Author
Mallevi Agustin Ningrum(1), Lischa Dwi Christin Niya(2), Maziyatul Hamidah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 368KB]
Published : 2023-09-16
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 3021 times PDF Downloaded: 850 timesAbstract
Kemampuan motorik kasar merupakan salah kemampuan yang dikembangkan pada pendidikan anak usia dini. Perkembangan motorik kasar mempunyai proporsi yang sama pentingnya dengan perkembangan aspek lainnya sehingga pendidik harus siaga membantu mengembangkan dan melatih kemampuan motorik anak dilembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan halang rintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart sebagai metode penelitian untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, adapun tahap penelitian meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada dua siklus. Pada siklus pertama kegiatan bermain halang rintang dilakukan dengan cara bergiliran yaitu anak satu persatu mencoba permainan. Hasil dari siklus satu belum memenuhi target yang direncanakan, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus ke dua, pada siklus ini permainan halang rintang dilaksanakan dengan model kompetisi yaitu peneliti membuat dua lintasan permainan karena anak bermain berpasangan. Hasil tindakan pada siklus dua menunjukkan peningkatan motorik kasar anak sesuai dengan target yang telah direncanakan.
Keywords
References
Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446
Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350
Amini, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (2020). Metode Pengembangan Fisik. In Pustaka.Ut. Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4202-M1.pdf
Arikunto, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.
Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068
Audina, S., & Sutapa, P. (2020). Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini yang Mengalami Obesitas. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20864
Bodrova, E., Germeroth, C., & Leong, D. J. (2013). Play and Self-Regulation.
Diroktorat PAUD. (2015). Buku panduan kurikulum pendidikan anak usia dini apa, mengapa, dan bagaimana. Direktorat PAUD.
Endang, S. (2018). Perkembangan Motorik (Pertama). UNY Press.
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200. https://www.neliti.com/id/publications/117598/peningkatan-kemampuan-motorik-kasar-anak-melalui-permainan-bakiak
Kartini, K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang Pada Kelompok B di RA Nurul Ulum Banjarmasin. UIN Antasari.
Kayvan, U. (2022). 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak - Google Books. Synergy Media.
Kemendikbud. (2015). Pedoman pengenalan kurikulum pendidikan anak usia dini. Dirjen PAUD Diknas.
Khomaeny, E. F. F., Ulfah, M., & Hamzah, N. (2020). Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Lingkungan Alamiah Bagi Daya Tahan Tubuh Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 234. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6206
Montalu, B. (2020). Perainan Anak (Ketiga). Universitas Terbuka.
Munawwarah, M. (2021). Meningkatkan Perkembangan Aspek Fisik Motorik Kasar Pada Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Halang Rintang Di RA. Harapan Ibu Aluh-Aluh Kabupaten Banjar [UIN Antasari]. https://idr.uin-antasari.ac.id/16805/
Pahenra, P., Selman, H., Rohmania, R., Nasir, N., Said, H., Sasnita, U., & Rusli, T. I. (2021). Sirkuit Bola Keranjang: Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2025–2036. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1077
Purnama, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya.
Rahayu, S. (2013). Aktivitas Bermain Halang Rintang Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Salsabilah Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–9.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182
Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulus Perkembangan Anak Usia Dini. Edu publiser (Anggota IKAPI).
Santrock. J.W. (2007). Perkembangan anak. PT. Erlangga.
Septiana, R. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Lompat Tali Halang Rintang Pada Anak Kelompok B Di TK Angkasa Lanud Adisoemarmo Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 - UMS ETD-db [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/26549
Shankarappa, R., & Mullins, J. I. (2013). Inferring viral population structures using heteroduplex mobility and DNA sequence analyses. Journal of Virological Methods, 194(1–2), 169–177. https://doi.org/10.1016/j.jviromet.2013.08.012
Suryana, D. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Simulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Untariana, A. F., & Sugito, S. (2022). Pola Pengasuhan Bagi Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6940–6950. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2359
Refbacks
- There are currently no refbacks.