Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD)

Author


Nurul Shalehah(1Mail), Tri Suminar(2), Diana Diana(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 449KB]

Published : 2023-10-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 772 times PDF Downloaded: 449 times

Abstract


Pembelajaran di tingkat PAUD tentunya memerlukan interaksi sosial yang berlangsung secara terus menerus baik dengan pendidik atau guru maupun teman. Keterbatasan keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak ASD akan menghambat seluruh proses kegiatan anak di sekolah apabila tidak ditangani dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak ASD di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menganalisis beberapa sumber yang memiliki keterkaitan tema. Teknik pengumpulan data menggunakan tinjauan lietratur sistematis dengan mengikuti prosedur PRISMA. Sebanyak 2.295 database yang diambil dari Science Direct dan Google Scholar. Proses akhir seleksi berdasarkan inklusi dan eksklusi, menghasilkan hasil akhir database yang berjumlah 8 artikel dan 3 tesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai bentuk strategi dalam meningkatkan keterampilan sosial anak ASD, diantaranya yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran, terapi, dan pemberian dukungan sosial. Strategi guru yang dilakukan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial anak ASD di sekolah inklusi.


Keywords


strategi guru; keterampilan sosial; anak autis

References


Ali, M., & Amin, S. (2022). Peran Guru dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di SD Negeri 1 Jatipamor. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I1.1930

Anita Dewi, S. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Aswandi. (2023). Efektifitas Metode ABA (Applied Behaviour Analysis) dalam Meningkatkan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Gangguan Autisme: (Kasus Anak Gangguan Autisme di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autiscare, Batusangkar, Sumatera Barat). Universitas Andalas.

Berta S, L., & Rantasari M, D. (2021). Kemampuan Identifikasi Dini Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2037

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology: Qualitative Research in Psychology (Vol. 3).

Cristy, C., & Freeman. (2000). A Comparison of Video Modeling with In Vivo Modeling for Teaching Children with Autism.

Fulbeck, Seidel, Atchison, & Giffin. (2020). Personalizing Student Learning With Station Rotation. American Institutes for Research.

Haddaway, N. R., Page, M. J., Pritchard, C. C., & McGuinness, L. A. (2022). PRISMA2020: An R package and Shiny app for producing PRISMA 2020-compliant flow diagrams, with interactivity for optimised digital transparency and Open Synthesis. Campbell Systematic Reviews, 18(2). https://doi.org/10.1002/CL2.1230

Ishartiwi, I., Handoyo, R. R., Prabawati, W., & Suseno, A. (2023). The individualized instruction application for personal-social skills of students with intellectual disabilities. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(2), 280–294. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.49240

Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12–18. https://doi.org/10.31101/JHES.1048

Kasus, S., Psikologi, I., & Azzahra, F. (2020). Meningkatkan keterampilan sosial dengan social skill training pada anak autis. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(1), 26–36. https://doi.org/10.22219/PROCEDIA.V8I1.11964

Loka, N., Zarkasih Putro, K., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Inklusi. Jurnal Golden Age, 6(1), 151–159. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V6I1.4623

Maris, S. (2023). Prevalensi Gangguan Spektrum Autisme di Indonesia Meningkat karena Paparan BPA? Liputan 6. https://www.liputan6.com/health/read/5260666/prevalensi-gangguan-spektrum-autisme-di-indonesia-meningkat-karena-paparan-bpa

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.

Moore. (2005). Effective instructional strategies. Sage Publication.

Muftisany, H. (2023). AUTISME: Mengenali Ciri-Ciri Anak Autis Sejak Dini. Elementa Media.

Muslich, M. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. PT. Bumi Angkasa.

Nisa Urohmah, U. (2022). Upaya Guru Pendamping Khusus Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Inklusi (Studi Kasus Di Paud Inklusi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Plimley, L., & Bowen, M. (2006). Supporting Pupils with Autistic Spectrum Disorder: A Guide for School Support Staff. A Sage Publication Company.

Rieskiana, F. (2021). Peran Sekolah Inklusi Terhadap Tumbuh Kembang Anak Autisme. Jurnal Edukasi AUD. https://doi.org/10.18592/jea.v7i2.4625

Sembiring. (2020). Penataan Lingkungan Sosial Bagi Penderita Demensia dan Retardasi Mental.

Suharsiwi, Suradika, A., Farokhah, L., & Zamzami, E. (2020). Analisis Konten Lagu “Maritirukan” Sebagai Media Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 161–174. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.8

Sutrisno, H. (1990). Metodologi Research. Fakultas Psikologi UGM.

Widiningtyas, Y., Pendidikan, J., & Biasa, L. (2019). Peranan Guru dalam Menangani Siswa dengan Gangguan Autisme di Sekolah Inklusif. JPK : Jurnal Pendidikan Khusus, 1(01), 57–64. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpk/article/view/5745

Yunita, P. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Usia Dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3), 517–531. https://doi.org/10.24114/JGK.V7I3.44165

Yusa, K. (2022). Metode Analisis Tematik dalam Proses Analisis Data. Laboratorium Analisis Data Dan Rekayasa Kualitas Universitas Brawijaya. https://lab_adrk.ub.ac.id/id/metode-analisis-tematik-dalam-proses-analisis-data


Refbacks

  • There are currently no refbacks.