Author
Ike Junita Triwardhani(1), Dewi Mulyani(2), Raditya Pratama(3),
Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia(2)
Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-03-27
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1016 times PDF Downloaded: 491 timesAbstract
Anak merupakan pewaris peradaban. Mereka perlu dipersiapkan guna melanjutkan nilai-nilai luhur menjadi penerus. Untuk itu anak-anak perlu mengenal lingkungan dirinya, memahami sosial dan budaya sebagai jari dirinya. Pengenalan budaya dalam bingkai literasi budaya perlu dilakukan kepada anak-anak agar mereka mamahami budaya leluhurnya yang penuh dengan nilai kearifan. Desa Jatisura memiliki karifan lokal salah satunya memuliakan tanah sehingga menjadi sumber kehidupan dan penghidupan masyarakatnya. Hal ini perlu diwariskan kepada anak-anak di Jatisura. Proses literasi budaya ini penting untuk diteliti dengan tujuan untuk mengungkap pengembangan literasi budaya lokal di desa Jatisura. Informasi digali dari sejumlah informan yaitu kepala Desa, tokoh masyarakat, JAF, Guru dan masyarakat. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi untuk mengungkap proses literasi budaya lokal di desa Jatisura. Hasil penelitian mengungkap bahwa upaya literasi budaya lokal di Desa Jatisura dilakukan dengan inisiasi JAF (Jatiwangi Art Factori) yang mengajarkan nilai-nilai kearifan lokal dalam rangka literasi budaya melalui : (1) Program Edukasi; (2) Wahana Ekspresi; (3) Apresiasi Karya; (4) Identifikasi nilai-nilai kearifan lokal; dan (5) Implementasi nilai-nilai kearifan lokal.
Keywords
References
Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Universitas Terbuka, 1-12.
Amaliah, D. (2016). Pengembangan Muatan Lokal Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA". https://eprints.uny.ac.id/21929
Aslan, A. (2017). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Pantang Larang Suku Melayu Sambas. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 16(1), 11–20. https://doi.org/10.18592/jiiu.v16i1.1438
Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 7–16. ttps://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Barratt-Pugh, C., & Rohl, M. (Eds. . (2020). Literacy learning in the early years. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003116325
Desyandri, D. (2018). Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Gerlach, V. S., Ely, D. P., & Melnick, R. (1980). Teaching and media. Prentice-Hall.
Hadi, I. A. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. INSPIRASI (Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam), 4(2), 179-195. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/197
Hikmawati, H., Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2021). Ethnoscience-Based Science Learning Model to Develop Critical Thinking Ability and Local Cultural Concern for Junior High School Students in Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 60-66. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.530
Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2016). Literasi dini melalui teknik bernyanyi. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 3(1), 70-91. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/1720
Kemendikbud (2016). Gerakan Literasi untuk Tumbuhkan Budaya Literasi. Media Komunikasi dan Informasi “Jendela” Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud.
Lukito, Y. N., & Nugroho, R. S. (2021). Fabricating Culture through Spatial Practices: Rampak Genteng Festival in the Former Jatiwangi Sugar Factory, West Java, Indonesia. ISVS E-journal, 8(3), 17-33. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/fabricating-culture-through-spatial-practices-rampak-genteng-fest
Mareza, L. (2017). Pendidikan seni budaya dan prakarya (SBdP) sebagai strategi intervensi umum bagi anak berkebutuhan khusus. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 35-38. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 426–436. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Masten, A. S., & Shaffer, A. (2006). How families matter in child development: Reflections from research on risk and resilience. Families Count: Effects on Child and Adolescent Development, 5–25. https://doi.org/10.1017/CBO9780511616259.002
Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas kajian kearifan budaya lokal di sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. Kudus: Universitas Muria Kudus, 1(4), 36-41. https://eprints.umk.ac.id/11997
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi Dini dengan Teknik Bercerita. FamilyEdu, 3(1), 20–28. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/5887
Rusli, D. (2021). Pengaruh Budaya Terhadap Perkembangan Theory-of-Mind Pada Anak-anak Di Sumatera. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 12(Budaya), 36–47. https://doi.org/10.24036/rapun.v12i1.112241
Suarmini, N. W., Rai, N. G. M., & Marsudi, M. (2016). Karakter Anak Dalam Keluarga Sebagai Ketahanan Sosial Budaya Bangsa. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 9(1), 78-95. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1280
Sujai, A., Sapari, Y., & Kamaluddin, M. (2018). Komunikasi Budaya Musik Tanah Liat Komunitas JAF. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1). https://doi.org/10.32534/jike.v1i1.49
Susiati, S., Masniati, A., & Iye, R. (2021). Kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Remaja Di Desa Waimiting Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 8–23. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.747
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 373-382. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
UNESCO Institute for Statistics. (2013). Adult and youth literacy: National, regional and global trends, 1985–2015. UNESCO Institute for Statistics.
Refbacks
- There are currently no refbacks.