Peranan Orang Tua Membentuk Kedisiplinan Anak dalam Mengerjakan Tugas

Author


Rofiatun Rofiatun(1Mail), Kurotul Aeni(2), Hartono Hartono(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 528KB]

Published : 2023-02-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1195 times PDF Downloaded: 691 times

Abstract


Kedisiplinan anak usia dini dalam mengerjakan tugas sangat penting untuk melatih kemandirian. Orang tua mempunyai peranan penting dalam kehidupan perkembangan anak. Pola asuh anak memerlukan peran orang tua dalam menanamkan kedisiplinan. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana orang tua berperan dalam membentuk kedisiplinan anak, kendala apa yang dihadapi dalam membentuk kedisiplinan dan cara mengatasinya. Jenis penelitian  pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Cara analisis; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peranan orang tua yaitu menjalin komunikasi  baik dengan guru, mengatur, membuat jadwal belajar, menyiapkan tempat, peralatan belajar, menghindarkan benda gangguan, memberikan contoh, memberikan pujian. Kendala yang dihadapi: kesibukan orang tua dan kurangnya waktu. Kedua kendala ekstern : pengaruh lingkungan dan handphone. Mengatasi kendala dengan mengatur waktu, memberikan penghargaan, mendampingi. kesimpulan orang tua memiliki peran penting membentuk kedisiplinan. Peneliti merekomendasikan kepada orang tua untuk menjaga komunikasi dengan anak meskipun orang tua sibuk


Keywords


kedisiplinan anak; mengerjakan tugas; peranan orang tua

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://doi.org/10.29408/sosedu.v1i1.545

Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.57

Agustinawati, A. (2019). Peranan Orangtua Dalam Menanamkan Sikap Kedisiplinan Pada Anak Usia Remaja Di Dusun Vi Alur Dagang Desa Harapan Baru Kecamatan Sei Lepan. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 94–106. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.137

Al-Fadley, A., Al-Holy, A., & Al-Adwani, A. (2018). Teacher perception of parents’ involvement in their children’s literacy and their reading instructions in Kuwait EFL primary school classrooms. International Journal of Education and Practice, 6(3), 120–133. https://doi.org/10.18488/journal.61.2018.63.120.133

Ang, L., & Wong, L. (2015). Conceptualising early childhood care and development in fragile states: Understanding children and childhood in Myanmar. Global Studies of Childhood, 5(4), 367–380. https://doi.org/10.1177/2043610615612946

Aziz, O. F. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga (Studi Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i2.23867

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshcooling di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54

Basri, B., & Nurdiana, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid -19 Di Desa Garot Cut Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 37–41. https://doi.org/10.32672/btm.v3i2.3104

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Elia, H. (2000). Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 1(1), 105–113. https://doi.org/10.36421/veritas.v1i1.23

Fadlillah, M., & Pangastuti, R. (2022). The Influence of Parenting Style of Early Childhood Cognitive Development. Jurnal Iqra’, 7(1), 1229. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/9783

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2016). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Elkaf.

Goodman, R., Gurian, A., Koplewicz, H., Anne, M., Albano, M., Castellanos, X., Chase, A., Coard, S., Collier, C., Courtney, M., Ditkowsky, K., & Evans, L. (2023). Caring for Kids After Trauma and Death.

Green, C. L., Walker, J. M. T., Hoover-Dempsey, K. V., & Sandler, H. M. (2007). Parents’ Motivations for Involvement in Children’s Education: An Empirical Test of a Theoretical Model of Parental Involvement. Journal of Educational Psychology, 99(3), 532–544. https://doi.org/10.1037/0022-0663.99.3.532

Halimatussadiah, Rohendi, E., & Halimah, L. (2018). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Anak Melalui Kegiatan Cooking Class. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10552

Hapsari, A. N. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Xi SMAN 1 Probolinggo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 189–192. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/8180

Indryawati, R. (2006). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Homoseksual. Jurnal Pendidikan Nonformal, 1(2), 320–330.

Jinot, B. L., & Munirah, M. (2021). Discipline Strategies Practised In Early Childhood Settings In Mauritius. European Journal of Education Studies, 8(5), 367–384. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i5.3747

Karmakar, R. (2015). Does Parenting Style Influence the Internalization of Moral Values in Children and Adolescents? In Psychological Studies (Vol. 60, Issue 4, pp. 438–446). https://doi.org/10.1007/s12646-015-0338-2

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusmanto, H., & Mujiani, I. (2023). Nilai Karakter Peribahasa Nusantara dalam Bahan Bacaan Pendidikan Literasi Tingkat Sekolah Dasar. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.2

Landry, D., & Church, K. (2016). Teaching (like) crazy in a mad positive school: Exploring the charms of recursion (Issue August).

Lelono, S. (2021). Meningkatkan Kedisiplinan Mengerjakan Tugas Tepat Waktu Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPSSMA Negeri 1 Matauli Pandan. Indonesian Counseling and Psychology, 1(2), 39–54. https://doi.org/10.24114/icp.v1i2.26700

Maliki, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 7 Kubung. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 52–61. https://doi.org/10.29210/114900

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Maurice, B. (2014). Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik. Binarupa Aksara.

Mayr, R., & Siddika, A. (2018). Inter-generational transmission in a minority language setting: Stop consonant production by Bangladeshi heritage children and adults. International Journal of Bilingualism, 22(3), 255–284. https://doi.org/10.1177/1367006916672590

Meybodi, F. A., Mohammadkhani, P., Pourshahbaz, A., Dolatshahi, B., & Havighurst, S. (2017). Research paper: Reducing children behavior problems: A pilot study of tuning in to kids in iran. Iranian Rehabilitation Journal, 15(3), 269–276. https://doi.org/10.29252/nrip.irj.15.3.269

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Mulyasa, E. (2018). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya.

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852

Nafiah, S., & Muafiah, E. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Dusun Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2135

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v2i1.14332

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Nurhayati, R., Novotasari, D., & Natalia. (2013). Tipe Pola Asuh Orang Tua yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawata Jiwa (JKJ), 1(1), 49–59. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/912

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Raudhoh. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 83–108. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Ristianti, I. C., & Kisworo, B. (2021). Persepsi orangtua tentang pola pengasuhan anak terhadap kemandirian dan kemampuan bersosialisasi anak usia dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 13–19. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jfle/article/view/2

Rositania, L. W., Ardianti, S. D., & Khamdun. (2021). Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Di Desa Trangkil Rw 02. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–42. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/86

Rostiana, I., Wilodat, W., & Alya, M. N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Anak Untuk Bersekolah Di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. SOSIETAS, 5(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i2.1525

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). El-Hikmah, 2. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2261

Sanjaya, W. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Sege, R. D., & Siegel, B. S. (2018). Effective discipline to raise healthy children. Pediatrics, 142(6), 1–10. https://doi.org/10.1542/peds.2018-3112

Silinskas, G., & Kikas, E. (2019). Parental Involvement in Math Homework: Links to Children’s Performance and Motivation. Scandinavian Journal of Educational Research, 63(1), 17–37. https://doi.org/10.1080/00313831.2017.1324901

Slentz, K., & Krogh, S. L. (2021). Teaching young children. In Teaching Young Children (Vol. 13, Issue 3, pp. 21–22). https://doi.org/10.4324/9781410600912-6

Sonita, S. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Disiplin Siswa Disekolah. Konselor, 2(1), 174–181. https://doi.org/10.24036/0201321886-0-00

Steinberg, L., Blatt-Eisengart, I., & Cauffman, E. (2016). Patterns of competence and adjustment among adolescents from authoritative, authoritarian, indulgent, and neglectful homes: A replication in a sample of serious juvenile offenders. Journal of Research on Adolescence, 16(1), 47–58. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2006.00119.x

Sulandri, A., & Priyastiwi, S. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Dan Perkembangan Emosional Anak Prasekolah Di Tk Bumiayu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Unitri, 2(1), 29–34. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/biomed/article/view/871

Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Awlady Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/1331

Sutisna, I. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Agresi Anak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 2(2), 193–203.

Tabiin. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 190–200. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244

Tarigan, E. B. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 Smp Negeri 1 Gebang TAHUN 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 15(3), 272–282. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/13412

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Utari, D. F., & Sunarti, V. (2021). The Relationship Between Parents’ Understanding in Fine Motor Development and Giving Stimulation Skills to Children. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 512. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113850

Vitrianingsih, V., Khadijah, S., & Ceria, I. (2018). hubungan peran orang tua dan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak pra sekolah di tk gugus ix kecamatan depok sleman yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 3(2), 101. https://doi.org/10.35842/formil.v3i2.178

Waluyati, I. (2019). Edu Sociata Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisipilan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima). Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 2(2), 43–49. https://doi.org/10.33627/es.v2i2.203

Wasinah, W. (2015). Peran Pola Asuh Otoritatif Orang Tua, Pendidikan Orang Tua dan Jumlah Saudara Terhadap Kemandirian Anak. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 104. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4481

Widiana, A. A., & Nugraheni, H. (2008). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada remaja. Jurnal Psikohumanika, 1(1), 2–11.

Wijaya, P. H., Zubaidah, S., & Wijaya, C. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Sosial Terhadap Kemandirian Anak Muslim Di Kelurahan Silalas Lingkungan Vii Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Edu Religia, 1(4), 532–547. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/1073

Wulandari, W., Zikra, & Yusri. (2017). Peran Orang tua dalam Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 24–31. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/216

Yahyu Herliany Yusuf, O., Utami, N., Lestari, E., Sandy, N., Taunar, I., Sutiana, D., & Aya, W. (2022). Sosialisasi Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3799–3802. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3580

Yusiyaka, R. A., & Nuryadi, R. (2018). Pola asuh orang tua untuk meningkatkan disiplin anak. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–33. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/1479


Refbacks

  • There are currently no refbacks.