Perbedaan Tingkat Konsentrasi dalam Penyelesaian Puzzle oleh Anak Usia 3-4 Tahun antara yang Merangkak dan Tidak Merangkak

Author


Nur Zahratin Nafisah R(1Mail), Amir Syamsudin(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 380KB]

Published : 2023-05-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 444 times PDF Downloaded: 207 times

Abstract


Fase merangkak anak berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat belajar, karena konsentrasi merupakan pemusatan pikiran terhadap suatu objek tertentu yang membutuhkan fungsi otak. Tujuan penelitian menganalisis perbedaan tingkat konsentrasi anak usia 3-4 tahun yang melewati fase merangkak dan tidak merangkak dalam menyelesaikan puzzle. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan sampel penelitian sebanyak 47 responden yang diambil sesuai dengan kriteria sampel (Purposive Sampling). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat konsentrasi dalam menyelesaikan puzzle pada anak usia 3-4 tahun yang melewati fase merangkak dan tidak melewati fase merangkak. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat konsentrasi anak usia 3-4 tahun dalam menyelesaikan puzzle antara anak yang melewati fase merangkak dan tidak merangkak. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah perlunya meningkatkan pengetahuan atau wawasan kepada orang tua dan guru mengenai tahapan perkembangan anak khususnya fase merangkak


Keywords


fase merangkak; tingkat konsentrasi; permainan puzzle

References


Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Agustina, N. (2018). Perkembangan peserta didik. Deepublish.

An-Nisa, H., Souvriyanti, E., & Arifandi, F. (2021). Pengaruh Pemberian ASI Eksklusif dan ASI Non Eksklusif Terhadap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan di Rumah Sakit YARSI Jakarta dan Tinjaunnya Menurut Pandangan Islam. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i1.513

Arafat, Y., Kurniati, D., & Fahmi, F. (2022). Dinamika Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Klasik Menuju Revolusi Industri 5.0. Hijri, 11(1), 113–123. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i1.11842

Ardianto, T., & Kurniasari, L. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan dan status pekerjaan ibu dengan deteksi dini ADHD pada anak usia 5-7 tahun studi di Puskesmas Air Putih Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 1(1), 254–261. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/426

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Azizah, M. J. (2021). Perbandingan Efektivitas Alat Stimulasi Berjalan Moon Walker dan Baby Walker Terhadap Motorik Kasar Anak 9-15 Bulan di PMB Hasrany Jagabaya Kota Bandar Lampung Tahun 2021 [Poltekkes Tanjungkarang]. https://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/828

Chico-Morales, I. J., Narváez-Pupiales, S. K., Umaquinga-Criollo, A. C., & Rosero-Montalvo, P. D. (2022). Application of embedded accident prevention system for in- fant crawling stage in intelligent textiles. Wearable Technology, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.54517/wt.v3i1.1662

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain. http://eprints.undip.ac.id/51629/1/Dinie_Ratri_-_Buku_Psikologi_ABK_2016.pdf

Dina, F., Amsal, A., & Dina, A. (2019). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Puzzle Lantai Di Paud Nurul Hidayah Desa Lampuuk Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(1), 21–28. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15243

Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103

Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonfomarl, 1(2). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379

Elisanti, A. D. (2017). Perkembangan Kemampuan Berjalan Anak Usia 9-15 Bulan Yang Menggunakan Alat Bantu Berjalan (Baby Walker) Di Puskesmas Bungah Gresik. https://osf.io/gt5ck

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Fitri, M. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan moral pada anak usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Gao, Z., Chen, L., Xiong, Q., Xiao, N., Jiang, W., & Liu, Y. (2018). Degraded Synergistic Recruitment of sEMG Oscillations for Cerebral Palsy Infants Crawling. 9(September), 1–12. https://doi.org/10.3389/fneur.2018.00760

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Konitif Menurut “Jean Piaget” dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Herbert, J., Gross, J., Psikologi, D., Sheffield, U., Psikologi, D., Otago, U., & Baru, S. (2007). e Merangkak dikaitkan dengan pengambilan memori yang lebih fleksibel oleh bayi berusia 9 bulan. Ilmu Perkembangan, 10(2), 183–189. https://doi.org/10.1111/j.1467-7687.2007.00548.x

Ilato, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menyusun Sebuah Gambar Melalui Permainan Puzzle Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di RA AT-TAQWA Matayanagan. KIDSPEDIA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 1–5. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/256

Istiana, Y. (2013). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Din. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90–98. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/61

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermai. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Maulidah, L. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Menambah Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Institut Agama Islam Negeri Madura. http://etheses.iainmadura.ac.id/2173/

Meer, A. L. H. Van Der. (2022). Longitudinal study of infants receiving extra motor stimulation , full-term control infants , and infants born preterm : High-density EEG analyses of cortical activity in. Developmental Psychobiology, 1–17. https://doi.org/10.1002/dev.22276

Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2022). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.

Musman, A. (2020). The Power of IKIGAI: Dan Rahasia Hidup Bahagia ala Orang-orang di Dunia. Anak Hebat Indonesia.

Nafisah R, N. . (2021). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Dalam Menyelesaikan Puzzle Pada Anak Usia 3-4 Tahun Yang Melewati Fase Merangkak Dan Tidak Melewati Fase Merangkak. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104344

Purnawati, S., Ariyanto, F. L. T., & Nazarullail, F. (2022). Pemanfaat Ape Wire Game Sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 10. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3755

Ramadhani, H. S., Lestiawati, E., & Wahyuningsih, M. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas I Di Sd Negeri Pokoh 1 Ngemplak, Sleman, DI Yogyakarta. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(4). https://medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article/view/63

Safari, M. (2021). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. DOTPLUS Publisher. https://doi.org/10.24002/jbi.v7i1.485

Saurina, N. (2016). Aplikasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Nol Hingga Enam Tahun Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 7(1). https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jbi/article/view/485

Sofia, I. D. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Menggunakan Kegiatan Bervariasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18301

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.

Taryuniarti, B. (2019). Efektivitas Alat Permainan Edukatif Bongkar Pasang (Puzzle) Terhadap Kemampuas Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Ulya 3 Rajabasa Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/5485

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., dan Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Xiong, Q. L., Hou, W. S., Xiao, N., Chen, Y. X., Yao, J., Zheng, X. L., Liu, Y., & Wu, X. Y. (2017). Motor Skill Development Alters K inematics and Co - Activation between Flexors and Extensors of limbs in Human Infant Crawling. 4320(c). https://doi.org/10.1109/TNSRE.2017.2785821

Yamamoto, S., Matsumura, U., Yeonghee, L., & Tsurusaki, T. (2023). Variability in infant crawling with typical development and risk of developmental delay. Early Child Development and Care, 1–13. https://doi.org/10.1080/03004430.2023.2190867

Yudi, W. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Literasi Visual dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–129. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/1064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.