Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak

Author


Wilda Isna Kartika(1Mail), Ayu Aprilia Pangestu Putri(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 584KB]

Published : 2023-08-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 676 times PDF Downloaded: 335 times

Abstract


Permasalahan mengenai kemampuan membaca anak Indonesia tampaknya masih harus menjadi perhatian. Urgensi kemampuan membaca seharusnya sudah dikenalkan  sejak usia dini yang merupakan masa keemasaan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan kemampuan membaca permulaan anak di Taman kanak-kanak (TK) melalui metode dan  bahan bacaan yang digunakan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif jenis studi kasus. Data hasil yang diperoleh dari instrumen berupa pedoman wawancara dan instrumen kemampuan membaca permulaan dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif  model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak memiliki kemampuan membaca permulaan yang baik berdasarkan indikator anak mampu membaca abjad, kata, kalimat, paragraf dan membaca buku dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam pembelajaran. Berbagai penemuan baru seperti metode, bahan bacaan menjadi informasi yang dapat TK terapkan untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan. Penelitian  selanjutnya diharapkan dapat menguji hasil temuan diberbagai TK di Indonesia sehingga mendapatkan informasi mengenai efektivitas hasil temuan tersebut.


Keywords


kemampuan membaca permulaan; anak usia dini; taman kanak-kanak

References


Abdurahman, F. Z. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita Anak melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Serangan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 273–277. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2127

Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653

Aisyah, I. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.

Altani, A., Protopapas, A., Katopodi, K., & Georgiou, G. K. (2020). From individual word recognition to word list and text reading fluency. Journal of Educational Psychology, 112(1), 22. https://doi.org/10.1037/edu0000359

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan kompetensi guru profesional bahasa indonesia dalam menghadapi abad 21. Semantik, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86

Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.549

Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Dini, J. P. A. U. (2020). Pengenalan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini melalui Media Permainan Kartu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2573. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2028

Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2019). Introduction to Early Childhood Education (Eighth Edi). Sage.

Hania, I., Fauzi, M. S., Pangestu, E. S., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2022.082-03

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Irianto, A. (2013). Pendidikan Sebagai Investasi Dalam Pengembangan Suatu Bangsa. Kencana.

Irma Nursalina, A., & Esti Budiningsih. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1), 1–7. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v2i2.p67-86

Jeti, L. J., & Manan, M. (2022). Coastal parents Perceptions of the Implementation of Early Childhood Education in Buton Islands. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2656–2664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2240

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.

La Hewi, M. S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Lubis, M. J., & Jaya, I. (2019). Komitmen Membangun Pendidikan (Tinjauan Krisis Hingga Perbaikan Menurut Teori). Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Marlini, C., & Rimawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 277–289. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/965

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Nurwahyuni, E., & Mahyuddin, N. (2021). Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun pada Masa New Normal di Taman Kanak-Kanak Ridhotullah Padang. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1663

OECD., K. (2018). OECD science, technology and innovation Outlook 2018. OECD Publishing Paris.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Putri, A. A. P. P., Rahardjo, B., & Olby, N. A. (2023). The Project-Based Learning Model Improves Ability to Understand Environmental Cleanliness in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/paud.v11i1

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (Vol. 28, Issue 4).

Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Ruwaida, G. A., & Setiasih, O. (2022). Strategi Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5406–5413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3028

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324

Simanjuntak, N., Sihombing, D., Lubis, S., Simamora, W. J., Simanjuntak, S. S., Simanjuntak, L. B., & Saragi, C. N. (2022). Penerapan model pakem pada kursus bimbingan belajar berbasis tematik gratis di SDN 175795 Lobutangga. Indonesia Berdaya, 3(2), 233–238. https://doi.org/https://doi.org/10.47679/ib.2022209

Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan media literasi kelas awal di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623

Susanti, E., Husin, A., & Hakim, I. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SATU BULAN BISA BACA (Studi Kasus di Lembaga Kursus Membaca Mutiara 1 Indralaya). Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 5(1), 123–135. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8304

Susanti, N. T., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 708–722. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466

Triyantono, K., Raharjo, T. J., & ... (2021). Introduction to Hijaiyah Letters for Early Childhood through the Development of “TAHU JARI” Book. Journal of Primary …, 10(2), 194–206. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I2.48383

Tumpubolon, D. . (2009). Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak. Angkasa.

Wahyuni, V. S. (2021). Several Methods to Teach Reading to Early Childhood. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 36–39.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437

Yuliatun, Y. (2018). Belajar membaca bagi anak usia Dini: stimulasi menumbuhkan Minat baca anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 127. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4269


Refbacks

  • There are currently no refbacks.