Author
Syafdaningsih Syafdaningsih(1), Hasmalena Hasmalena(2), Rukiyah Rukiyah(3), Lia Dwi Ayu Pagarwati(4), Dara Zulaiha(5), Rina Rahayu Siregar(6), Arjuna Arjuna(7), Ari Sofia(8),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(7)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lampung, Indonesia(8) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 541KB]
Published : 2023-02-07
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1342 times PDF Downloaded: 641 timesAbstract
Pembelajaran matematika konsep pengukuran penting diperkenalkan sejak dini kepada anak untuk mempermudah anak menyelesaikan suatu masalah di kehidupan sehari-hari dengan daya nalar yang ia miliki. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan media Measurement Ship (Meship Sahaya) untuk membantu anak memahami konsep pengukuran. Media Measurement Ship (Meship Sahaya) adalah suatu media pembelajaran yang menekankan tentang pengenalan konsep pengukuran pada anak, seperti membandingkan ukuran berat dan ringan. Peneliti menggunakan metode pengembangan R&D (Research & Development) dengan langkah-langkah dalam melakukan penelitian Borg and Gall. Subjek uji coba ahli, pada penelitian ini ahli yang terlibat yaitu ahli dibidang media dan ahli dibidang materi. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan media Meship Sahaya valid dan layak untuk di uji cobakan di lapangan. Meship Sahaya terbukti efektif sekaligus menjadi alternatif baru bagi sekolah PAUD dalam memberikan pemahaman pada anak usia dini terkait pembelajaran matematika materi konsep pengukuran melalui media yang dikemas secara menarik berbentuk kapal.
Keywords
References
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Crain, W. (2017). Teori Perkembangan (Konsep dan Aplikasi) (III). Pustaka Pelajar.
Demir, M. (2022). Mathematics in Early Childhood Education: Awareness, Perspectives, Knowledge. 1–19. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-2025203/v1
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263
Akhris Fuadatus, S., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 36–47. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/21830.
Hapipah, H., Komariah, & Susilowati. (2015). Meningkatkan Kemampuam Kognitif Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Konsep Pengukuran Dengan Menggunakan Media Piramida Pintar. Antologi, 1–10.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 44–54. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/3874
Lembrér, D. (2013). Young Children’s Use of Measurement Concepts. 8(2009), 2148–2157. http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1408281/FULLTEXT01.pdf
Lestari, K. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. In Seri Bacaan Orang Tua. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional & Anak Usia Dini.
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Lisdiani, R., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2021). Pengembangan Media Neraca Lengan untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.50
Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1), 154–174. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.153-174
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Inc.
Nisa, T. F., Ariyanto, F. L. T., & Asyhar, A. H. (2019). Montessori Learning: Understanding the Concept of Early Childhood Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012094
Permendikbud Indonesia Nomor, 146. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan.
Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496
Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Minitim Kabar†Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168
Salwa, S., Amalia, A., Amini, K., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan Konsep Pengukuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan, 5(2), 43–54. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/357
Sari, A., IA.SS, Darsana, W., & Surasa, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Melalui Bermain Konstruktif Pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7705
Smith, S. S. (2009). Early Childhood Mathematics. USA: Pearson.
Southern Regional Education Board. (2015). Early Childhood Commission Glossary.
Suripatty, P. J. P., Nadiroh, & Nurani, Y. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282
Syafdaningsih, Rukiyah, & Utami, F. (2021). Educational Game Tools in Early Childhood Mathematics Learning. 513, 227–232. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.110
Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran (Perbandingan Lebih Dari-Kurang Dari) Melalui Media Manipulatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1, 91–98.
Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355
Watts, T. W., Duncan, G. J., Clements, D. H., & Sarama, S. (2018). What is The Long-Run Impact of Learning Mathematics during Preschool? Child Development, 89(2), 539–555. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/cdev.12713
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/DOI: 10.19109/ra.v1i1.1489
Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2014). Media dan Sumber Belajar PAUD. Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.