidikan, pola komunikasi, dan kemampuan berbicara, serta pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan berbicara jika dikaitkan dengan pola komunikasi tidak langsung. Analisis jalur digunakan dalam teknik penelitian ini sebagai strategi deskriptif kuantitatif. Ada 124 orang tua dalam sampel penelitian. Dalam penelitian ini, observasi, dokumentasi, dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis peta frekuensi, analisis regresi berganda, dan analisis rute digunakan untuk menguji hipotesis. Menurut temuan penelitian, kemampuan berbicara, perhatian orang tua, kebiasaan komunikasi, dan tingkat pendidikan semuanya berpengaruh


Keywords


pendidikan orang tua; perhatian orang tua; kemampuan berbicara anak

References


Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104–116. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/708#

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Isnaeni, D., Suherman, S., & Hanafi, S. (2020). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Peyediaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 7(1), 1–18. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/10672

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan keterlambatan berbicara (speech delay). Preschool, 2(2), 206–216. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/12026

Komalasari, W. (2019). Hubungan Pekerjaan Dan Pendidikan Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2018. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, 8(4). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1397

Liansari, V. (2017). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru Vevy Liansari ( Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman p. Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5(2), 159–164. https://doi.org/10.21070/kanal.v5i2.1485

Martin, M., & Tawila, N. (2018). Analisis Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 217. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.940

Muryanti. (2016). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021308055-2016. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55130/Hubungan-Antara-Tingkat-Pendidikan-Tingkat-Pendapatan-dan-Pola-Asuh-Orang-Tua-dengan-Perkembangan-Bahasa-pada-Anak-Usia-3-4-Tahun-di-Kecamatan-Nogosari-Kabupaten-Boyolali

Nursalam, N., & Nawir, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2798

Sari, D., Pohan, V., & Shobirun. (2012). Hubungan Antara Komunikasi dalam Keluarga Dengann perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah Di TK Tunas Rimba Mranggen Demak. Keperawatan.

Sunain, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2), 160–176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942

Tanjung, P. S., Izzati, & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380–3386. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/854/777

Zubaidah, E. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyyakarta, 1–142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.